KOMBINASI PEMBELAJARAN MEDIA DARING DENGAN STRATEGI HOME VISIT PADA MASA PANDEMI COVID-19 PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BATU LAYAR

Sukran Makmun

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk dapat memberikan alternatif atau solusi dalam strategi mengajar pada masa Belajar Dari Rumah (BDR) atau istilah lain Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) dengan memanfaatkan media teknologi (Daring) di masa pandemi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menjelaskan tentang pendekatan yang dilakukan pada saat melakukan kegiatan pembelajaran dengan melihat, sikap, prilaku, dan kognitif selama proses kegiatan belajar mengajar. Sasaran penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Batu Layar Kecamatan Batu Layar. Sedangkan, hasil dari penelitian ini adalah dengan mengombinasikan model pembelajaran Daring dengan strategi Home Visit dapat dilihat dari penjabaran pada pembahasan, yaitu terdapat sebanyak 80 % menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan media daring sebagai media penyampaian informasi pembelajaran belum dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa. Adapun sisanya 20 % menyatakan bahwa dapat memenuhi kebutuhan belajar. Adapun model pembelaran yang dilakukan dengan home visit ini adalah dengan cara mengunjungi rumah siswa secara bergiliran sesuai kelompok. Sedangkan, jadwal dan waktu pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan cara membagi hari dan waktu pelaksanaan. Dalam 1 hari proses pembelajaran dilakukan untuk 1 kelompok dengan durasi waktu 25-30 menit. Dengan demikian, dengan strategi home visit dapat memenuhi kebutuhan siswa dalam melakukan pembelajaran. Walaupun tidak secara maksimal alokasi waktu pertemuan yang dilakukan, dikarenakan oleh pertemuan tatap muka dilakukan dengan cara bergiliran atau perkelompok belajar.

 

 Abstract:  This study aims to be able to provide alternatives or solutions in teaching strategies during the Learning From Home (LFH) or other term Distance Education (DE) by utilizing technological media (online) during the pandemic. This research was conducted using descriptive qualitative methods. This study describes the approach taken when carrying out learning activities by seeing, attitudes, behaviors, and cognitive during the teaching and learning process. The target of this research is students of SD Negeri 1 Batu Layar, Batu Layar District. Meanwhile, the results of this study are that by combining the Online learning model with the Home Visit strategy, it can be seen from the explanation in the discussion, namely that 80% stated that learning using online media as a medium for delivering learning information has not been able to meet student learning needs. The remaining 20% stated that they can meet learning needs. The learning model carried out by home visit is by visiting students' homes in turns according to groups. Meanwhile, the schedule and time of learning is carried out by dividing the days and times of implementation. Within one day the learning process was carried out for one group with a duration of 25-30 minutes. Thus, the home visit strategy can meet the needs of students in learning. Although the time allocation for the meetings was not maximally carried out, it was because face-to-face meetings were held by taking turns or study groups.


Keywords


Kombinasi, Pembelajaran Daring, Strategi Home Visit

Full Text:

PDF

References


Buku

Arifin, Zainal. 2017. Evaluasi Pembelajaran (Prinsip Teknik Prosedur). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Komalasari, Kokom. 2015. Pembelajaran Kontekstual (Konsep dan Aplikasi). Bandung: PT. Rafika Aditama.

Susilana, Rudi, M. Si. dan Cepi Riyana. 2012. Media Pembelajaran (Hakikat, Pengembangan, dan Penilaian). Bandung: CV Wacana Prima.

Suyono, Prof. Dr. M.Pd. dan Drs. Haryanto, M.S. 2015. Belajar dan Pembelajaran (Teori dan Konsep Dasar). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jurnal

Rimbarizki, Rimbun dan Heryanto Susilo, M.Pd. 2020. Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Pioneer Karanganyar. E-Journal UNESA. Volume Nomor Tahun 2017, 0 – 216.

Sadikin, Ali dan Afreni Hamidah. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi ISSN 2580-0922 (online), ISSN 2460-2612 (print) Volume 6, Nomor 02, Tahun 2020, Hal. 214-224.

Zhafira, Nabil Hilmy, SM.,MBAa , Yenny Ertika SE.,M.Sib dan Chairiyaton SE.,M.Sic. 2020. Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen Volume 4 Nomor 1, 2020 ISSN : 2614-2147.




DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v6i1.3351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.