Pengaruh Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kampung Bharu Malaysia

Riska Naiborhu, Syamsuyurnita Syamsuyurnita

Abstract


Permasalahan penelitian ini ialah rendahnya kemampuan membaca pada Sekolah Dasar (SD), padahal membaca menjadi salah satu peran penting pada hidup. Membaca ialah proses memahami dan menginterpretasikan simbol-simbol atau teks yang menulis, untuk memperoleh informasi, pengetahuan, atau hiburan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) terhadap kemampuan membaca siswa Sanggar Bimbingan Kampung Bharu Malaysia. pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode eksperimen, kemudian pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi dengan menggunakan lembar observasi. Sampel pada penelitian ini adalah 8 siswa kelas II Sanggar Bimbingan Kampung Bharu. sedangkan teknik analisis datanya yaitu menggunakan uji expert judmgment dan uji hipotesis. Data yang Diperoleh menggunakan uji hipotesis untuk memberikan pendekatan efektivitas yang diterapkan. Diketahui akibat uji statistik menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) 0,000, yang lebih kecil dari0,05. Hal ini telah diterima juga tidak diterima.dengan demikian, dapat disimpulkan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) mempunyai efek yang signifikan terhadap kemampuan membaca peserta didik pada Sanggar Bimbingan Kampung Bharu, Malaysia.

The problem of this study is the low reading ability in Elementary Schools (SD), whereas reading is one of the important roles in life. Reading is the process of understanding and interpreting symbols or written texts, to obtain information, knowledge, or entertainment. The purpose of this study was to determine the effect of the Teaching at The Right Level (TaRL) approach on the reading ability of students at Sanggar Bimbingan Kampung Bharu Malaysia. quantitative approach and using experimental methods, then data collection used was observation using observation sheets. The sample in this study was 8 students of class II Sanggar Bimbingan Kampung Bharu. while the data analysis technique used expert judgment and hypothesis testing. The data obtained used a hypothesis test to provide an effective approach that was applied. It is known that the results of the statistical test showed that the sig value (2-tailed) was 0.000, which was smaller than 0.05. This has been accepted and not accepted. Thus, it can be concluded that the Teaching at The Right Level (TaRL) approach has a significant effect on the reading ability of students at Sanggar Bimbingan Kampung Bharu, Malaysia


Keywords


Kemampuan; Membaca; Pendekatan; Teaching at the Right Level

Full Text:

PDF

References


Abadiyah, R. (2016). Pengaruh Budaya Organisasi, Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai Bank di Surabaya. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Perbankan), 2(1), 49–66. https://doi.org/10.21070/jbmp.v2i1.837

Alvi, & Basri, A. (2023). Penggunaan Metode Sas (Struktural Analisis Sintetik) dengan Berbantuan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SD Negeri 19 Asam Jawa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 22290–22299.

Andi Riyanto. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Price Discount Terhadap Kepuasan Pelanggan. Kepuasan Pelanggan, 19.

Arwita Putri, Riris Nurkholidah Rambe, Intan Nuraini, Lilis Lilis, Pinta Rojulani Lubis, & Rahmi Wirdayani. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(2), 51–62. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i2.1984

Aulia, D., Firman, F., & Desyandri, D. (2023). Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Canva Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 32–41. https://doi.org/10.24929/alpen.v7i1.181

Beno, J., Silen, A. ., & Yanti, M. (2022). Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa, dan Jenis-Jenis Sekolah Luar Biasa. Braz Dent J., 33(1), 1–12.

Bungsu, A. P., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 522. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.40796

Dewi, S. M., Prawiyogi, A. G., Anwar, A. S., & Wahyuni, C. S. (2021). Efektivitas Strategi Direct Reading Thingking Activities terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 453–455. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.786

Djollong, A. F. (2014). Teknik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif (Technique of Quantiative Research). Istiqra’, 2(1), 86–100.

Eko Wahyu Saputro, Ani Rakhmawati, & Reni Sunarso. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Surakarta. BLAZE : Jurnal Bahasa Dan Sastra Dalam Pendidikan Linguistik Dan Pengembangan, 2(1), 179–192. https://doi.org/10.59841/blaze.v2i1.920

Fita Endah Pratiwi, Afriatun Afriatun, & Anggun Badu Kusuma. (2024). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Problem Based Learning Terintegrasi TaRL pada Siswa Kelas IV SD Negeri Datar. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(3), 165–174. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i3.2443

Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.2

Huljannah Arianto, M., Sabani, F., Rahmadani, E., Sukmawaty, S., Guntur, M., & Irfandi, I. (2024). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 23–31. https://doi.org/10.54069/attadrib.v7i1.711

Kristanto, Saragih, M., & Triyanti Purba, D. (2024). Pengaruh Perencanaan Sumber Daya Manusia, Rekrutmen Dan Seleksi Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Sumber Aksara Mas. Manajemen: Jurnal Ekonomi, 6(1), 55–66. https://doi.org/10.36985/qn79b341

Maulana, A. (2022). Analisis Validtas, Reliabilitas, dan Kelayakan Instrumen Penilaian Rasa Percaya Diri Siswa. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(3), 133–139. https://doi.org/10.51651/jkp.v3i3.331

Millah, A. S., Apriyani, Arobiah, D., Febriani, E. S., & Ramdhani, E. (2023). Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 140–153.

Millah, H., & Suryana, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Karyawan Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi Kasus Pada Alfamart Di Desa Karangbong Kecamatan Pajarakan ). 6(2), 134–142.

Ningsyih, S., Yuliance, S., Haryati, M. S., Syarifudin, Zulharman, & Ahyar. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Melalui Pembelajaran TaRL pada Program Gemar Literasi Sekolah Dasar. STKIP Taman Siswa Bima, 1–5. http://semnas.tsb.ac.id/index.php/prosiding/article/view/142%0Ahttp://semnas.tsb.ac.id/index.php/prosiding/article/download/142/95

Putranto, muhammad noval. (2020). Tinjauan Operasional Bagian General Affair Pada Pt . Kamadjaja Logistics. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta, 5.

Putri, A. R., Ardianti, S. D., & Ermawati, D. (2022). Model Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1192–1199. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3162

Rahayu, W., Winoto, Y., & Rohman, A. S. (2016). Kebiasaan Membaca Siswa Sekolah Dasar (Survei Aspek Kebiasan Membaca Siswa SD Negeri 2 Pinggirsari di Desa Pinggirsari Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung). Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 4(2), 152–162. https://doi.org/10.24252/kah.v4i25

Rahmah, N. N., & Amaliya, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 738–745. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2581

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

RIMANG, S. S., USMAN, H., & MANSUR, M. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching At the Right Level and Culturally Responsive Teaching Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Ix Andi Page Smpn 1 Segeri Pangkep. LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(4), 158–166. https://doi.org/10.51878/language.v3i4.2641

Riyanti, A. (2021). Keterampilan Membaca. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 175–184. http://dx.doi.org/10.31227/osf.io/mfyhe

Sholikah, S. K., Sunarti, S., & Masfingatin, T. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berkolaborasi Siswa SMP Melalui Model PJBL dengan Pendekatan TARL. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 9(1), 47–58. https://doi.org/10.18592/ptk.v9i1.9400

sopi paris, jusmawati, samsul alam. (2018). Selecta education. Meningkatkan Keaktifan Belajar Ipa Melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir Dan Model Tebak Kata Sopi, 1(2), 111–125.

Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305




DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v13i1.29872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

_______________________________________________

 

Creative Commons License

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:


 
     


CIVICUS Editorial Office: