PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR

Zedi Mutaqin, Ni Putu Sri Ayu Pantiani

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan observasi nampak bahwa keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran masih kurang. Hal itu ditunjukkan dari 36 siswa, 25 siswa atau 69,44% masih kurang serius karena sebagian besar siswa tidak mengumpulkan tugas yang diberikan. Dalam memperhatikan penjelasan dari guru, keaktifan dalam menanggapi pertanyaan dari guru atau mengajukan pertanyaan kepada guru pada saat proses pembelajaran berlangsung. Dengan kata lain yang aktif dalam pembelajaran hanya sebanyak 11 siswa atau 30,56 %. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Pendidikan Pancasila menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas XI  SMAN 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam 4 (empat) tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian dari masing-masing siklus meningkat. Berdasarkan hasil pengamatan siklus II diperoleh rata-rata motivasi 81,25% (meningkat 20,83% dari siklus 1 yaitu 60,42%) dan hasil belajar adalah 82,5 (meningkat 12,5 % dari siklus 1 yaitu 70)  dari 36 siswa yang mendapat nilai 70 terdapat 7 siswa, 75-87 terdapat 16 siswa, rentang 88- 100 terdapat 13 siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui penggunaan model pembelajaran Project Bassed Learning dapat meningkatkan hasil belajar kelas XI SMAN 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2023/2024.

Keywords


Project Based Learning, Motivasi dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anggaro (2010), Metode Penelitian, Jakarta. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Depdikbud (1995) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi kedua. Jakarta: Balai Pustaka

Hosnan. Pendekatan Saintifik dan kontektual Dalam Pembelajaran Abad 21.

Ghalia Indonesia

Kemmis, Stephen dan Robin Mc Taggart (1988), Action Research Planner 3 rd ed Victoria : Deakin University.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. 2 Mei 2006.

Sardiman, A.M.2007, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grasendo Persada.

Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003.




DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v9i1.21436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.