Peningkatan Kemampuan Berpuisi Dengan Menggunakan Metode Musikalisasi Pada Siswa Kelas IX SMP

Arpan Islami Bilal, Syafruddin Muhdar, Baiq Desi Milandari, Nursina Sari, Akhmad Akhmad

Abstract


 

 Abstrak:   Pembelajaran apresiasi puisi umumnya banyak mengalami kendala pada siswa. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah siswa merasa terbebani oleh ketidakbiasaan dalam memusikalisasi puisi. Belum lagi karena kemampuan memusikalisasis puisi yang diiringi dengan musik, mengalami kendala. Begitupun dengan guru harus berkompeten dalam bidangnnya dan terlebih dahulu memahaminya.  Jika seorang guru tidak berkompeten dan tidak sesuai dengan ilmu yang dimilikinya, maka akan membuat kesulitan dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatkan Kemampuan Keterampilan Berpuisi dengan Menggunakan Metode Musikalisasi pada Siswa Kelas IX SMPN 5 Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. Berdasarkan hasil dan penyajian data yang telah diuraikan di atas, maka beberapa kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini yaitu: 1) Pada prasiklus, para siswa memperoleh nila yang sangat rendah dan tidak ada yang mengalami ketuntasan. Hal ini terbukti dari nilai perolehan IPK yang hanya mencapai 32, 09, 2). Pada siklus 1, secara individu kemampuan siswa memusikalisasi puisi mencapai kategori tinggi sebanyak 2 orang (4,65%), kategori sedang sebanyak 41orang (95,34%) IPK yang dicapai adalah (60,02%) termasuk kategori normal, 3). Pada siklus 2 secara individu kemampuan siswa dalam memusikalisasi puisi mencapai kategori tinggi sebanyak 43 oarang (100%) IPK yang mampu dicapai siswa adalah 82,62 termasuk kategori tinggi. Hal ini menunjukan bahwa keterampilan berpuisi dengan menggunakan metode musikalisasi pada siswa kelas IX SMP Negeri 5 Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah dapat meningkatkan kemampuan  berpuisi. 

Abstract: Learning poetry appreciation generally experiences many obstacles in students. This is due to several things, including students feeling burdened by unfamiliarity in musicalizing poetry. Not to mention that the ability to musicalize poetry accompanied by music has encountered obstacles. Likewise, teachers must be competent in their fields and first understand them.  If a teacher is not competent and not in accordance with the knowledge he has, it will create difficulties in the teaching and learning process. This study aims to describe Improving the Ability of Poetry Skills by Using the Musicalization Method in Class IX Students of SMPN 5 Praya Timur, Central Lombok Regency. Based on the results and presentation of the data described above, some conclusions that can be drawn in this study are: 1) In the precycle, the students obtained very low indigo and none experienced completeness. This is evident from the GPA acquisition value which only reached 32, 09, 2). In cycle 1, individually the ability of students to musicalize poetry reached the high category of 2 people (4.65%), the medium category of 41 people (95.34%) the GPA achieved was (60.02%) including the normal category, 3). In cycle 2, individually, students' ability to musicalize poetry reached a high category of 43 people (100%), the GPA that students were able to achieve was 82.62, including the high category. This shows that poetry skills using the musicalization method in grade IX students of SMP Negeri 5 Praya Timur, Central Lombok Regency can improve poetry skills. 


Keywords


metode musikalisasi puisi, keterampilan berpuisi

Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan, dkk. 2005. Kamus Besar Bahas Indoneia Cetakan ketiga (3). Jakarta: Balai Pustaka.

Arikuno, Suharsismi, dkk. 2012, Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT Bumu Aksara.

Arikunto Suharsimi.2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta.: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 1998, Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Hadi, Sustrisno. 1991. Metodologi. Recearch. Yogyakarta : Andi Afset.

Hamidah. 2003. Teknik Pengajaran Bahasa Indonesia . Jakarta: Balai Pustaka.

Karso, Emirensi. 2009. Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi dengan menggunakan Teknik Jigsaw pada Siswa kelas VII SMPK Ampenan (skripsi) . FKIP Universitas Mataram.

Keraf, Goris. 2001, Diksi dan Gaya Bahasa. Jakrta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Moleong,Lexy, J. 199, Metode Penelitan Kualitatif. Bandung: Remaja Muda Karya.

Nurkencana, Wayana dan Sumartama, T.T.N. 1983. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Paradopo, rachmat Djoko.2012, Pengkjian Puisi. Yogyakarta:Gadjah Mada University litian Press.

Poerwadarmnta, WJS. 1986. Metodelogi Penelitian. Solo: PT. Tiga Serangkai Pusat pembinaan dan pengembangan Bahasa. 1995. Kamus Besar Bahas Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Rai, Imade. 2010. Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Media Audiovisual pada sisiwa kelas VII SMPN 7 Mataram (skripsi). Mataram:FKIP Universitas Muhammadyah Mataram.

Riyanto, Yatim. 2001. Metodelogi Penelitian, Surabaya: SIC.

Sadiman, Arief S. 1990. Media Pendidkan. Pengertian , Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: C.V Rajawali.

Soeharto, Kartika: dkk. 2003. Teknologi Pembelajaran, Surabaya: SIC.

Sumarham. 2009. Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Media Gambar pada Siswa kelas IV SDN Kelogor Kec. Batukliang Utara Kab. Lombok Tengah (skripsi) FKIP Universitas Muhammadyah Mataram.

Tarigan. 1985. Teknik Membaca Cepat. Jakarta : Rosda Karya.

Waluyo, Herman J.199, Teori Apresiasi Puisi. PT Glora Aksara Pradana.

Zulfahnur. 1997. Apresiasi Puisi. Jakarta: Ditjen Dikti Proyek PGSM.




DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v8i2.17198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.