ANALISA TEBAL PERKERASAN LAPIS TAMBAH (OVERLAY) PADA RUAS JALAN ADE IRMA SURYANI KOTA MATARAM MENGGUNAKAN MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN NO.02/M/BM/2017

Mochammad Rivanda Ferdiansyah, Titik Wahyuningsih, Anwar Efendy

Abstract


Tujuan dari perencanaan penambahan tebal lapisan adalah untuk meningkatkan kekuatan struktur agar dapat melayani lalu lintas yang direncanakan selama umur rencana, sehingga dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada pengguna jalan. Salah satu ruas jalan yang perlu dilakukan pelapisan overlay adalah Jalan Ade Irma Suryani dikarenakan adanya peningkatan volume lalu lintas yang signifikan. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode dari Manual Desain Perkerasan Jalan 2017, metode ini merupakan perbaharuan dari peraturan sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan kajian perhitungan dari proyek peningkatan jalan pada ruas jalan Ade Irma Suryani Kota Mataram. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer yang merupakan informasi tentang geometrik jalan dan data sekunder yang merupakan data lendutan Benkelman Beam (BB) dan data lalu lintas harian rata rata. Hasil perhitungan volume lalu lintas didapat nilai CESA4 yaitu 1.810.112 dan CESA5 yaitu 3.662.573, dengan menggunakan LHR pada Hari Kamis, karena terdapat jumlah kendaraan niaga terbanyak, sehingga jenis penangan yang digunakan adalah overlay non struktural, dengan jenis perkerasan yang digunakan yaitu AC-WC/BC Normal. Diketahui dari data lendutan BB, didapat nilai lendutan d wakil yaitu 1,383, maka berdasarkan data lendutan dan data lalu lintas, didapatkan tebal overlay dengan prosedur lendtuan maksimum yaitu 60 mm.


Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Bina Marga. (1990). Panduan Penentuan Klasifikasi Fungsi Jalan di Wilayah Perkotaan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Jalan Kota.

Direktorat Jenderal Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum.

Direktorat Jenderal Bina Marga. (2005). Pedoman Perencanaan Tebal Lapis Tambah Perkerasan Lentur Dengan Metode Lendutan Pd.T-05-2005-B. Jakarta: Bina Marga.

Direktorat Jenderal Bina Marga. (2017). Manual Perkerasan Jalan. Jakarta: Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Hamirhan, S. (2004). Perencanaan Geometrik Jalan. Bandung: Nova.

Hardiyatmo, H. Y. (2015). Perancangan Perkerasan Jalan dan Pnyelidikan Tanah Edisi Ke-2. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Keputusan Gubernur Nusa Tenggara Barat. (2016). Status Ruas Jalan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Mataram: Forum Lalu Lintas dan Angkutan Provinsi NTB.

Sofian, M. (2019). Analisa Tebal Perkerasan Lapis Tambah (Overlay) Pada Ruas Jalan Langko Kota Mataram Menggunakan Manual Desain Perkerasan Jalan No.02/M/BM/2017. Mataram: Universitas Muhammadiyah Mataram.

Sukirman, S. (2010). Perencanaan Tebal Struktur Perkerasan Lentur. Bandung: Nova.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________________________

SIGMA: Jurnal Teknik Sipil
Website: http://journal.ummat.ac.id/index.php/sigma
Email: [email protected]
Contact: (WA): +62817-579-6564