PROSES IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMA ISLAM AL-MAARIF SINGOSARI

Anis Cahyaning Lintang Berlian, Desy Santi Rozakiyah

Abstract


Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mengetahui proses implementasi P5 di SMA Islam Al-Maarif Singosari dengan 40% peserta didik sebagai anak pondok pesantren yang memiliki batas waktu diluar pondok. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui observasi secara partisipan, wawancara semi terstruktur, serta dokumentasi primer dan sekunder secara langsung oleh peneliti dengan analisis data dari Creswell dan teknik pembuktian data melalui triangulasi sumber dan triangulasi metode observasi. Hasil dalam penelitian ini ini antara lain: (1) guru sebagai pengelola dan fasilitator berperan penting dalam implementasi P5 sehingga perlu memiliki pemahaman dan mampu beradaptasi dengan implementasi P5 untuk menghindari terjadinya miskonsepsi, dan (2) Implementasi P5 di SMA Islam Al-Maarif melalui tahap perancangan, pelaksanaan, dan tindak lanjut berupa evaluasi dan refleksi yang memuat beberapa aspek dalam tiap tahapannya untuk mengoptimalisasikan P5.

Abstract:  This study aims to determine the implementation process of P5 at Al-Maarif Singosari Islamic High School where 40% of the students are boarding school students who have limited time outside the pesantren. The research was conducted using a qualitative method with a case study design. Research data were obtained through participant observation, semi-structured interviews, and primary and secondary documentation conducted directly by researchers with data analysis from Creswell and data validity techniques through source triangulation and observation method triangulation. The results in this study include: (1) teachers as managers and facilitators have an important role in the implementation of P5 so they need to understand and collaborate in the implementation of P5 to avoid misconceptions, and (2) Implementation of P5 at Al-Ma'arif Islamic High School through the stages of design, implementation, and follow-up in the form of evaluation and reflection which contains several aspects of activities at each stage to optimize P5.

Keywords


Proses Implementasi; Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila; Guru; Peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Adi, N., Sulastri, S., Syahril, S., & Febrianti, S. (2023). Penyusunan asesmen projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) pada kurikulum merdeka bagi guru sekolah dasar. JRTI(Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 8(3). https://doi.org/10.29210/30033401000

Anwar, C. (2017). Teori-Teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer. IRCISOD.

Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61–72. https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.78

Chan, C. K. Y. (2023). Assessment for Experiential Learning. Taylor & Francis. https://doi.org/10.4324/9781003018391

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches : Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (Keempat). PUSTAKA PELAJAR.

Ernawati, Y., & Rahmawati, F. P. (2022). Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis dalam Modul Belajar Siswa Literasi dan Numerasi Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6132–6144. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3181

Febriana, R. (2021). Evaluasi Pembelajaran. Bumi Aksara.

Ibrahim, I., Rahma, D., Wulandari, T., Nabila, R., & Cahyadi. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Kurikulum Merdeka Di MAN 2 Palembang. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(1), 58–71. https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i1.437

Irsyad, I., & Fitri, Y. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Kurikulum Merdeka Di SMKN 1 Batusangkar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i4.3192

Jufri, M. (2022). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Eureka Media Aksara.

Kemendikbud, K. (2023, September 26). Mengenal Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila [Post]. Ruang Kolaborasi Mengajar Merdeka.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., Harjatanaya, T. Y., Sufyadi, S., Chatarina, M., Priyanto, J. P., & Mangunwibawa, A. A. (2023, September 11). Panduan Pengembangan—Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila [Pendidikan]. kurikulum.kemendikbud.go.id.

Khosiyatika, K., & Kusumawati, E. R. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga. ICIE: International Conference on Islamic Education, 3(0), Article 0.

Luqmanul, H. (2023, Maret 9). Mengenal P5 dalam Kurikulum Merdeka dan Contoh Penerapannya [Online Learning]. Guru Inovatif.

Maruti, E. S., Malawi, I., Hanif, M., Budyartati, S., Huda, N., Kusuma, W., & Khoironi, Moh. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Abdimas Mandalika, 2(2), 85. https://doi.org/10.31764/am.v2i2.13098

Ningsih, E. F., Sugiarto, & Mukharomah, A. F. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran bagi Guru Matematika di Kota Metro. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.51214/00202303679000

Palayukan, H., Palengka, I., Panglipur, I. R., & Mahendra, I. W. E. (2023). Pendampingan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Penerapan Merdeka Belajar Pada Tingkat SMA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19434

Pratama, Y. A., & Dewi, L. (2023). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Program Kokurikuler: Studi Analisis Persepsi Guru. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 134. https://doi.org/10.20961/jdc.v7i1.70394

Pribadi, R. A., Putri, N. F. A., & Ramadhanti, T. P. (2023). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.54066/jikma-itb.v1i3.305

Puspaningrum, W., Wagimin, W., & Wiyanti, S. (2022). Tingkat Kejenuhan Belajar Ditinjau dari Status Tempat Tinggal Siswa. Jurnal Psikoedukasi Dan Konseling, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.20961/jpk.v2i1.21292

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4341–4350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548

Setiyaningsih, S., & Wiryanto, W. (2022). Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), Article 4. https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.4095

Simarmata, M. Y., Yatty, M. P., & Fadhillah, N. S. (2022). Analisis Keterampilan Berbicara Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Kuala Mandor B. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(1), 47–59. https://doi.org/10.31932/ve.v13i1.1564

Supriyantoko, I., Jaya, A., Kurnia, V., & Habiba, P. G. S. (2020). Evaluasi Implementasi Kebijakan Teaching Factory Dengan Model Evaluasi CIPP di SMK Negeri DKI Jakarta. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 2(2), 1–10. https://doi.org/10.26740/jvte.v2n2.p1-10

Tumembouw, C. (2023, Maret 10). Apa Itu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila? [Artikel Pendidikan]. BGP Sulawesi Utara.

Wahab, G., & Rosnawati, R. (2021). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran (Pertama). Penerbit Adab.

Yusuf, A. M. (2017). Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan. Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i4.26162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Anis Cahyaning Lintang Berlian, Desy Santi Rozakiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  

..

 EDITORIAL OFFICE: