Efektivitas Program Literasi Sekolah Terhadap Keterampilan Bahasa Indonesia pada Siswa SMPN 1 Batukliang Utara

Lalu Wira Jayadi

Abstract


Program literasi sekolah merupakan salah satu inisiatif pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan literasi siswa, termasuk kemampuan membaca, menulis, dan berbicara dalam Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai efektivitas program literasi sekolah terhadap keterampilan Bahasa Indonesia siswa di SMPN 1 Batukliang Utara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini melibatkan 120 siswa kelas VII sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan Bahasa Indonesia, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program literasi sekolah secara signifikan meningkatkan keterampilan Bahasa Indonesia siswa, terutama dalam aspek membaca kritis dan menulis kreatif. Hal ini menunjukkan dampak yang positif bagi siswa. Melalui pembiasaan membaca, siswa menjadi terbiasa membaca berbagai bahan bacaan. Implikasi penelitian ini adalah perlunya penguatan program literasi sekolah secara berkelanjutan untuk mendukung pengembangan kompetensi Bahasa Indonesia siswa.

Keywords


Efektivitas, Program Literasi Sekolah, Keterampilan Bahasa Indonesia, Pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Buku

Arikunto, Suharsimi (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati (2016). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Press.

Lutfiyadi (2016). Pendekatan Keterampilan. Jember: Universitas Jember.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan Kualitatif, KuantitatifI. Bandung: Alfabeta.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Artikel/Modul/Diktat

Faisal, M., & Rahmat, R. (2017). Pengaruh Program Literasi terhadap Keterampilan Membaca Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2), 45-53.

Kurniawan, A. (2019). Kendala Implementasi Program Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Literasi dan Bahasa, 8(1), 21-30.

Lestari, D. (2020). Program Literasi Sekolah dan Implikasinya terhadap Kemampuan Menulis. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 10(1), 15-25.

Permendikbud No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Suryadi, T. (2021). Literasi dalam Kurikulum 2013: Implementasi dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Nasional, 14(3), 99-110.

Hidayat, N. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbahasa melalui Program Literasi Sekolah. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 34-42.

Rahmawati, S. (2016). Evaluasi Program Literasi pada Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 7(3), 50-59.

Utami, I. (2022). Pembelajaran Berbasis Literasi di Era Digital. Jurnal Inovasi Pendidikan, 5(2), 77-88.

Arifin, M. (2020). Peran Guru dalam Mendukung Literasi Siswa. Jurnal Pendidikan Guru, 12(1), 12-18.

Nugroho, E. (2017). Literasi sebagai Pilar Pendidikan. Jurnal Pendidikan Modern, 9(4), 33-41.




DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v10i1.29230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.