IMPLEMENTATION OF THE PANCASILA STUDENT PROFILE STRENGTHENING PROJECT (P5) ON THE THEME OF SUSTAINABLE LIFESTYLE THROUGH ECOBRICKS FOR ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk.menggambarkan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek,penelitian terdiri dari guru kelas 4 dan siswa kelas 4 SDN Ringinagung, Magetan. Teknik pengumpulan.data yang digunakan meliputi wawancara, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, lembar angket, dan lembar dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles and Huberman, yang meliputi tahap pengumpulan.data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dengan tema gaya hidup berkelanjutan melalui ecobrik pada siswa kelas 4 SD melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Guru menggunakan modul atau RPP yang disesuaikan dengan tema gaya hidup berkelanjutan dan menganalisis kebutuhan siswa. Tema ini mengajarkan pengelolaan sampah plastik, dengan memanfaatkan sampah plastik yang dapat diubah menjadi ecobrik sebagai produk.
Abstract: This research aims to describe the implementation of the project of strengthening the profile of Pancasila students (P5). This research uses descriptive qualitative methods. The research subjects consisted of grade 4 teachers and grade 4 students at SDN Ringinagung, Magetan. Data collection techniques used include interviews, questionnaires and documentation. The research instruments are in the form of interview guides, questionnaire sheets, and documentation sheets. Data analysis was carried out using the Miles and Huberman model, which includes the stages of data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the research show that the implementation of the project to strengthen the profile of Pancasila students (P5) on the theme of sustainable lifestyles through ecobricks for grade 4 students at SDN Ringinagung is very good for directly understanding concepts such as waste management, skills, problem solving, and developing student character. which is contained in strengthening the profile of Pancasila students. On the theme of a sustainable lifestyle, it teaches students how to manage plastic waste. By using plastic waste, it can be used as eco-brik which will be made into a product.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alimuddin, J. (2023). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar implementation of kurikulum merdeka in elementary scholl. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75.
Anggito, A & Setiawan, J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumo: CV Jejak. Hal.8
Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum merdeka: pemaknaan merdeka dalam perencanaan pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal penelitian dan pengembangan pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Ranika Cipta. Hal.198
Hassanuddin, Chaorunnisa, Novianti, W., Edi, S., Suharti, A., Chayati, N., Hita, I. P. A. D., Saparuddin, Purwanto, E., Hadiningrum, L. P., Febrina, A., Purnamaningsih, P. E., & Wismayanti, K. W. D. (2022). Perencanaan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka Belajar) (F. N. Kartikasari & D. N. Hidayat, Eds.). PT SADA KURNIA PUSTAKA.
Hidayah, matul, & zumrotun, E. (2024). Pemanfaatan sampah plastik dalam tema gaya hidup berkelanjutan pada projek penguatan profil pelajar pancasila di sekolah dasar. 4(1), 356. https://www.etdci.org/journal/jrip/article/view/1369/792
Husadati, S. F. D., Agustini, F., Siswanto, J., & Kanitri, N. (2023). Penanaman nilai-nilai profil pelajar pancasila melalui pembelajaran berbasis project based learning di sdn pedurungan kidul 01 semarang (Vol. 5). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13053
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238.
Lasiono, U & Alam W, W. R. 2024. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sumedang: CV Mega Press Nusantara. Hal. 94-96
Leria, P. S. P., Febrianto, M. W., Astari, S. A., Fitriasari, E. T., & Syarifuddin, A. (2020). Pengolahan sampah plastik melalui kreativitas produk ecobrick di dusun baron, muntilan, magelang. Community empowerment, 5(1), 11–15. https://doi.org/10.31603/ce.v5i1.3130
Makrifah, A. N., Harsiatib, T., & Mashfufahb, A. (2023). Penerapan assessment for learning dalam projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) tema gaya hidup berkelanjutan di kelas 1 sd. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 369–378. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.380
Maruti, E. S., Malawi, I., Hanif, M., Budyartati, S., Huda, N., Kusuma, W., & Khoironi, M. (2023b). Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) pada jenjang sekolah dasar. 2(2), 85–90. https://doi.org/10.31764/justek.vXiY.ZZZ
Maulida, U., Tampati, R., & Binamadani, S. (2023). Gaya hidup berkelanjutan melalui projek penguatan profil pelajar pancasila sustainable lifestyle through project of strengthening pancasila student profiles. https://doi.org/https://doi.org/10.51476/dirasah.v6i1.453
Mubarak, Dr. H. A. Z. (2022). Desain Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. September 2022.
Mursidawati. (2023). Projek penguatan profil pelajar pancasila (p-5) pada kurikulum merdeka jenjang sma. Jurnal Ilmiah Multidisplin, 1(4), 2986–6340. https://doi.org/10.5281/zenodo.8014831
Nafaridah, T., Maulidia, L., Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, M., & Maya Kesumasari, E. (2023). Analisis Kegiatan P5 sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Era Digital di SMA Negeri 2 Banjarmasin.
Nugrahani, F., Widayati, M., & AM, A. I. (2019). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Melalui Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Film. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 45–56.
Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625.
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi profil pelajar pancasila dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625.
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi profil pelajar pancasila dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2021). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
Rian, H., Bakri, B., Nasril, N., Estiana, R., & Gustiawan, H. (2023). Gaya hidup berkelanjutan di era 5.0. Jurnal Abdimas PLJ, 3(2), 74. https://doi.org/10.34127/japlj.v3i2.989
Sholikhah, A., Aprilliani, Y., Andriani, R. I., Putri, H. S., & Amalia, D. (2023). Analisis penguatan profil pelajar pancasila (p5) untuk menumbuhkan jiwa berwirausaha di sdn 06 tahunan. In Januari (Vol. 2, Issue 2). https://jurnal.mialazhar.sch.id/index.php/el-miaz/article/download/41/31
Sulistiyaningrum, T., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) pada kurikulum merdeka di sd nasima kota semarang. Journal Profesi Keguruan, 9(2), 121–128. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
Suriani, L., Nisa, K., & Affandi, L. H. (2023). Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila tema gaya hidup berkelanjutan di sekolah dasar. Jurnal Education, 9 (3), 1458–1463. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5464
Widiyasari, R., Fakhirah, S., Ahmad Dahlan, J. K., Timur, K., & Tangerang Selatan, K. (2021). Pemanfaatan sampah plastik dengan metode ecobrick sebagai upaya mengurangi limbah plastik. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 3–10. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat
Zahir, A., Nasser, R., Supriadi, S., & Jusrianto, J. (2022). Implementasi kurikulum merdeka jenjang SD kabupaten luwu timur. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Bagi Masyarakat, 2(2), 1–8.
Zainab Nurazizah, Dedih Surana, & Sobar. (2024). Analisis edukatif terhadap implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila tema gaya hidup berkelanjutan. Bandung Conference Series: Islamic Education, 4(1), 138–146. https://doi.org/10.29313/bcsied.v4i1.11264
DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v16i2.29654
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 fanny putri ariyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.
_______________________________________________
![]() | Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan |
______________________________________________
CURRENT INDEXING:
EDITORIAL OFFICE: