ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY LEARNING MODEL ON STUDENTS` ABILITY TO SCIENTIFIC ARGUMENTATION SKILLS ABOUT REACTION RATE MATERIAL

Nanda Diah Prastika, Sri Lestari, Agung Rahmadani

Abstract


Abstrak: Program pendidikan saat ini dirancang untuk membangun kompetensi abad ke-21, dengan salah satu pendekatannya adalah pelatihan keterampilan argumentasi untuk mempertajam kemampuan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) memengaruhi kemampuan siswa dalam membuat argumen. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan tipe static group comparison design. Hasil uji independent t-test menunjukan nilai sig. sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05 yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara rata-rata hasil test argumentasi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Temuan tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran ADI secara signifikan memengaruhi kemampuan 
argumentasi siswa pada materi laju reaksi.

Abstract: The current education program is designed to develop 21st-century skills, with one approach being the training of argumentation skills to sharpen critical thingking skills. The purpose of this research is to find out how the Argument-Driven Inquiry (ADI) learning model affects students ability to make arguments. This research uses a quasi experimental design with a static group comparison design type. The results of the independent t-test showed a sig. value of 0.001 smaller than 0.05 which indicated a significant difference between the average argumentation test result in the experimental and control classes. These findings indicate that the ADI learning model significantly impacts students argumentation skills.


Keywords


Argument Driven Inquiry; Scientific Argumentation Skills; Reaction Rate

Full Text:

PDF

References


Admoko, S., Hanifah, N., Suprapto, N., Hariyono, E., & Madlazim, M. (2021). The implementation of Argument Driven Inquiry (ADI) learning model to improve scientific argumentation skills of high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1747(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1747/1/012046

Agusni, P., Alberida, H., Fadilah, M., & Fajrina, S. (2023). Analisis Kemampuan Argumentasi Peserta Didik pada Pembelajaran biologi melalui Model Problem Solving Berbasis Isu Sosiosaintifik. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 2109–2115.

https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5748

Bukifan, D., & Yuliati, L. (2021). Conceptual understanding of physics within argument-driven inquiry learning for STEM education: Case study. AIP Conference Proceedings, 2330(050017).

https://doi.org/10.1063/5.0043638

Cahyani, D., Gloria, R. Y., & Roviati, E. (2024). Analysis of scientific argumentation skills of prospective biology teacher students in inquiry-oriented laboratory activities. Biosfer : Jurnal Pendidikan Biologi, 17(1), 243–256.

Dianti, P., Sunandar, A., & Setiadi, A. E. (2023). Analisis Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berargumentasi Siswa dengan Model Argument Driven Inquiry Berbasis Socio-Scientific Issue. Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(2), 1–14.

Fatmawati, Z. A., Susilowati, S. M. E., & Prihandono, R. S. I. (2019). Effect of Argument Driven Inquiry (ADI) with Problem Solving Method for Student’s Argumentation and Critical Thinking Skills Article Info. Journal of Innovative Science Education, 8(3), 255–263. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise

Fitriana, A. W., & Yuberti, Y. (2019). Pembelajaran Fisika Berbasis PEO (Predict-Observe-Explain) Menggunakan Metode Eksperimen Ditinjau dari Pemahaman Konsep Fisika. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 254–261. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4350

Fuadah, M. I., Mubarok, H., & Suliyanah. (2021). The Effect of Argument Driven Inquiry (ADI) Model on the Scientific Argumentation Ability of High School Students on the Topic of Light Waves. International Journal of Research and Community Empowerment, 1(2), 53–61.

Grooms, J., Enderle, P. J., Hutner, T., Murphy, A., & Sampson, V. (2016). Argument-Driven Inquiry in Physical Science. National Science Teachers Association Press.

Hadiwidodo, S., Taufikurahmah, T., & Tukiran. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Model Argument Driven Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 7(1), 1416–1421.

Hardini, S. D., & Alberida, H. (2022). Analisis Kemampuan Argumentasi Peserta Didik. Biodidaktika: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 17(1), 93–99.

Monica, D., Kadaritna, N., & Tania, L. (2018). Efektivitas Model ADI Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Materi Zat Aditif-Adiktif Ditinjau dari Gender. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 7(2), 1–14.

Nurfadhilah, N., Sari, W., Akmal, A., Trinova, Z., & Nini, N. (2024). The Influence of the 7E Learning Cycle Model in Improving Student Learning Outcomes in Islamic Religious Education Learning. International Journal of Multidisciplinary Research of Higher Education (IJMURHICA), 7(2), 56–63.

https://doi.org/10.24036/ijmurhica.v7i2.210

Nurhidayati, E., Masykuri, M., & Fakhrudin, I. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) Dengan Pendekatan STEM Terhadap Keterampilan Argumentasi Pada Materi Cahaya dan Alat Optik. Jurnal Pendidikan IPA, 12(3), 171–182. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v12i3.79317

Olii, R., Abdul, L., Laliyo, R., Kilo, A. K., Kilo, A. La, Tangio, J. S., Kurniawati, E. (2025). Analisis Kemampuan Berargumentasi Ilmiah Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Telaga pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Algoritma : Jurnal Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam. Kebumian, Dan Angkasa, 3(1), 131–141. https://doi.org/10.62383/algoritma.v3i1.361

Prastika, N. D., Anjarwati, D., Awaliah, M. A. S., Hartandi, D., Rahmadani, A., & Erika, F. (2024). Kajian Literatur Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Siswa dalam Pembelajaran Kimia. Jambura Journal of Educational Chemistry, 6(1), 47–60.

https://doi.org/10.37905/jjec.v6i1.23644

Putri, P. A. W., Rahayu, S., & Fajaroh, F. (2020). Efektivitas Argument-Driven Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berargumentasi Ilmiah pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 57-64.

https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13132

Ramadhan, A., Erika, F., & Lestari, S. (2022). Desain dan uji validitas LKPD berbasis keterampilan argumentasi dengan pendekatan STEM pada materi larutan penyangga. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 9(2), 183–191.

Romero Ariza, M., Quesada Armenteros, A., & Estepa Castro, A. (2024). Promoting critical thinking through mathematics and science teacher education: the case of argumentation and graphs interpretation about climate change. European Journal of Teacher Education, 47(1), 41–59.

https://doi.org/10.1080/02619768.2021.1961736

Salsabila, E. R., Wijaya, A. F. C., Winarno, N., & Hanif, S. (2019). Using argument-driven inquiry to promote students’ concept mastery in learning global warming. Journal of Physics: Conference Series, 1280(032052). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/3/032052

Sari, R. A., Musthafa, B., & Yusuf, F. N. (2021). Pembelajaran Argument Driven Inquiry Pada Materi Suhu dan Kalor Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(2), 88–97.

https://doi.org/10.17509/jpp.v21i2.37134

Satriya, M. A., & Atun, S. (2024). The Effect of Argument Driven Inquiry Learning Models on Scientific Argumentation Skills and Higher Order Students on The Topics of Acid Base. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(5), 2663–2673.

https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i5.6834

Susanti, E. D., Aisyah, R., & Subarkah, C. Z. (2016). Penerapan model pembelajaran adi (Argument Driven Inquiry) pada konsep garam terhidrolisis. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 4(1), 15–26.

Viyanti, V., Cari, C., Sunarno, W., & Prasetyo, Z. K. (2016). Pemberdayaan Keterampilan Argumentasi Mendorong Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1), 43–48.

https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i1.1152

Wahidah, A. I., Supeno, S., & Siswati, B. H. (2024). E-Modul Pembelajaran Ipa Berbasis Socio-Scientific Issues Untuk Meningkatkan Argumentasi Ilmiah Dan Profil Pelajar Pancasila Siswa SMP. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 15(3), 301–308.

Wulandari, D., Liliasari, S., & Widhiyanti, T. (2021). The effect of argument-driven inquiry on chemistry reaction-rates to enhance pre-service chemistry teachers critical thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012204

Zuhaida, A. (2018). Implementation of basic chemistry experiment based on metacognition to increase problem-solving and build concept understanding. Journal of Physics: Conference Series, 1006(012041). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1006/1/012041




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v16i2.29708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nanda Diah Prastika, Sri Lestari, Agung Rahmadani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  

 EDITORIAL OFFICE: