TINDAK TUTUR GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS XII SMK NEGERI 1 NARMADA

Munawir Munawir

Abstract


Guru sebagai insan akademik memiliki peranan untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Dalam kegiatan penyampain materi pembelajaran, bahasa merupakan media yang digunakan dalam tindak tutur antara guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Dengan adanya penggunaan bahasa dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru khususnya guru mata pelajaran bahasa Indonesia hal ini sangatlah menarik untuk dilakukan penelitian. Mengingat guru bahasa Indonesia adalah pengajar yang mengajarkan tentang penggunaan bahasa dalam bahasa lisan maupun tulisan. Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) mendeskripsikan bentuk tindak tutur guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XII SMK Negeri 1 Narmada, 2) menjelaskan strategi tindak tutur guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XII SMK Negeri 1 Narmada. Untuk mencapai tujuan tersebut, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, data penelitian ini yaitu tuturan guru dalam proses belajar mengajar di kelas. Sedangkan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu teknik observasi, Teknik rekam dan Teknik wawancara, sumber data dalam penelitian ini diambil dari guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas XII SMK Negeri 1 Narmada. Adapun hasil penelitian ini yaitu, bentuk tindak tutur guru dalam pembelajaran di kelas ada tiga yaitu, 1) tindak tutur deklaratif, 2) tindak tutur interogatif, dan 3) tindak tutur imperatif. Sedangkan strategi tindak tutur yang digunakan ada 2 yaitu, 1) strategi tindak tutur langsung, dan 2)strategi tindak tutur tidak langsung.

Keywords


Tindak tutur, guru bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN 2620-6226 (online)
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.