UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERPIKIR BERPASANGAN BERBAGI PADA SISWA KELAS VI SDN ARJANGKA

Saprunisiwi Saprunisiwi

Abstract


Abstrak: Dilakukan penelitian tindakan kelas sebagai upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe berpikir berpasangan berbagi terhadap siswa kelas VI SDN Arjangka tahun pelajaran 2014/2015. Dengan instrumen: lembar observasi aktivitas siswa dan guru, tes hasil belajar. Hasil penelitian terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar yaitu pada siklus I aktivitas belajar siswa 10,3 kategori cukup aktif, hasil belajar 66 dan ketuntasannya 80%. Pada siklus II aktivitas belajar siswa 14,11 kategori sangat aktif, dan hasil belajar siswa 75 ketuntasannya 90%. Disimpulkan bahwa penggunaan metode berpikir berpasangan berbagi terhadap kelas VI SDN Arjangka meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Abstract:  Conducted classroom action research as an effort to increase the activity and learning outcomes of mathematics through cooperative learning type of thinking pairing to students of class VI SDN Arjangka lesson year 2014/2015. By instrument: observation sheet of student and teacher activity, test of learning result. Result of research there are increasing of activity and result of learning that is on cycle I student activity 10,3 category active enough, result learn 66 and mask 80%. In the second cycle of student learning activities 14,11 categories are very active, and student learning outcomes 75 mask 90%. It was concluded that the use of pairs of thinking method of sharing toward the class VI SDN Arjangka increase student activity and learning outcomes.

Keywords


Berpikir Berpasangan Berbagi, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v8i1.292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: