Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Mahasiswa PPKn Universitas PGRI Semarang
Abstract
Pancasila adalah dasar filsafat negara dan ideologi negara yang menjadi sumber dalam melakukan berbagai aspek kegiatan dalam bermasyarakat. Nilai-nilai dalam Pancasila menjadi pedoman yang memiliki dampak signifikan dalam kehidupan sehari-hari mahasiswa PPKn Universitas PGRI Semarang agar menjadi insan yang baik. Implementasi nilai-nilai Pancasila mendorong terciptanya harmoni, kesatuan, keadilan, dan kesejahteraan dalam mahasiswa PPKn Universitas PGRI Semarang. Oleh karena itu, penting untuk terus mempraktikkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan dan bermasyarakat agar dapat bersosialisasi antar mahasiswa PPKn Universitas PGRI Semarang. Nilai-nilai pancasila menjadi sumber dan pedoman bagi mahasiswa PPKn Universitas PGRI Semarang dalam kehidupan kampus. Penelitian ini akan menggunakan metode penelitian ini melibatkan pengumpulan data dari berbagai sumber, seperti literatur, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Pancasila memainkan peran penting dalam membentuk kehidupan sehari-hari masyarakat di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dan implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari masyarakat terkhusus bagi mahasiswa PPKn Universitas PGRI Semarang.
Pancasila is the basis of state philosophy and state ideology which is a source in carrying out various aspects of activities in society. The values in Pancasila are guidelines that have a significant impact on the daily lives of Civics students at PGRI Semarang University in order to become good people. The implementation of Pancasila values encourages the creation of harmony, unity, justice, and welfare in Civics students of PGRI Semarang University. Therefore, it is important to continue to practice the values of Pancasila in every aspect of life and society in order to socialize among Civics students of PGRI Semarang University. The values of Pancasila become a source and guideline for Civics students of PGRI Semarang University in campus life. This research will use this research method involves collecting data from various sources, such as literature, and observations. The results show that Pancasila values play an important role in shaping the daily lives of people in Indonesia. This research aims to analyze the role and implementation of Pancasila values in the daily life of society, especially for Civics students of PGRI Semarang University
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. S. Savitri and D. A. Dewi, “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan di Era Globalisasi,” Inven. J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 5, no. 2, pp. 165–176, 2021, doi: 10.36456/inventa.5.2.a3549.
V. E. D. Natalia, A. O. S. Pratama, and M. D. Astuti, “Implementation of Pancasila Values in Character Education: A Literature Review,” Int. J. Pedagog. Soc. Stud., vol. 6, no. 1, pp. 35–44, 2021, doi: 10.17509/ijposs.v6i1.32569.
F. C. Adillah, “Implementation of Living Values Education Pancasila Values In the Generation of Indonesians,” QISTINA J. Multidisiplin Indones., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2022, doi: 10.57235/qistina.v1i1.15.
B. Nor, E. T. Djatmika, S. U. M. Widjaja, and H. Wahyono, “Development of Economic Learning Model Based on Pancasila Values.,” Int. J. Instr., vol. 15, no. 1, pp. 259–276, 2022.
N. J. Khoirina, F. H. Al-Majiid, and K. A. Great, “Pancasila character education for millennials in higher education: the future challenges for indonesia in global prespective,” J. Panjar Pengabdi. Bid. Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 55–80, 2022, doi: 10.15294/panjar.v4i1.55019.
S. Fitriasari, I. S. Masyitoh, and Baeihaqi, “The role of pancasila education teachers and citizenship in strengthening character education based on pancasila values,” in Proceedings of the 2nd Annual Civic Education Conference (ACEC 2019), Atlantis Press, 2020, pp. 534–540. doi: 10.2991/assehr.k.200320.101.
J. A. Dewantara, I. F. Suhendar, R. Rosyid, and T. S. Atmaja, “Pancasila as ideology and characteristics civic education in Indonesia,” Int. J. Educ. Vocat. Stud., vol. 1, no. 5, pp. 400–405, 2019, doi: 10.29103/ijevs.v1i5.1617.
Y. Efendi and H. Sa’diyah, “Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam lembaga pendidikan,” JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), vol. 5, no. 1, pp. 54–65, 2020, doi: 10.24269/jpk.v5.n1.2020.pp54-65.
J. B. Kurniawaty and S. Widayatmo, “Membumikan nilai-nilai pancasila dalam dunia pendidikan di Indonesia,” JAGADDHITA J. Kebhinnekaan Dan Wawasan Kebangs., vol. 1, no. 1, 2021, doi: 10.30998/jagaddhita.v1i1.807.
Z. Muttaqin and W. Wahyun, “Pemahaman dan Implementasi Ideologi Pancasila di Kalangan Generasi Muda,” Civ. Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 7, no. 2, pp. 27–35, 2019, doi: 10.31764/civicus.v7i2.1139.
A. Gifari, R. Rispawati, and Y. Yuliatin, “Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam menumbuhkan nasionalisme di lingkungan sekolah Islam (studi di Mts Al-Falah Pancor Dao Lombok Tengah),” J. Pendidik. Sos. Keberagaman, vol. 6, no. 2, 2019, doi: 10.29303/juridiksiam.v6i2.95.
J. Nurhayati and Sufyarma Marsidin, “Strengthening Pancasila Student Profiles In Independent Learning Curriculum In Elementary School,” Int. J. Humanit. Educ. Soc. Sci., vol. 1, no. 6, 2022, doi: 10.55227/ijhess.v1i6.183.
M. Della Ardhani, I. Utaminingsih, I. Ardana, and R. A. Fitriono, “Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” Gema Keadilan, vol. 9, no. 2, pp. 81–92, 2022, doi: 10.14710/gk.2022.16167.
A. Aisah, N. Suryani, and S. S. Fadilah, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan,” in Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 2017.
R. Arifin and L. E. Lestari, “Penegakan dan Perlindungan Hak Asasi manusia di Indonesia dalam konteks implementasi sila kemanusiaan yang adil dan beradab,” J. Komun. Huk., vol. 5, no. 2, pp. 12–25, 2019, doi: 10.23887/jkh.v5i2.16497.
C. N. Sabrina, “Artikel Persatuan Indonesia Sila Ketiga,” Center for Open Science, 2022. doi: 10.31219/osf.io/u3bjz.
DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v12i2.16371
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_________________________________________________________
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906
_______________________________________________
![]() | CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
______________________________________________
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:
CIVICUS Editorial Office: