PERBANDINGAN KONFLIK SOSIAL DALAM FILM TOBA DREAMS YANG DISUTRADARAI OLEH BENI SETIAWAN DENGAN FILM SANG PRAWIRA YANG DISUTRADARAI OLEH PONTI GEA

Purnawarman Purnawarman, Ahmad Abdan Syakur

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk-bentuk konflik sosial dan perbandingan konflik sosial dalam film Toba Dreams dengan film Sang Prawira. Untuk mengetahui konflik dan perbandingan konflik sosial, digunakan teori konflik Ralf Dahrendorf. Data yang digunakan berupa kutipan dialog dan adegan yang menggambarkan adanya konflik dan perbandingan konflik sosial. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dan dokumentasi, sedangkan metode analisis yang digunakan yaitu metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini yaitu, konflik terjadi karena adanya ketidakadilan yang dilakukan oleh kelompok yang berkuasa sebagai pemegang otoritas terhadap kelompok yang dikuasai. Bentuk konflik yang terjadi adalah, 1) konflik tokoh utama dengan mafia 2) konflik antara tokoh utama dengan keluarga 3) konflik antara kelompok mafia dengan pebisnis lain 4) konflik antara mafia dengan satuan kepolisian. Konflik tersebut ditemukan dalam kedua film sehingga layak untuk diperbandingkan. Perbandingan konflik sosial ditemukan beberapa persamaan dan perbedaan. Perbandingan konsep dua wajah masyarakat yaitu konflik dan konsensus dengan teman tokoh utama dalam struktur sosial, praktik kekuasaan dan wewenang yaitu otoritas yang dimiliki oleh Ayah sebagai kepala keluarga pada masing-masing film, konsep kelompok yang terlibat konflik yaitu tokoh utama termasuk dalam kelompok kepentingan, dan konsep pengendalian konflik terdapat adanya kesepakatan dan tidak menemui kesepakatan dalam penyelsaian konflik.

Keywords


konflik sosial, perbandingan konflik sosial, Ralf Dahrendorf, film Toba Dreams, film Sang Prawira

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Nidia & Sya’dian Triadi. 2020. Penerapan Editing Smash Cut Pada Penciptaan Film Jabang. Jurnal Potensi Utama. Vol 1. No 1. Surabaya.

Cahyani, Ardhea Regita. 2020. Konflik Sosial Pada Tokoh Utama Dalam Novel Mendhung Karya Yes Ismie Suryaatmadja. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Cahyati, Nur dan Heny Subandiyah. 2022. Representasi Konflik Sosial Dalam Film Gundala: Negeri Ini Butuh Patriot (Kajian Teori Konflik Ralf Dahrendorf). SAPALA. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Hapsari, Nila. 2018. Perbandingan Novel Hujan Karya Tere Lie Dan Novel Tentang Rasa Yang Ingin Mencari Jawab Karya Ratna DKS. Jawa Tengah: Universitas Dharma Klaten.

Hasanah, Siti Thohriatul. 2022. Perlawanan Terhadap Budaya Patriarki Dalam Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy: Sebuah Kajian Feminisme. Universitas Nahdlatul Wathan Mataram.

Maulana, Lutfi. 2016. Konflik Sosial Dalam Novel Surga Sunsang Karya Triyanto Triwikromo Kajian Sosiologi Sastra. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Misniyah. 2022. Representasi Hegemoni Perempuan Pada Novel Mekkah Memoar Luka Seorang TKW Karya Aguk Irawan Kajian Feminisme Liberal. Universitas Nahdlatul Wathan Mataram.

Purnamasari, Ai dan Ekasatya Aldila Afriansyah, 2021. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Topik Penyajian Data di Pondok Pesantren. Garut: Institut Pendidikan Indonesia.

Rahmaniah, Aniek. 2016. Metateorizing: Teori Konflik (Ralf Dahrendorf). Malang: Universitas Islam Negeri Malang.

Pratista, Himawan. 2008. Memahami Film. Yogyakarta: Homerian Pustaka.

Putri, Rany Rizkiyah. 2018. Konflik Sosial Dalam Novel Dawuk: Kisah Kelabu Dari Rumbuk Randu Karya Mahfud Ikhwan (Kajian Teori Ralf Dahrendorf). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Sipayung, Margaretha Ervina. 2016. Konflik Sosial Dalam Novel Maryam Karya Okky Madasari: Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal Ilmiah Kebudayaan Bahasa. Volume 10. Nomor 1. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tualeka, M. Nur Wahid. 2017. Teori Konflik Sosiologi Klasik Dan Modern. Jurnal Al-Hikmah. Vol 3. No.2. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Widyaningrum, Winda & Endang Sondari. 2022. Kajian Sastra Bandingan: Representasi Budaya Dalam Novel Bidadari Surga Dan Novel Mencari Perempuan Yang Hilang. Jurnal Ilmiah Bina Bahasa. Vol.15 No.2. Jakarta Selatan:117-126.




DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v9i1.21472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.