Analisis Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn pada Kurikulum Merdeka
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada Kurikulum Merdeka di SMPN 7 Mataram. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan dengan mengadopsi model yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian meliputi guru mata pelajaran PPKn dan 40 siswa kelas VII. Data dikumpulkan melalui instrumen wawancara dan observasi langsung terhadap proses pembelajaran PBL. Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar guru menerapkan PBL, meskipun menghadapi tantangan seperti jumlah siswa yang melebihi kapasitas kelas dan pengelolaan waktu. Respons siswa terhadap PBL positif, meningkatkan keterlibatan dan motivasi intrinsik. Tantangan utama adalah kurangnya pemahaman guru tentang konsep PBL dan waktu persiapan yang cukup. Solusi termasuk pembentukan tim kerja guru, dukungan sekolah, dan pengembangan strategi yang tepat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa PBL dapat diimplementasikan secara efektif dengan dukungan yang memadai, memberikan pengalaman pembelajaran yang bermakna dan peningkatan pada hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A. (2018). Pendekatan Dan Model Pembelajaran Yang Mengaktifkan Siswa. EDURELIGIA; Jurnal Pendidikan Agama Islam. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.45
Azungah, T. (2018). Qualitative research: deductive and inductive approaches to data analysis. Qualitative Research Journal. https://doi.org/10.1108/QRJ-D-18-00035
Balqist, A. K., Bahar, A., Purwidiani, N., & Miranti, M. G. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa pada Materi Keselamatan dan Kecelakaan Kerja (K3) di SMK Negeri 1 Dlanggu. Journal on Education. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3954
Dasusmi, K. J., Destami, L., Mardiana, M., Shobah, M. D., & Muhibbatuzzaeniah, M. (2023). Studi literatur: Model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis. Griya Journal of Mathematics Education and Application. https://doi.org/10.29303/griya.v3i2.319
Estuning, H. (2023). Efektivitas Upaya Penerapan Metode Tanya Jawab Dengan Variasi Media Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada MP PKN Kelas VII E MTsN Jombang. EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran. https://doi.org/10.51878/educational.v3i2.2317
Hudha, M. N., Etikamurni, D. P., Rasuli, I. P. A., Safitri, N. S., Perwita, C. A., & Ayu, H. D. (2023). Problem Based Learning (PBL) - Problem Solving Skills (PSS): Systematic Literature Review. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v5i2.10603
Karlina, R., & Wirdati, W. (2023). Pelaksanaan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA Negeri 7 Padang. AS-SABIQUN. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i3.3306
Lastari, R., Saragi, D., & Murad, A. (2023). The Effect of the Learning Model “Problem Based Learning” on Interpersonal Intelligence and Student Pancasila and Civic Subject Learning Outcomes. Randwick International of Education and Linguistics Science Journal. https://doi.org/10.47175/rielsj.v4i2.697
Lisnawati. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelajaran PKn Model Kooperatif Tipe Tebak Kata di Hulu Sungai Selatan. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.21462/educasia.v8i3.206
Lisnawati, A., Asyahidah, N. L., Haifarashin, R., Sormin, Y., & Komariah, K. (2023). Implementasi Model PBL pada Materi Pengukuran Bangun Datar untuk Mengetahui Aktivitas dan Hasil Pembelajaran Siswa Kelas IV. Journal on Education. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3180
Manalu, K. K. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Poblem Based Learning (PBL) Berbasis Daring (Dalam Jaringan) Untuk Meningkatkan Konseep Fisika Pada Materi Usaha Dan Energi Di SMA Negeri 15 Medan. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika). https://doi.org/10.24114/inpafi.v11i02.43600
Muna, L., & Mujianto, G. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. Academy of Education Journal. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1661
Puspitasari, E., Suprapto, E., & Sunarni, S. (2023). Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Satuan Waktu Kelas II SD Negeri 1 Kalak Kabupaten Pacitan. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7893
Rifai, M., Utomo, D. H., Astina, I. K., & Suharto, Y. (2023). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa berbasis penilaian autentik. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial. https://doi.org/10.17977/um063v3i7p753-759
Rusidik, R. P., Mulyawati, Y., & Nugraha, A. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.679
Suindhia, I. W. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Fisika. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.51878/teaching.v3i1.2163
Yunina, Y. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 Materi Fluida Dinamis Di SMAN 1 Cikarang Barat. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA. https://doi.org/10.51878/science.v2i4.1769
DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v9i2.24620
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.