Implementasi Model Problem Based Learning Berbasis Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Sesake

sirajuddin sirajuddin, Nirmala Agustira, Saipul Hadi, Eki Ubayakti, Sri Isna Nurbaeni, Wiranata Wiranata

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan hasil pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning/PBL) yang didukung oleh media gambar pada Bab III kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 21 siswa kelas IV SD Negeri Sesake tahun Pelajaran 2023/2024, Data dikumpulkan melalui tes, lembar observasi.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model PBL pada siklus 1 meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi dan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Pada siklus 2, pemahaman siswa semakin meningkat, dan siswa dapat dengan baik mengatasi masalah yang diberikan. Secara keseluruhan, rata-rata hasil belajar meningkat dari pra-siklus (65) hingga siklus II (76), dan tingkat ketuntasan belajar meningkat dari 48% pada pra-siklus menjadi 86% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Gambar pada Bahasa Indonesia Bab III Lihat Lingkungan Sekitar di kelas IV SD Negeri Sesake tahun Pelajaran 2023/2024 efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords


Problem Based Learning, Media Gambar Motivasi, Hasil Belajar Siswa.

Full Text:

PDF

References


Buku

Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya

Djamarah (2012). Hasil Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional.

Dimmyati. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghony. D (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: UIN-Malang Press Bandung: Alfabeta.

Sugiyanto. (2010). Model-model Pembelajaran Inovatif, Surakarta: Yuma Pressindo.

Sugiyono. (2011). Metodelogi Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Widiasworo, E (2018). Strategi Pembelajaran Edutainment Berbasis Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Jurnal

Ni Komang Ayu W (2021). Implementasi Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning)terhadap Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia). https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.36088

N K Pebry Yusita1*, N W Rati2, D P Pajarastuti3 (2021). Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.36995

Indra Wahyuni (2018). Penerapan Model PBL Berbantuan Role Playing Untuk Meningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16152




DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v9i1.21437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.