Lanskap Linguistik Kawasan Pusat Pendidikan di Kota Mataram

Desak Made Yoniartini

Abstract


Abstrak: Lanskap Linguistik atau yang di singkat dengan LL merupakan kajian yang tergolong baru dalam bidang sosiologi linguistik. Indonesia sebagai Negara yang sangat besar dan kaya akan berbagai bahasa dan dinamika sosial menjadikan kajian LL dirasa akan berkembang dengan pesat di Indonesia. Kajian Lanskap Linguistik terbagi atas dua fungsi utama yaitu fungsi informasi dan fungsi simbolik. Dengan banyaknya jumlah sekolah dan perguruan tinggi maka tidak salah bawa kawasan ini dikatakan sebagai kawasan pusat pendidikan di kota Mataram. Pemilihan lokasi kawasan pusat pendidikan dipilih memiliki keunikan tersendiri dibandingkan kawasan lainnya di kota Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis deksriptif. Dalam penelitian ini, pengambilan data menggunakan metode simak dan metode dokumentasi. Metode simak digunakan untuk pengambilan data berupa tulisan sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk pengambilan data berupa gambar yang diambil melalui telepon seluler. Semua data diolah dan diberikan kode lalu dipilih berdasarkan siapa yang memproduksi teks tersebut. Kawasan pusat pendidikan di kota Mataram memiliki ciri linguistik tersendiri, terutama yang di produksi oleh swasta di dominasi oleh penggunaan bahasa yang multilingual, hal ini guna menarik perhatian dari konsumen yang merupakan pelajar dan mahasiswa. sedangkan lanskap linguistik yang di produksi oleh pemerintah hampir sama dengan tempat yang lainnya.

Abstract: Linguistics Landscape or short with LL is a relatively new study in the field of sociological linguistics. Indonesia as a country that is very large and rich in various languages and social dynamics makes LL studies feel that it will develop rapidly in Indonesia. Linguistic Landscape Studies are divided into two main functions, namely information functions and symbolic functions. With the large number of schools and colleges, it is not wrong to take this area as the center of education in the city of Mataram. The location of the selected education center has its own uniqueness compared to other areas in the city of Mataram. This study uses a descriptive approach and analysis approach. In this study, data collection used the method of observation and the method of documentation. The method used for data collection is in the form of writing and the documentation method used for data collection is in the form of images taken via cell phones. All data that is processed and coded is then selected based on who produced the text. The educational center area in the city of Mataram has its own linguistic characteristics, especially those produced by the private sector which are dominated by the use of multilingual languages, this attracts the attention of consumers who are students. while the linguistic landscape produced by the government is almost the same as in other places.

Keywords


Lanskap Linguistik Pusat Pendidikan Mataram

Full Text:

PDF

References


Ardhian, Dany dan Soemarlan. 2018. Mengenal Kajian Lanskap Linguistik dan Upaya Penataanya dalam Ruang-Ruang Publik di Indonesia. Hal 170-181. Yayasan Akran Pekanbaru : Jurnal Akrab Juara. Volume 3 Nomor 3 Edisi Agustus 2018.

Erikha, Fajar. 2018. Geliat Aksara dan Bahasa Ganda dalam Papan Nama Jalan di Indonesia. Hal 86-101. Prosiding Seminar dan Lokakarya Penguatan Bahasa Negara. Jakarta : Badan Pengembangan dan Pembinaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hestiyana. 2018. Penggunaan Bahasa pada Papan Nama di Ruang Publik Kabupaten Tanah Laut. Hal 202-216. Prosiding Seminar dan Lokakarya Penguatan Bahasa Negara. Jakarta : Badan Pengembangan dan Pembinaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ibrahim, Abd Syukur. 1995. Sosiolinguistik : Sajian Tujuan, Pendekatan, dan Problem-problemnya. Surabaya : Usaha Nasional.

Jayanti, Arum. 2018. Variasi Lanskap Bahasa Ruang Publik di Yogyakarta. Hal 266-278. Prosiding Seminar dan Lokakarya Penguatan Bahasa Negara. Jakarta : Badan Pengembangan dan Pembinaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kunto, Aribowo Eric. 2018. Ancangan Analisis Bahasa di Ruang Publik : Studi Lanskap Linguistik Kota Surakarta dalam Mempertahankan Tiga Identitas. Hal1-8. Semiloka dan Deklarasi Penguatan Bahasa Negara. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Prasetya, Yoga. 2018. Penataan Lanskap Bahasa di Kawasan Pendidikan Kota Malang. Hal 320-332. Prosiding Seminar dan Lokakarya Penguatan Bahasa Negara. Jakarta : Badan Pengembangan dan Pembinaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rejeki, Sri. 2018. Variasi Penggunaan Bahasa dan Papan Nama Komersil di Ruang Publik Malioboro. Hal 102-111. Prosiding Seminar dan Lokakarya Penguatan Bahasa Negara. Jakarta : Badan Pengembangan dan Pembinaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sitaresni, Ayu. 2009. Tindak Tutur Ekspresif pada Wacana Humor Politik Verbal Tulis “Presiden Guyonan” Butet Kartaredjasa. Universitas Negeri Semarang.

Sumarsono. 2017. Sosiolinguistik. Yogyakarta : SABDA (Lembaga Studi Agama, Budaya dan Perdamaian).

Somantri, Andhika.2016. Analisis Penggunaan Keigo dalam Lingkungan Kerja pada Film Kenchou Omotenashi KA. Perpustakaan. Upi.Edu : Universitas Pendidikan Indonesia.

Wahab, Abdul. 2008. Isu Linguistik : Pengajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya : Airlangga University Press.

Widiyanto, Gunawan. 2018. Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Lanskap Linguistik di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Hal 71-86. Prosiding Seminar dan Lokakarya Penguatan Bahasa Negara. Jakarta : Badan Pengembangan dan Pembinaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Windah Wulandari Sri. 2020. Linguistik Lanskap di Bali : Tanda Multilingual dalam Papan Nama Ruang Publik. Hal 420-429. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra. Vol.3 No.2 April 2020.

Wijana, Dewa Putu dan Muhammad Rohmadi. 2012.. Sosiolinguistik : Kajian Teori dan Analisis. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

http://lombokita.com/papan-nama-jalan-di-mataram-gunakan-tiga-bahasa. Wednesday, ‎June ‎9, ‎2021, ‏‎8:22:12 PM




DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v6i2.6189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.