PENGEMBANGAN MEDIA KONTEKSTUAL PAPAN PETA BUDAYA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSA

Intan Marwah Daud, Mimin Ninawati

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang  berbasis kontekstual pada muatan pelajaran IPS materi keberagaman budaya bangsa siswa kelas IV SDN Gebang Raya 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Pengembangan atau dikenal dengan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Four D (4D) yang memiliki 4 tahap pengembangan, yaitu: 1) tahap Define (pendefinisian), 2) tahap Design (perancangan), 3) tahap Develop (pengembangan), 4) Dissiminate (penyebaran). Penelitian ini  bertempat di SDN Gebang Raya 1, Tangerang. Adapun subjek penelitian terdiri dari 30 peserta didik kelas IV B di SD tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan angket validasi yang diberikan kepada ahli media, ahli materi, dan peserta didik. Perhitungan data dilakukan dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari pengembangan ini adalah media kontekstual Papan Peta Budaya(PAPEDA) materi keberagaman budaya bangsa. Hasil validasi ahli media mendapat skor rata-rata 97% dengan kategori “sangat layak”. Hasil validasi ahli materi mendapat skor rata-rata 94% dengan kategori “sangat layak”. Hasil tanggapan siswa mendapatkan skor rata-rata 90% dengan kategori “sangat layak”. Berdasarkan hasil perolehan dapat disimpulkan bahwa pengembangan media kontekstual Papan Peta Budaya (PAPEDA) materi keberagaman budaya bangsa dikatakan sangat layak sebagai media pembelajaran IPS.

Abstract:  This research aims to develop a contextual-based learning media on the content of social studies lesson. This research is included in Research and Development (R&D). This research used the 4D method with four steps, namely:  1)Define stage (Define), 2) Design stage (Design), 3) Develop stage (Development), 4) Dissiminate (spread). This research was held in SDN Gebang Raya 1, Tangerang. The subject of the trial was applied to 30 student of class IV B at the school. Data collection was carried out bye using a validator questionnaire for media expert, material expert and a student response questionnaire. The research data were analyzed using quatitative and qualitative techniques. The results of media expert validation got an average score of 97% in the "very feasible" category. The results of the material expert validation got an average score of 94% in the "very feasible" category. The results of student responses get an average score of 90% with the "very feasible" category. Based on the results, it can be concluded that the development of PAPEDA contextual media (Cultural Map Board) material for the nation's cultural diversity is said to be very feasible as a social studies learning media.

Keywords


Pengembangan Media; Media Kontekstual PAPEDA; Keberagaman Budaya.

Full Text:

PDF

References


Aini, N., Jannah, S., & Safitri, K. (2021). Model Pembelajaran Kontekstual Sebagai Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 0(7), 272–286. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/986

Aslam, Ninawati. Mimin, N. anita. (2021). Pengembangan Media Monopoli Berbasis Kontekstual Pada Materi Jenis-Jenis Usaha Dan Kegiatan Ekonomi Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas Tinggi | Aslam | Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education. Jurnal of Islamic Primary Educationducation. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/al-aulad/article/view/10156/5446

Atapukang, N.-. (2016). Kreatif Membelajarkan Pembelajar Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Yang Tepat Sebagai Solusi Dalam Berkomunikasi. Media Komunikasi Geografi, 17(2). https://doi.org/10.23887/MKG.V17I2.9027

Herliana, S., & Anugraheni, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kereta Membaca Berbasis Kontekstual Learning Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 314–326. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V4I2.346

Hilmi Muhammad Zoher. (2017). Implementasi Pendidikan Ips Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah | Hilmi | Jurnal Ilmiah Mandala Education. Mandala Nursa. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/198/189

Kustantina Verra Arischa, Nuryadi, M. N. H. (2022). Respons Siswa Terhadap Komik Matematika Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Matematika | Kustantina | Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan. Paedagoria. http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria/article/view/8029/pdf

Mukodi. (2018). Tela’ah Filosofis Arti Pendidikan. Repository Stkip Pgri Pacitan.

Ninawati, M. (2019). View of Efektivitas Model Pembelajaran Literasi Kritis Berbasis Pendekatan Konsep Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Pendas :Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/1747/866

Ninawati, M. (2021). View of Pengembangan E-Modul Berbasis Software iSpring Suite 9. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/830/547

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171.

Ratnamulyani, I. A., & Maksudi, B. I. (2018). Peran Media Sosial Dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemula Dikalangan Pelajar Di Kabupaten Bogor. Sosiohumaniora, 20(2), 154–161. http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/13965

Ratri, S. (2018). Digital Storytelling Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Pena Karakter. https://www.researchgate.net/publication/334162861

santoso, erik. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1). https://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/view/407

Setyawan Ryan Ari, A. W. F. (2018). Pengukuran Usability E-Commerce Sambal Nyoss Menggunakan Metode Skala Likert. Compiler, 7.

Shobariyah Eti. (2018). View of Teknik Evaluasi Non Tes. Adz-Zikr. https://ejournal.stitalkhairiyah.ac.id/index.php/adzzikr/article/view/1/1

Suarjana I Made, Riiastini Ni Pt. Nanci, P. I. G. N. Y. (2017). View of Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar. Undiksha. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/11601/7423

Suparmi, S. (2018). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran IPA di Sekolah. Journal of Natural Science and Integration, 1(1), 62–68. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JNSI/article/view/5196

Widodo Arif, Insdraswati Dyah, Sutisna Deni, Nursaptini, A. A. P. (2020). View of Pendidikan IPS Menjawab Tantangan Abad 21: Sebuah Kritik Atas Praktik Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. ENTITA. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/entita/article/view/3868/2119

Wulansari Desy Ayu, W. M. F. M. Y. (2021). Kritik Terhadap Peran Organisasi Profesi Kependidikan Di Sistem Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. ResearchGate.

Yusuf Mochamad. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar | Yusuf | Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan. Paedagoria. http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria/article/view/269/224




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i2.9685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Intan Marwah Daud

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: