DESIGN OF ANIMATED LEARNING MEDIA KACAPI KAWIH TUTORIAL VIDEO FOR BEGINNERS
Abstract
Abstrak: Penelitian ini berfokus pada permasalahan kurangnya akses pembelajaran kacapi yang menjelaskan hal-hal dasar dalam bermain kacapi kawih seperti sintreuk dan toél. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis animasi video tutorial untuk pemula dalam memainkan kacapi kawih. Media ini diharapkan dapat meningkatkan kemandirian belajar, minat dalam melestarikan alat musik daerah, serta mengintegrasikan seni musik tradisional dengan teknologi untuk menjawab kebutuhan generasi saat ini. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang dimodifikasi, dengan pendekatan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan lembar penilaian. Penelitian dilakukan dalam enam tahap: pengumpulan informasi, perancangan, pengembangan bentuk awal produk, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Media pembelajaran yang dikembangkan berupa video tutorial berbasis animasi, memvisualisasikan teknik dasar sintreuk dan toél dengan jelas. Uji coba pada mahasiswa menunjukkan bahwa secara umum materi yang disajikan memiliki kualitas dalam kategori baik. Hasil evaluasi terhadap media pembelajaran menunjukkan nilai pada Desain visual: 70.84, Animasi: 70.84, Pemilihan warna, font, dan tata letak: 79.17, Visualisasi alat musik atau objek lain: 75.00, Materi ajar: 87.50, Penyajian materi: 83.33, Instruksi pada media: 75.00, Fitur pengulangan: 79.17, Akses video tutorial: 83.33, Ukuran file video tutorial: 79.17, Fleksibilitas video tutorial: 87.50, dengan rata-rata keseluruhan mendapat nilai 79.17. Secara keseluruhan, media pembelajaran ini memiliki kualitas yang baik, namun masih terdapat saran perbaikan seperti penambahan notasi pada body kacapi yang disesuaikan dengan perubahan warna pada senar dan partitur yang bisa diunduh.
Abstract: This research focuses on the problem of the lack of access to kacapi learning that explains the basic things in playing kacapi kawih such as sintreuk and toél. This research aims to develop learning media based on video tutorial animation for beginners in playing kacapi kawih. This media is expected to increase learning independence, interest in preserving regional musical instruments, and integrate traditional music with technology to answer the needs of today's generation. This research uses a modified Borg & Gall development model, with a Multimedia Development Life Cycle (MDLC) approach. Data is collected through interviews, observations, and assessment sheets. The research was conducted in six stages: Information Collecting, Design, Develop Preliminary Form of Product, Assembly, Testing, Distribution. The learning media developed is an animation-based video tutorial, visualizing the basic techniques of sintreuk and toél clearly. Student trials showed that in general the material presented had good quality. The results of evaluation the learning media show the value of visual design: 70.84, Animation: 70.84, Color, font, and layout selection: 79.17, Visualization of musical instruments or other: 75.00, Teaching materials: 87.50, Presentation of material: 83.33, Instructions on the media: 75.00, Feature Repetition: 79.17, Access to video tutorials: 83.33, Video tutorial file: 79.17, Flexibility of video tutorials: 87.50, with an overall average score of 79.17. Overall, this learning media has good quality, but still there are suggestions for improvement such as the addition of notation on the body of the kacapi that is adjusted to the color changes in the strings and scores downloadable.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alisyafiq, S., Hardiyana, B., & Dhaniawaty, R. P. (2021). Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Algoritma dan Pemrograman Dasar Untuk Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(2), 135–143. https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i2.594
Asih, L. K., Atikah, C., & Nulhakim, L. (2023). Pengaruh Video Animasi Berbasis Animaker Dalam Efektivitas Belajar Siswa Kelas V Sd. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal, 10(1), 91–102. https://doi.org/10.62870/jtppm.v10i1.21408
Baharuddin, I. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Sma Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Jurnal Nalar Pendidikan, 2(2), 90–97.
Drazatna, A. R., Milyartini, R., & Latifah, D. (2022). Kacapi Kawih Wanda Anyar Learning Online. Proceedings of the 4th International Conference on Arts and Design Education (ICADE 2021), 665(Icade 2021), 39–42. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220601.009
Fahrul Rozi, H. (2024). ANALISIS FENOMENA PERALIHAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL MENUJU PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL. Meriva: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 01(November), 139–148.
Hasanah, N. (2022). Perancangan Video Tutorial Untuk Pembelajaran Keyboard Bagi Pemula Menggunakan Metode MDLC. Telcomatics, 6(2), 67. https://doi.org/10.37253/telcomatics.v6i2.6357
Hermawan Syahputra Restu, A. S. (2020). PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CAMTASIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN Abstrak. Virtual Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM UNIMED, November, 171–176.
Komalasari, H., Budiman, A., Masunah, J., & Sunaryo, A. (2021). Desain Multimedia Pembelajaran Tari Rakyat Berbasis Android Sebagai Self Directed Learning Mahasiswa Dalam Perkuliahan. Mudra Jurnal Seni Budaya, 36(1), 96–105. https://doi.org/10.31091/mudra.v36i1.1260
Lee, K., & Herman, H. (2023). Penerapan Metode Mdlc Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Untuk Mengenal Jenis-Jenis Sambal Indonesia. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 6(2), 272–284. https://doi.org/10.37792/jukanti.v6i2.1034
Maulana, G. (2024). SWARA : Jurnal Antologi Pendidikan Musik Pemanfaatan VSTI sebagai Media Penciptaan Musik oleh Iwan Gunawan. 4(April), 57–68.
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Mustofa, R. D. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Pemahaman Peserta Didik mengenai Materi Pesawat Sederhana. 1(1), 268–272.
Nasution, U. K., Nasrullah, M. F. A., Prasetyaningsih, S., & Rahmi, A. (2023). Pembuatan Desain Karakter Animasi 2D “Terjebak Hoaks” Dalam Bentuk Vektor. Journal of Applied Multimedia and Networking, 7(1), 73–80. https://doi.org/10.30871/jamn.v7i1.5748
Nempung, T., Setiyaningsih, T., & Syamsiah, N. (2015). Otomatisasi Metode Penelitian Skala Likert Berbasis Web. November, 1–8.
Nurhidayat, T. (2012). Proses Pembelajaran Alat Musik Tradisional Kacapi Siter Pada Lansia Perempuan Di Sanggar Seni Pangripta Cipta Kota Bandung. Jurnal Empowerment, 1(2252), 141–150.
Nurul Azmi, A., Setiaji, D., & Apriani, A. (2021). Analisis Bahan Ajar Pembelajaran Kacapi Bani Ambara Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Di Sma Negeri 1 Ciamis. Magelaran: Jurnal Pendidikan Seni, 4(1), 75–81. https://doi.org/10.35568/magelaran.v4i1.1116
Pratiwi, N. I., & Kasriman, K. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Materi Bentuk dan Fungsi Bagian Tumbuhan. Jurnal Basicedu, 6(4), 7257–7264. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3468
Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 13(1), 104–116.
Widiantari, I. A. P. A., & Dewi, N. L. P. E. S. (2023). YouTube as an Alternative Learning Media for Independent Bilingual Young Learners: A Review. JET (Journal of English Teaching), 9(1), 83–97. https://doi.org/10.33541/jet.v9i1.4611
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Yusuf, M. (2021). Fungsi Partitur Dalam Pembelajaran Bermain Biola Pada Peserta Didik Di Pizzicato Violin Mini School Makassar. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20274
Zaini, M. S., & Nugraha, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Premiere Pro Pada Kompetensi Dasar Mengelola Kegiatan Humas Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Buduran Sidorajo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 349–361. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p349-361
DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v16i2.29069
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Al Muqri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.
_______________________________________________
![]() | Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan |
______________________________________________
CURRENT INDEXING:
EDITORIAL OFFICE: