Penggunaan Taci dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimpulkan Teks Bacaan Siswa Kelas VI SD Negeri 6 Mataram

Siti Aminah

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki tingkat kemampuan siswa dalam menyimpulkan isi teks bacaan siswa kelas VI SDN 6 Mataram. Peneliti menerapkan metode pembelajaran yaitu penggunaan taci (kata kunci) dalam menyimpulkan isi teks bacaan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) metode observasi, (2) metode dokumentasi, dan (3) metode tugas. Sementara itu analisis data menggunakan PAP yang menganggap bahwa kemampuan individu adalah sama. Berdasarkan hasil analisis data  dapat disimpulkan bahwa  dalam pelaksanaan prasiklus diperoleh aspek kemampuan tinggi sebanyak 20 orang atau 58,82%, kemampuan sedang sebanyak 14 orang atau 41,17% dan yang berkemampuan rendah atau 0%. Secara kelompok (IPK) termasuk normal dengan nilai  65,00.  Sementara  itu,  dalam  pelaksanaan  siklus  I diperoleh  kemampuan tinggi sebanyak 27 orang atau 79,41%, kemampuan sedang 7 orang atau 20,58% dan yang berkemampuan rendah tidak ada atau 0%. Secara kelompok (IPK) termasuk  tinggi  dengan  nilai  76,00.  Siklus  II  diperoleh  kemampuan  tinggi sebanyak 33 orang atau 97,05%, kemampuan sedang 1 orang atau 2,94%, dan kemampuan rendah atau 0%. Secara kelompok (IPK) termasuk sangat tinggi dengan nilai 95,00. Berdasarkan data tersebut, pembelajaran menggunakan taci menunjukkan hasil peningkatan yang optimal dari prasiklus, siklus I ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa prasiklus 65,00 menjadi 76,00, dan dari siklus I ke seklus II 76,00 menjadi 97,05 peningkatannya sebesar 21,05. Dengan peningkatan tersebut dapat dikatakan  bahwa penggunaan taci dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimpulkan isi teks bacaan.

 

Abstract: The purpose of this study was to improve the level of students' ability in concluding the contents of the reading texts of class VI SDN 6 Mataram. The researcher applies the learning method, namely the use of taci (key words) in concluding the contents of the reading text. The data collection methods used are (1) the observation method, (2) the documentation method, and (3) the assignment method. Meanwhile, data analysis uses PAP which assumes that individual abilities are the same. Based on the results of data analysis, it can be concluded that in the implementation of the pre-cycle, 20 people or 58.82% of high ability aspects were obtained, 14 people or 41.17% medium ability and 0% low abilities. In the group (GPA) including normal with a value of 65.00. Meanwhile, in the implementation of the first cycle, 27 people or 79.41% had high abilities, 7 people or 20.58% medium abilities and none or 0% low abilities. The group (GPA) is high with a value of 76.00. Cycle II obtained high ability as many as 33 people or 97.05%, medium ability 1 person or 2,94%, and low ability or 0%. The group (GPA) is very high with a value of 95.00. Based on these data, learning using taci showed optimal improvement results from pre-cycle, cycle I to cycle II. This can be seen from the average score of pre-cycle students from 65.00 to 76.00, and from cycle I to second cycle from 76.00 to 97.05 the increase was 21.05. With this increase, it can be said that the use of taci can improve students' ability to conclude the contents of the reading text.


Keywords


Pembelajaran Taci Menyimpulkan Teks Bacaan

Full Text:

PDF

References


Afifuddin dan Saebani, S.A. 2009. Metodologi Penelitian Kulaitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Alwi, H. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi III. Jakarta: Balai Pustaka

Aminuddin. 1987. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Arikunto, (2010) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

________. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Depdiknas. 2004. Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Margono. 2006. Metode Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta

Musaba. 2012. Pendidikan Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

Nurkencana. 2006. Psikologi Pendidikan, Bandung : Alfabeta

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatatif. Jakarta: Rajawali Pers.

M. Asrori. Dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Multi pressindo.

Muslich, Masnur.(2009). Melaksanakan itu Mudah.Malang: Bumi Aksara

Nawawi, Hadari. (2007). Metode Penelitian Bidang Social. Yogyakarta:Gadjah Mada Universitas Press.

Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Ciputat: Gaung Persada Press.

Sudjana, Nana. (1989) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.

Sutopo.H.B. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif Bagian Tiga. Surakarta : Universitas Sebelas Maret Press

Wardani. IGK, dkk. (2002). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka




DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v6i2.6191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.