Pengaruh LKPD Berbasis Teaching at the Right Level Terhadap Kemampuan Literasi Siswa Kepong Malaysia

Nofri Pasona Hasibuan, Suci Perwita Sari, Ismail Saleh Nasution

Abstract


Rendahnya kemampuan siswa dalam literasi dasar, terutama mereka yang baru mulai membaca, menjadi dasar penelitian ini. Dasar untuk memperoleh pengetahuan lainnya adalah literasi dasar. Membaca, menulis, dan pemahaman informasi adalah contoh keterampilan literasi dasar yang merupakan pondasi awal yang sangat penting untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Lembar Kerja Siswa (LKPD) yang berbasis pada strategi Teaching at the Right Level (TaRL) dapat memengaruhi kemampuan membaca awal siswa sekolah dasar (SD) di Sanggar Bimbingan Kepong, Kuala Lumpur, Malaysia. Dengan mengadaptasi materi ajar ke tingkat keterampilan siswa, teknik TaRL berupaya meningkatkan pemahaman membaca awal. Penelitian ini menggunakan metodologi eksperimen kuantitatif dengan desain pre-test dan post-test. Sampel penelitian terdiri dari sepuluh siswa kelas dua dari Sanggar Bimbingan Kepong di Kuala Lumpur, Malaysia. Pendekatan analisis data kemudian menggunakan uji hipotesis (paired sample t test) dan uji validitas (expert judgement). Uji hipotesis digunakan untuk mengumpulkan data dan memberikan taktik yang berguna. Diketahui bahwa hasil uji statistik memiliki nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05. Penolakan dan penerimaan menjadi bukti untuk ini. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa keterampilan literasi membaca awal anak-anak Sanggar Bimbingan Kepong Kuala Lumpur, Malaysia dipengaruhi secara signifikan oleh LKPD, yang berbasis TaRL

 

The low ability of students in basic literacy, especially those who are just starting to read, is the basis of this study. The basis for obtaining other knowledge is basic literacy. Reading, writing, and understanding information are examples of basic literacy skills which are very important initial foundations for studying other disciplines. This study aims to determine how Student Worksheets (LKPD) based on the Teaching at the Right Level (TaRL) strategy can affect the fundamental reading skills of elementary school students (SD) at Sanggar Bimbingan Kepong, Kuala Lumpur, Malaysia. By adapting teaching materials to students' skill levels, the TaRL technique seeks to improve early reading comprehension. This study used a quantitative experimental methodology with a pre-test and post-test design. The research sample consisted of ten second-grade students from Sanggar Bimbingan Kepong in Kuala Lumpur, Malaysia. The data analysis approach then used a hypothesis test (paired sample t test) and a validity test (expert judgment). Hypothesis testing is used to collect data and provide useful tactics. It is known that the results of the statistical test have a sig value (2-tailed) of 0.000, which means less than 0.05. Rejection and acceptance are evidence for this. Therefore, it can be concluded that the early reading literacy skills of children of Sanggar Bimbingan Kepong Kuala Lumpur, Malaysia are significantly influenced by LKPD, which is based on TaR.


Keywords


Literasi dasar; Membaca permulaan; Pendekatan; Teaching at the Right Level

Full Text:

PDF

References


Aggraeni, R. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Papan Flanel Pada Anak Effort For Improving Beginning Reading Ability Through The Usage Of Flannel Board Media T0 Children (Skripsi). 1–12.

Apriyantini, N. P. D., & Sukendra, I. K. (2023). Penerapan Teaching at the Right Level ( TaRL ) Berbantuan E-LKPD Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pendahuluan. Widyadari : Jurnal Pendidikan Diterbitkan Oleh LP3M Universitas PGRI Mahadewa Indonesia, 24(2), 220–229. https://doi.org/10.59672/widyadari.v24i2.3186

Astuti, A. W., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2021). Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 73–81. http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i1.11958

Citra, Z., Asrial, A., & Anggereini, E. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Saintifik pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 232–243. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1789

EnyNirmayani, L. H. (2022). Kegunaan Aplikasi Liveworksheet Sebagai LKPD Interaktif Bagi Guru-Guru SD di Masa Pembelajaran Daring Pandemi Covid 19. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 9. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2295

Ferucha, N. A. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bagi Siswa Sekolah Dasar. Education Journal of Indonesia, 3(November), 36–43. https://doi.org/10.30596/eji.v3i2.3206

Hadiana, L. H., Hadad, S. M., & Marlina, I. (2018). 3 1,2,3. Didaktik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IV(2), 212–242.

Hidayatni, N., & Fathani, A. H. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran PBL Disertai Pendekatan TaRL dan Komponen CASEL. Mathema Journal, 5(2), 312–324. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/3576

Kasus, S., Siswa, P., Belajar, B., & Madrasah, R. (2022). Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Dengan Metode Adabta Melalui Pendekatan Tarl. 4(1), 180–189. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.580

Komalasari, A. S., & Riani, D. (2023). Edukasi Manfaat Literasi Membaca Dan Menulis Di Smk Pgri 3 Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat UIKA Jaya: SINKRON, 1(2), 82. https://doi.org/10.32832/jpmuj.v1i2.1909

Rahmat, L. D., Amalia, A. R., & Lyesmaya, D. (2024). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Metode Tebak Gerakanku di Kelas 1 SD Negeri Anggarudin Kecamatan Nagrak. Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 896. https://doi.org/10.35931/am.v8i2.3424

Rohani, Merta, I. W., & Wijayanti, T. S. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII MIPA 1 Melalui Penerapan Pendekaran Teaching at the right Level (TaRL) di SMA Negeri 1 Labuapi. Jurnal Kependidikan, 8(2), 90–95.

Rokmana Rokmana, Endah Noor Fitri, Dian Fixri Andini, Misnawati Misnawati, Alifiah Nurachmana, Ibnu Yustiya Ramadhan, & Syarah Veniaty. (2023). Peran Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 129–140. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.960

Sanisah, S., Edi, Mas’ad, Darmurtika, L. A., & Arif. (2023). Pendampingan Implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at The Righat Level) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Murid. JCES: Jurnal of Character Education Society, 6(2), 440–453.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). 1–781.

Syarifudin, Yulianci, S., Ningsyih, S., Hidayah, M. S., Mariamah, & Irfan. (2022). Pengaruh pembelajaran dengan metode Teaching at The Right Level ( TaRL ) terhadap kemampuan literasi dasar siswa. Seminar Nasional Inovasi, 22–27. http://semnas.tsb.ac.id/index.php/prosiding/article/view/147

Umbaryati, U. (2016). Pentingnya LKPD pada pendekatan scientific pembelajaran matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 217–225. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21473%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/download/21473/10157




DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v13i1.29999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

_______________________________________________

 

Creative Commons License

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:


 
     


CIVICUS Editorial Office: