IMPLEMENTATION OF GENERATE ARGUMENT MODEL INTEGRATED WITH LOCAL WISDOM OF BATIMUNG TRADITION ON STUDENTS' ARGUMENTATION SKILLS
Abstract
Abstrak: Pembelajaran berbasis argumentasi terintegrasi kearifan lokal dapat mendorong siswa menggunakan teori, data, dan fakta untuk mendukung klaim terkait kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Generate Argument terintegrasi tradisi Batimung terhadap keterampilan argumentasi siswa pada materi Termokimia di MAN 1 Samarinda Plus Keterampilan dan Riset. Metode penelitian menggunakan quasi-experimental dengan desain non-equivalent control group design. Sampel melibatkan dua kelas XI, yaitu MIPA 1 dan MIPA 2, dengan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian mencakup pretest-posttest untuk nilai keterampilan argumentasi, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta angket respon siswa. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, mengindikasikan pengaruh signifikan penerapan model ini terhadap keterampilan argumentasi siswa. Observasi aktivitas siswa berada dalam kategori sangat baik, dan rata-rata respon siswa terhadap pembelajaran mencapai 75,2% (kategori sangat baik). Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model Generate Argument berbasis tradisi Batimung berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan argumentasi siswa pada materi Termokimia.
Abstract: Argument-based learning integrated with local wisdom can encourage students to use theories, data, and facts to support claims related to everyday life. This study aims to determine the implementation of the Generate Argument model integrated with the Batimung tradition on students' argumentation skills on Thermochemistry material at MAN 1 Samarinda Plus Skills and Research. The research method used quasi-experimental with non-equivalent control group design. The sample involved two XI classes, namely MIPA 1 and MIPA 2, with a saturated sampling technique. The research instruments included pretest-posttest for argumentation skill scores, teacher and student activity observation sheets, and student response questionnaires. The t-test results showed a significance value of 0.000 <0.05, indicating a significant effect of applying this model on students' argumentation skills. Observations of student activity were in the very good category, and the average student response to learning reached 75.2% (very good category). These findings indicate that the application of the Generate Argument model based on the Batimung tradition has an effect in improving students' argumentation skills on Thermochemistry material.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482.
Andriana, T. (2024). Pembelajaran Pai Berbasis Kearifan Lokal. Analysis, 2(2), 214-221.
Annisha, D. (2024). Integrasi Penggunaan Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Proses Pembelajaran pada Konsep Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Basicedu, 8(3), 2108-2115.
Asriyani, I. D., Masitah, M., & Nasution, R. (2023). Analisis Level Kemampuan Argumentasi Secara Tertulis Siswa SMP Negeri 11 Samarinda Pada Materi Pencemaran Lingkungan. In Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 111-118.
Bua, M. T., & Saputra, A. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal pada Mata Kuliah Keterampilan Menulis dan Membaca SD. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(2), 196-208.
Budiyono. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Argument Based Science Inquiry (ABSI) terhadap Peningkatan Kemampuan Berargumentasi. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains, 4(1), 84–93.
Candra, E., Mulvia, R., & Warliani, R. (2024). Argumentasi Ilmiah Siswa pada Pembelajaran Fisika Berbasis Mobile Learning dengan Video Presentasi. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(4), 861-871.
Dame, K. T., Erika, F., & Masruhim, A. (2023). Predict Observe Explain Learning Model Based on Indigenous Knowledge to Increase Students Argumentation Skills on Redox Reaction Material. AIP Conference Proceedings, 030007-1-030007–6.
Devi, N. D. C., Susanti VH, E., & Indriyanti, N. Y. (2018). Analysis of High School Students’ Argumentation Ability in the topic of Buffer Solution. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 3(3), 152–159.
Dewantari, T., Hasnunidah, N., & Maulina, D. (2022). Kajian Kemampuan Argumentasi Siswa pada Materi Pokok Animalia Melalui Pendekatan Saintifik di SMA dengan Peringkat Akreditasi yang Berbeda. BIOEDUSAINS :Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 5(1),267–278.
Dewina, S., Suganda, O., & Widiantie, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Menganalisis dan Keterampilan Berargumentasi Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Kelas X. Quagga : Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 9(2), 46–54.
Dianti, P., Sunandar, A., & Setiadi, A. E. (2023). Analisis Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berargumentasi Siswa Dengan Model Argument Driven Inquiry Berbasis Socio-Scientific Issue. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(2), 1-14.
Fadli, M. (2024). Metode Penelitian Kombinasi. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method), 44.
Fakhriyah, F., Rusilowati, A., Nugroho, S. E., & Saptono, S. (2021). Mengembangkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Calon Guru Sekolah Dasar Sebagai Bentuk Penguatan Keterampilan Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana 4(1), 190-194).
Fatmawati, D. R., Harlita, & Ramli, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa melalui Action Research dengan Fokus Tindakan Think Pair Share. Proceedings Biology Education Conference, 15(1), 253–259.
Hadirah, H. (2022). Analisis Hukum Islam tentang Tradisi Batimung Dalam Pernikahan Adat Banjar Di Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu Analisis Hukum Islam (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).
Hakim, A., & Amir, S. (2018). Pengaruh Perasaan, Ketertarikan Dan Keterlibatan Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Peserta Didik Pada SMA Paba Binjai. Visipena, 9(2), 406-426.
Handayani, P. (2015). Analisis Argumentasi Peserta Didik Kelas X Sma Muhammadiyah 1 Palembang dengan Menggunakan Model Argumentasi Toulmin. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 60-68.
Hardini, S. D., & Alberida, H. (2022). Analisis Kemampuan Argumentasi Peserta Didik. Biodidaktika: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 17(1), 93–99.
Hendri, S., & Defianti, A. (2015). Membentuk Keterampilan Argumentasi Siswa Melalui Isu Sosial Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Prosiding Simposium Inovasi dan Pembelajaran Sains, 545–548.
Jayanti, A., Nor, M., & Rahmad, M. (2018). The Implementation of Generate Argument Instruction Model on Optical Material to Improve Students Argumentation Skills in Smp 20 Pekanbaru Grade VIII. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 19–25.
Mardianto, Y., Azis, L. A., & Amelia, R. (2022). Menganalisis Respon Siswa terhadap Pembelajaran Materi Perbandingan dan Skala Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(5), 1313–1322
Musdiani. (2019). Analisis Model Pembelajaran terhadap Cara Mengajar Guru untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Penggolongan Hewan di Kelas V SD Pante Cermin. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 60–68.
Nasution, A. K. P. (2020). Integrasi Media Sosial Dalam Pembelajaran Generasi Z. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 80-86.
Nurdin, S. I. A. (2017). Pengembangan Performance Assessmentberbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Mengukur Keterampilan Argumentasi Siswa (Doctoral dissertation, Universitas Lampung).
Nomizar, R., Amir, H., & Rohiat, S. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Pada Materi Termokimia di SMA Negeri 3 Kota Bengkulu. ALOTROP, 7(1), 17-25.
Norma, N. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Media Video Pembelajaran Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(2), 101-115.
Pasaribu, O. L. (2020). Analisis Kemampuan Memahami Isi Paragraf Argumentasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Karya Bunda Medan. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 95-100.
Rahayu, Y., Suhendar, S., & Ratnasari, J. (2020). Keterampilan Argumentasi Siswa Pada Materi Sistem Gerak SMA Negeri Kabupaten Sukabumi-Indonesia. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(3), 312–318.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) Dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar: Literature Review. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 151-156.
Rahmayanti, D., Supriyanto, D. H., & Khusniyah, T. W. (2022). Pengaruh Keaktifan Bertanya Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 6(1), 34-40.
Ramadhan, A., Erika, F., & Lestari, S. (2022). Desain dan Uji Validitas LKPD Berbasis Keterampilan ArgumentasiArgumentasi dengan Pendekatan STEM Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 9(2), 183–191.
Ramdani, E. (2018). Model pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal sebagai penguatan pendidikan karakter. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1-10.
Roghdah, S. J., Zammi, M., & Mardhiya, J. (2021). Development of Four-Tier Multiple Choice Diagnostic Test to Determine Students’ Concept Understanding Level On Thermochemical Material. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 11(1), 57–74.
Sa'adah, N. S. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Kearifan Lokal Tradisi Batimung pada Materi Termokimia Kelas XI di SMAN 1 Kotabaru. Skripsi: Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin.
Saefuddin, & Maryadi, S. (2018). Batimung Healing Tradition of the Banjarese and Dayak Meratus Community in South Kalimantan. Naditira Widya, 12(2), 147–158.
Sandhy, A. K. (2018). Pengaruh Model Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Peserta Didik Terhadap Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(10), 1–9.
Setiawati, I., & Nurlaelah, I. (2017). Analisis Profil Kemampuan Berargumentasi Guru dan Mahasiswa Calon Guru Dalam Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Toulmin’ S Argumen Pattern (Tap) dan Upaya Perbaikannya. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 9(01).
Setiawan, A., Sujiwo, D. A. C., & Panglipur, I. R. (2024). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Gender. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 7(1), 178-191.
Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Inopendas: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48–53.
Siagian, D. P., & Yasthopi, A. (2021). Desain dan Uji Coba Media Pembelajaran Berorientasi Everyday Life Phenomena pada Materi Termokimia. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 11(2), 64–73.
Sintia, I., Pasarella, M. D., & Nohe, D. A. (2022). Perbandingan Tingkat Konsistensi Uji Distribusi Normalitas Pada Kasus Tingkat Pengangguran di Jawa. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Statistika, 322-333.
Siswanto, Kaniawati, I., & Suhadi, A. (2014). Implementation of Generate Argument Instructional Model Using Scientific Method to Increase the Cognitive Abilities and Argumentation Skills of Senior High School Students. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(2), 104–116.
Sormin, B. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Argumentasi Berbasis Kearifan Lokal yang Berorientasi Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas VIII. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya, 5(1), 1–5.
Sukestiyarno, Y. L., & Agoestanto, A. (2017). Batasan Prasyarat Uji Normalitas dan Uji Homogenitas Pada Model Regresi Linear. Unnes Journal of Mathematics, 6(2), 168-177.
Sulastri, H. P., Irvani, A. I., & Warliani, R. (2024). Pengembangan Modul Digital Fisika Berbasis Project Based Learning (Pjbl) Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 97-111.
Sutarto, S. (2023). Strategi Guru Untuk Meningkatkan Keterampilan 4c’s (Kolaborasi, Komunikasi, Berpikir Kritis Dan Kreatif) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(3), 1543-1552.
Suwaryaningrat, N. D. E. (2023). Analisis Teknik Observasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(24), 1011-1015.
Syahrudin, D. A., & Suryoko, S. (2017). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Pengambilan Keputusan Smartphone Samsung. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(3), 47-53.
Syarifuddin, H. (2024). Penerapan Media Papan Interaktif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Teks Argumentasi di SMKN 3 Gowa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(3), 519-530.
Tabroni, T., Syukur, M., & Indrayani, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial Kelas VIII-B SMP Negeri 4 Rokan IV Koto Kab. Rokan Hulu Riau. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3), 4(2), 261-266.
Trisnayanti, W. R. (2017). Efektifitas Implementasi Aktivitas Mengkomunikasikan Berbasis Kepala Bernomor Dalam Meningkatkan Dimensi Proses Kognitif. International Journal of Elementary Education, 1(3), 219–227.
Tuerah, M. S. R., & Tuerah, J. M. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, 9(19), 979–988.
Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50-62.
Wahyuni, D., Muntari, M., & Anwar, Y. A. S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri di Praya Selama Pembelajaran Daring. Chemistry Education Practice, 5(1), 10-16.
Wulandari, A. (2022). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Learning Innovation (JMLI)202, 1(2), 151–162.
DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v16i2.29697
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Farah Erika, Nursilawati Nursilawati, Usman Usman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.
_______________________________________________
![]() | Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan |
______________________________________________
CURRENT INDEXING:
EDITORIAL OFFICE: