Pengaruh Model Pembelajaran PAMER Berbantuan Media E-book Pada Pendidikan Pancasila Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Pare’-Pare’ Kabupaten Gowa

Juliana Juliana, Abdul Azis, Fitri Yanti Muchtar

Abstract


Identifikasi masalah dalam penelitian ini yaitu penggunaan model pembelajaran yang kurang interaktif dan masih bersifat konvesional yang digunakan guru, kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran serta mininnya penggunaan media interaktif yang dapat meningkatkan pemahaman hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PAMER berbantuan media e-book terhadap dan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Pare’- Pare’ Kabupaten Gowa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksprimen dengan bentuk pretest postetst Control groub desaign. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SD Inpres Pare’- Pare’ Kelas V A dan V B. Jumlah soal keseluruhan yaitu 10 soal, tes pilihan ganda dengan jumlah 10 soal.. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar pendidikan pancasila siswa setelah menggunakan model pembelajaran PAMER berbantuan media e-book  pada kelas eksperimen diperoleh tinggi nilai rata-rata dari 55.23 menjadi 84.09. Sedangkan kelas control mengalami penurunan nilai rata-rata dari 62.63 menjadi 45.50, yang berarti metode pembelajaran konvensional kurang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa.


This study aims to determine the effect of the PAMER learning model assisted by e-book media on the motivation and learning outcomes of class V students of SD Inpres Pare'-Pare', Gowa Regency. With the research problem "What is the effect of the PAMER learning model assisted by e-book media on the motivation and learning outcomes of class V students of SD Inpres Pare'-Pare', Gowa Regency?" The method used in this study is the Quasi Experiment method with a pretest posttest Control group design. The sample in this study were students of SD Inpres Pare'-Pare' Class V A and V B. The total number of questions is 10 questions, multiple choice tests with a total of 10 questions. Based on the results of the study, it shows that the learning outcomes of students' Pancasila education after using the PAMER learning model assisted by e-book media in the experimental class obtained a high average value from 55.23 to 84.09. While the control class experienced a decrease in the average value from 62.63 to 45.50, which means that conventional learning methods are less effective in improving student understanding.


Keywords


Model Pembelajaran PAMER; Media e-book; Hasil Belajar; Pendidikan Pancasila

Full Text:

PDF

References


Andikaningrum, L., Damayanti, W., & Dewi, C. (2014). Efektivitas E-Book Berbasis Multimedia Menggunakan Flip Book Maker sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa (Studi Kasus pada Mata Pelajaran TIK Kelas XI SMA Kristen Satya Wacana Salatiga). (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi FTI-UKSW). Universitas Kristen Satya Wacana: Tidak Dipublikasikan.

Apriansyah, M. R., Sambowo, K. A., & Maulana, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran video berbasis animasi mata kuliah ilmu bahan bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905

Azis, A. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran PPkn Berbasis Budaya Siri’Na Pacce Di Sekolah Dasar Untuk Menumbuhkan Karakter Peserta Didik. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Azis, A., Fariza, A. A., Saleh, S. F., Bahar, E. E., & Rinaldi, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PAMER Berbantuan Video Animasi Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar PPKn pada siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 13(1), 90–97. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v13i1.16778

Fariza, A. A., & Sugiati, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PAMER Berbantuan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Di Kelas IV SD Negeri Gunung Sari II. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, 2(2), 189–198.

Handiyani, M., & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogik-Filosofis. Jurnal Basicedu, 6(2), 5817–5826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3116

Irawati, E., & Susetyo, W. (2017). Implementasi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Di Blitar. Jurnal Supremasi, 3.

Nurlianna, N., Azis, A., & Syamsuriyanti, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar PPKN dan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Pamer Pada Siswa Kelas V SDN NO 145 INPRES BAYOWA Kabupaten Takalar. Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafatan Filsafat, 1(3), 17–29.

Pratiwi, N. T. (2021). Analisis Implementasi Pendidikan Pancasila Sebagai Pendidikan Karakter di SD Negeri 002 Tanjungpinang Barat. Journal of Educational Developmenta, 2(3), 439–449. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681214

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alphabeta.

Syam, A. K., & Taqwa, R. A. (2025). Implementasi Model Pembelajaran Pamer Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Riset Evaluasi Pendidikan, 2(1), 422–429. https://doi.org/10.51574/jrep.v2i1.2643

Uyun, Q. (2022). Pengembangan Media E-Book Audio Visual Menggunakan Flipbook Materi Trigonometri Kelas Xi Ipa Berbasis Hybrid Learning. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(1), 8–17. https://doi.org/10.51878/secondary.v2i1.827




DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v13i1.30274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

_______________________________________________

 

Creative Commons License

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:


 
     


CIVICUS Editorial Office: