Analisis Efektivitas Pembelajaran Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Berfikir Kritis Siswa di Kelas

Yuni Yuni, Hanna Sajida, Saddam Saddam, Aliahardi Winata, Wiya Mela Astari, Yuni Mariyati, Putri Maya Masyitah

Abstract


Abstrak: Metode diskusi adalah sebuah pendekatan dalam berkomunikasi yang melibatkan pertukaran ide, pendapat, dan informasi antara beberapa individu atau kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran metode diskusi dalam meningkatkan berpikir kritis siswa di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yaitu suatu penelitian yang dikembangkan berdasarkan permasalahan yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar mengajar di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran berbasis diskusi memberikan dampak positif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan kemampuan mereka dalam berpikir kritis. Diskusi memungkinkan siswa untuk aktif berpartisipasi, menyampaikan pendapat dan menganalisis informasi sehingga membantu mereka mengembangkan kemampuan berpikir kritis secara efektif. Peran guru sebagai fasilitator dalam mengelola diskusi, menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan membimbing siswa dalam merespons informasi secara kritis sangatlah penting. Selain itu, siswa juga mengapresiasi manfaat diskusi dalam mendalami pemahaman materi, meningkatkan motivasi belajar dan melatih kemampuan berpikir kritis mereka. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman tentang efektivitas metode diskusi sebagai salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan berpikir kritis siswa di kelas.


Keywords


Efektivitas Berfikir Kritis Dan metode diskusi

Full Text:

PDF

References


Afiefah, N. (2014). Pembelajaran dengan Metode Diskusi Kelas. Jurnal Tarbawiyah.

Al-Fanny, D., & Roesdiana, L. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Materi Garis dan Sudut Pada Siswa SMP. Journal Homepage.

Dewi, N. P. A., Sintadewi, N. M. D., & Suryantini, M. D. (2023). The Analysis of Students’ Critical Thinking Skill in Blended Learning. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2158

Dibia, I. N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dengan Metode Diskusi Interaktif Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi. Jurnal Nalar : Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.52232/jnalar.v2i1.26

Kristiani, K., RS, R. S., & Rahma, F. N. (2022). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika (JIPM). https://doi.org/10.36379/jipm.v3i2.221

Leigh, E., Meyers, W., & Rosser, E. (2007). Learning design discussions: A conversation tool. ASCILITE 2007 - The Australasian Society for Computers in Learning in Tertiary Education.

Maipah. (2022). Proses Belajar IPA di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Yang Efektif Untuk Siswa. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i5.304

Nokes, C. (2023). Effective Learning in the Modern Classroom. Journal for Learning through the Arts: A Research Journal on Arts Integration in Schools and Communities. https://doi.org/10.21977/d918154081

Prayogi, A., Mulyati, Y., Sastromiharjo, A., & Damaianti, V. S. (2022). Effectiveness of integration of teaching reading and writing skills based on critical thinking skills in improving argumentation essay writing ability. Cypriot Journal of Educational Sciences. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i12.8227

Sri Nuraini, Taufik Rihatno, Arita Marini, Desy Safitri, & Sujarwo. (2023). PEMBERDAYAAN KELOMPOK GURU DALAM PENGGUNAAN GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i4.6325

Syafruddin, S. (2017). Implementasi Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.1384

Wahdaniyah, N., Agustini, R., & Tukiran, T. (2023). Analysis of Effectiveness PBL-STEM to Improve Student’s Critical Thinking Skills. IJORER : International Journal of Recent Educational Research. https://doi.org/10.46245/ijorer.v4i3.312

Yazidi, R. EL. (2023). Strategies for Promoting Critical Thinking in the Classroom. International Journal of English Literature and Social Sciences. https://doi.org/10.22161/ijels.82.5

Yudha, C. B. (2019). PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v9i1:.1981




DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v9i2.24618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.