Muatan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Falsafah Hidup Masyarakat Sasak “Lombok Mirah Sasak Adi”
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menunjukkan keterkaitan antara muatan nilai pancasila dengan falsafah hidup masyarakat Sasak Lombok Mirah Sasak Adi (kejujuran adalah permata yang utama), sebagai sistem nilai utama yang melandasi berbagai pola perilaku, produk kebudayaan serta tradisi masyarakat Sasak. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review, data-data diperoleh dengan melakukan analisa terhadap muatan informasi dari berbagai literatur dengan menggunakan panduan protokol PRISMA. Langkah penelitian diawali dengan merumuskan topik penelitian, kemudian mencari informasi dan data yang dibutuhkan melalui artikel-artikel ilmiah yang bersumber dari google scholar, scopus, dan berbagai website jurnal. Selanjutnya dilakukan analisis terhadap hasil ataupun temuan penelitian yang menunjukan adanya keterkaitan atau relevansi antara nilai-nilai Pancasila dengan falsafah hidup masyarakat Sasak .Hasil analisis diantaranya bahwa muatan nilai-nilai setiap sila dalam pancasila telah termuat dalam falsafah Lombok Mirah Sasak Adi khususnya dalam 3 lapisan nilai turunannya, yakni nilai Tindih (hubungan manusia dengan Tuhan) yang memuat nilai-nilai dalam sila pertama, kemudian Maliq (hubungan antar sesama manusia) yang memuat nilai-nilai dalam sila kedua dan sila kelima, kemudian Merang (peran individu dalam masyarakat) yang memuat nilai-nilai sila ketiga dan keempat. Selain itu berbagai mutan nilai pancasila juga termanifestasi dan termuat dalam berbagai produk budaya, pola perilaku dan keseharian masyarakat Sasak.
Pancasila as the philosophy and foundation of the state is a crystallization of various cultures and traditional knowledge of Indonesia. However, efforts to advance its relevance and to use various cultural aspects to introduce the values in Pancasila have not yet been optimally implemented. Therefore, this research is conducted to explore and demonstrate the relevance between the values in Pancasila and the life philosophy of the Sasak community of Lombok Mirah Sasak Adi. This study uses a systematic literature review approach following the PRISMA protocol to analyze 291 articles obtained from the Scopus database, Google Scholar, and various journal websites. Through a meticulous selection process, only 32 articles met the established inclusion criteria and were deemed suitable for further analysis. The results of this study indicate that the values of each principle in Pancasila are contained within the philosophy of Lombok Mirah Sasak Adi, particularly in its three layers of derivative values: Tindih value (the relationship between humans and God) which encompasses the values of the first principle, Maliq value (the relationship between humans) which encompasses the values of the second and fifth principles, and Merang value (the role of individuals in society) which encompasses the values of the third and fourth principles. The findings of this research are very important in efforts to strengthen the public's understanding of Pancasila values and also serve as a foundation for the implementation of Pancasila education to be more optimal and provide a deeper understanding.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Acim, S. A., & Rahman, R. (2023). Toleransi Beragama Berbasis Kearifan Lokal di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat. Jurnal Keislaman, 6(1), 78–89. https://doi.org/10.54298/jk.v6i1.3603
Al Muchtar, S., & Iswandi, D. (2018). The paradigm of value ideology of pancasila as the basis of citizenship education in the global perspective. In Annual Civic Education Conference (ACEC 2018) (Pp. 488-492). Atlantis Press.
Alditia, L. M., & Nurmawanti, I. (2023). Ethnopedagogical Content in the Traditional Art of Sasak Ethnic Group: Gendang Beleq. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 17(1), 1–15. https://doi.org/10.30863/didaktika.v17i1.4533
Alghifari, L. M. M., Dahlan, D., Sumardi, L., & Yuliatin, Y. (2022). Tradisi Patus Masyarakat Suku Sasak. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 10(2), 6–11.
Amri, S. R. (2018). Jurnal Voice of Midwifery Pancasila Sebagai Sistem Etika Pancasila as an Ethical System. Jurnal Voice of Midwifery, 08(01), 760–768.
Anggraini, N., Dahlan, D., & Haslan, M. (2018). Nilai-Nilai Pancasila dalam Merariq pada Masyarakat Sasak. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5(1), 158–170. https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v5i1.81
Apriawan, A., & Hilmi, M. Z. (2022). Makna pertunjukan kesenian gendang beleq pada masyarakat sasak kontemporer di desa Bujak Kecamatan Batukliang Lombok Tengah. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(1)(3), 209–222.
Ardiyanti, S., & Hanip, S. P. N. (2022a). Pendidikan Nilai Melalui Bahan Ajar Muatan Lokal. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 6(2), 50–64.
Ardiyanti, S., & Hanip, S. P. N. (2022b). Pendidikan nilai melalui bahan ajar muatan lokal Budaya Sasak pada anak usia dini di Lombok. PENDIDIKAN NILAI, 6(2).
Aritonang, A. (2021). Pandangan agama-agama terhadap sila pertama pancasila. Pengarah: Jurnal Teologi Kristen, 3(1), 56–72. https://doi.org/https://doi.org/10.36270/pengarah.v3i1.44
Arsy, I. S. (2024). Eksistensi nilai pancasila dan pendidikan politik yang hilang dalam masyakat. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(4), 111–116. https://doi.org/https://doi.org/10.56393/decive.v4i4.2077
Astuti, N. R. W., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi, Pentingnya Dalam, Nilai-nilai Pancasila. Journal Education, Psychology and Counceling, 3(1), 41–29.
Boiliu, N. I., Sihombing, A. F., Sampaleng, D., Widjaja, F. I., & Simanjuntak, F. (2022). Human rights: the convergence of the second sila of pancasila and hans kung’s global ethics in indonesia. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 78(4). https://doi.org/https://doi.org/10.4102/hts.v78i4.6933
Dawani, D. W., Nur, A., & Harahap, M. I. (2024). Contribution of islamic figures in the formulation of pancasila. Scaffolding:Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 875–890. https://doi.org/https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.4119
Fadhila, H. I. N. and Najicha, F. U. (2021). Pentingnya memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai pancasila di lingkungan masyarakat. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 4(2), 204–212. https://doi.org/https://doi.org/10.47080/propatria.v4i2.1303
Faizah, S. N., Dina, L. N. A. B., & Anggraini, A. E. (2023). Realize tolerant students through strengthening the profile of pancasila students with global diversity in elementary schools. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 15(1), 439–452. https://doi.org/https://doi.org/10.37680/qalamuna.v15i1.2149
Fakihuddin, L., & Hamzanwadi, U. (2018). Relasi Antara Budaya Sasak Dan Islam : Sebasa : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 89–105.
Fathiniah, K., & Oktarina, S. (2023). Implementasi Pancasila sebagai identitas nasional dalam menghadapi globalisasi. The Indonesian Journal of Politics and Policy (Ijpp), 5(1), 223–233.
Fatmahandayani, S. I., Anggraeni, P., Haromain, N., & Komalasari, M. A. (2019). Konstruksi Solidaritas Sosial Besiru Masyarakat Di Desa Sembalun Bumbung. Jurnal Warta Desa (JWD), 1(2), 149–167. https://doi.org/10.29303/jwd.v1i2.47
Fauziah, P. N., Sumardi, L., Fauzan, A., & Zubair, M. (2023). Eksplorasi Potensi Kearifan Lokal Sasak sebagai Sumber Belajar PPKn Sekolah Menengah Pertama Kelas IX. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2443–2453.
Fauziah, F. N., Saddhono, K., & Suryanto, E. (2023). Implementation of Local Wisdom-Based Indonesian Learning to Strengthen Pancasila Student Profiles (P5): Case Studies in Vocational High Schools. Journal of Curriculum and Teaching, 12(6), 283–297. https://doi.org/10.5430/jct.v12n6p283
Fazalani, R. (2018). Tradisi Bau Nyale Terhadap Nilai Multikultural Pada Suku Sasak. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 162–171.
Febriyansah, W., Rejeki, S., & Mayasari, D. (2023). Persfektif Kebinekaan dalam Masyarakat Adat Sasak. In Seminar Nasional Paedagoria (Vol. 3, Pp. 496-502)., 3, 496–502.
Habibudin, H. (2020). NILAI KEARIFAN LOKAL SASAK DALAM PERSEKOLAHAN DI LOMBOK TIMUR. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 7(1)(1), 44–65. https://www.e-ir.info/2018/01/14/securitisation-theory-an-introduction/
Halid, W., Guna, U. M. S. S. S., Islam, M. G. M. P., & Islam, K. B. K. (2016). Bimbingan Konseling Berbasis Kearifan Lokal Di Kab. Lombok Barat. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).
Hamim, K., Iskandar, M., & Azizurrohman, M. (2022). Interfaith Marriage in North Lombok: Sociological Perspective of Islamic Law. Khazanah Hukum, 4(2), 129–138.
Herlina, L. (2021). Nilai-Nilai Resolusi Konflik Berbasis Kearifan Lokal dalam Semboyan Patut Patuh Patju Masyarakat Lombok Barat NTB. Politea: Jurnal Politik Islam, 4(1), 161–175.
Hutabarat, D. T. H., Sutta, R. R. A., Wardana, W. H., Fadila, Z. N., Sapahira, P., & Tanjung, R. (2022). Memahami filsafat pancasila sebagai pandangan hidup ideologi & dasar negara. Journal of Humanities, Social Sciences and Business (Jhssb), 1(2), 19–26. https://doi.org/https://doi.org/10.55047/jhssb.v1i2.72
Istiqamah, Mugnisjah, W. Q., & Gunawan, A. (2020). Model Design of Traditional Settlement of Sasak Limbungan, East Lombok Regency, West Nusa Tenggara. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 501(1), 1–11. https://doi.org/10.1088/1755-1315/501/1/012038
Jagom, B. and Juhani, S. (2023). Korelasi peribahasa neka behas neho kena, neka koas neho kota pada masyarakat manggarai dengan sila ketiga pancasila. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 11(1), 70–80. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i1.9224
Jalilah, N. L. (2019). Konstruksi Model Perlindungan Perempuan Berbasis Kearifan Lokal dalam Tradisi Masyarakat Pedalaman. Qawwam, 12(2), 113–131. https://doi.org/10.20414/qawwam.v12i2.793
Johan Bachry, E. (2023). Kajian Filsafat Kebudayaan Pertanian Di Pulau Lombok Philosophy Of Agricultural Culture In Lombok Island Johan Bachry 1* , Efendy 1 1. JURNAL AGRIMANSION, 24(1), 236–241.
Kariyadi, D. and Suprapto, W. (2017). Membangun kepemimpinan berbasis nilai-nilai pancasila dalam perspektif masyarakat multikultural. Citizenship : Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 86. https://doi.org/https://doi.org/10.25273/citizenship.v5i2.1560
Kusdarini, E., Sunarso, S., & Arpannudin, I. (2020). The implementation of pancasila education through field work learning model. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(2), 359–369. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.31412
M, A. (2022). Ethos, Pathos, Logos Dan Komunikasi Publik: A Systematic Literature Review. Jurnal Darma Agung, 30(3), 442.
Majdi, Z. (2018). Pola Asuh Keturunan Bangsawan Lalu-Baiq Budaya Lombok dalam Membentuk Karakteristik Anak melalui Layanan Bimbingan dan Konseling. Satya Widya, 34(1), 13–21. https://doi.org/10.24246/j.sw.2018.v34.i1.p13-21
Mandalika, M. (2019). Analisis Nilai-Nilai Kependidikan Dalam Sesenggak Sasak Pada Masyarakat Desa Batu Jangkih Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Ulul Albab, 23(1), 66–76.
Maryono, M., Budiono, H., Sastrawati, E., & Pamela, I. S. (2023). Sociocultural-based subject-specific-pedagogy as an effort to strengthen the pancasila student profile. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 12(4), 636–646. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v12i4.68642
Mayasari, A., Marmoah, S., & Murwaningsih, T. (2021). Internalization Of Pancasila Values Based On Local Wisdom" Jaranan Turangga Yaksa" In Elementary School. Journal Pendidikan Dasar, 9(1), 80–95.
Mulianah, B. (2021). islam lombok : prakik pendidikan moderas di pulau seribu masjid.
Murdi, L. (2018). Spirit Nilai Gotong Royong dalam Banjar dan Besiru Pada Masyarakat Sasak Lombok. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 2(1), 31–34.
Nayla, M. R., Paiman, P., & Sulaeman, E. F. (2022). Ppkn subjects changed to pancasila education, how is it implemented? Jurnal Multidisipliner Bharasa, 1(1), 01-11. https://doi.org/https://doi.org/10.56691/jurnalmultidisiplinerbharasa.v1i1.240
NidyaTajsgoani, Olviyana Rachmaning Fitri, Farhan Iqbal Aji, D. A. (2022). Falsafah Pancasila Sebagai Landasan Pembangunannasional di Indonesia. Lentera Pancasila : Jurnal Riset Hukum Dan Pancasila, 1(2), 107–118.
Niswatul Hasanah, Muhammad Hafizin, dan Hadiyaturrido. (2021). Simbol Dan Makna Dalam Budaya “Mandiq Lelayu” Suku Sasak (Kajian Semiotik Kultural). Journal of Mandalika Literature, 2(3), 28–34. https://doi.org/10.36312/jml.v2i3.874
Nurfatimah, S. A., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai Pancasila Dalam Menumbuhkembangkan Wawasan Kebangsaan Di Kehidupan Bangsa Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 176–183.
Nurhidayat, N., Zubair, M., Sawaludin, S., & Yuliatin, Y. (2023). Tradisi “Rebo Bontong” Dalam Membentuk Civic Culture Masyarakat Sasak Desa Pringgabaya Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 752–761. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1228
Octavian, W. A. (2018). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk brought to you by CORE provided by Universitas Sriwijaya (UNSRI): E-Journal Urgensi Memahami Dan Mengimplementasikan Nilai- Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari Sebagai Sebuah Bangsa. 124 Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, VOLUME 5, 127.
Oktaviana, P. D., Kawuryan, S. P., & Saptono, B. (2023). The Implementation of Pancasila Values in Civics Learning in the Digital Era. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(3), 384–395.
Pratama, D. A., Ginanjar, D., & Solehah, L. S. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari Sebagai Pendidikan Karakter Di Mts. Darul Ahkam Sukabumi. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 78–86.
Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.951
Raden Sudarwo1, Lalu Parhanuddin2, Mujiburrahman3, K. A. (2023). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Etnis Sasak (Studi Kasus Kehidupan Komunitas Suku Sasak Di Desa Mengkulu Kecamatan Sakra Barat, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat). NBER Working Papers, 6, 89. http://www.nber.org/papers/w16019
Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar: Literature Review. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 151–156. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1663
Rasyid, A., Asrianti, A., Putri, O. Y., Fauzan, M. F., & Sandy, M. F. (2024). Nilai nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Jurnal Syntax Admiration, 5(3), 927–930. https://doi.org/https://doi.org/10.46799/jsa.v5i3.1068
Sabirin. (2012). Filsafat pendidikan islam dalam tradisi sasak. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman El-Hikam, V(2), 37–56.
Safitri, A., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila sebagai Pedoman Generasi Milenial dalam Bersikap di Media Sosial. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 78–87.
Sahabudin, S., & Adipta, M. (2022). Aktualisasi nilai-nilai kearifan lokal suku sasak ( tradisi Banjar ) sebagai penguat integritas bangsa. Jurnal Pendidikan, Sainsn Sosial, Dan Agama, 8(1), 141–148. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.464
Sakban, A., & Resmini, W. (2018). Kearifan Lokal (Sasambo) sebagai pedoman Hidup Masyarakat Multikultural dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia. Prosiding ISSN: 2623-0291, 0(September), 61–71. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/Prosiding/article/view/380/366
Saputra, A. G., Juliansyah, S. C., & Athayla, S. (2023). Pendidikan Pancasila dalam Era Multikulturalisme: Membangun Toleransi dan Menghargai Keberagaman. Advanced In Social Humanities Research, 1(5), 573–580.
Sari, N., Zubair, M., Sawaludin, S., & Alqadri, B. (2023). Civic Culture dalam Ritual Bebubus Batu Pada Masyarakat Suku Sasak. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 560–568. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1217
Siswanto, S. (2019). Pancasila sebagai pengawal solidaritas kebangsaan. Jurnal Pertahanan Dan Bela Negara, 9(1), 109–124.
Sudarwo, Raden, Lalu Parhanuddin, Mujiburrahman Mujiburrahman, and K. A. (2023). “Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Etnis Sasak (Studi Kasus Kehidupan Komunitas Suku Sasak Di Desa Mengkulu Kecamatan Sakra Barat, Kabupaten Lombok Timur, NusaTenggara Barat).” Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 6(2), 407–24.
Sukenti, K., Hakim, L., Indriyani, S., & Purwanto, Y. (2019). Ethnobotany of Sasak traditional beverages as functional foods. Indian Journal of Traditional Knowledge (IJTK), 18(4), 775–780.
Sukmana. (2021). Pengimplementasian Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sosial dan Budaya di Indonesia. EduPsyCouns Journal: Journal of Education, Psychology, and Counseling, 3(1), 128–134.
Sukri, M. (2013). Fungsi Naskah Prudak Sina Dalam Kehidupan Masyarakat Sasak Dalam Perspektif Nilai Agama Dan Pendidikan. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 16(1), 16–34. https://doi.org/10.24252/lp.2013v16n1a2
Tirtoni, F. (n.d.). Implementation of Pancasila education learning through an ethnopedagogical-based cooperative learning approach using Canva media. 1–10.
Udin, J. and Nawawi, E. (2023). Penghayatan nilai pancasila dalam menguatkan karakter dan identitas manusia indonesia di sma negeri 2 palembang. Jurnal Pengabdian West Science, 2(2), 150–161. https://doi.org/https://doi.org/10.58812/jpws.v2i02.206
Utaminingsih, E. S., Ihsandi, A., & Mutiarawati, I. S. (2023). Pancasila philosophy as the basis of education and national character. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2443–2449. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1752
Wahyudin, D. (2018). Identitas Orang Sasak: Studi Epistemologis terhadap Mekanisme Produksi Pengetahuan Masyarakat Suku Sasak. Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1), 52–63. https://doi.org/10.20414/jpk.v14i1.493
Wandani, A. R. and Dewi, D. A. (2021). Penerapan pancasila sebagai dasar kehidupan bermasyarakat. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(2), 34–39. https://doi.org/https://doi.org/10.56393/decive.v1i2.225
Wardana, D. J., Handayani, A., Rahim, A. R., Sukaris, S., & Fauziyah, N. (2021). Sosialisasi pentingnya nilai–nilai pancasila. DedikasiMU(Journal of Community Service), 3(1), 770. https://doi.org/https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i1.2357
Wathaniyah, N. (2018). Konseling Eksistensial Humanistik Berbasis Nilai Filosofis Budaya Lombok Untuk Meningkatkan Self-Esteem Remaja. Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 1–6. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNBK/article/view/505%0Ahttp://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNBK/article/download/505/481
Wibowo, B. A. (2020). Pancasila sebagai Landasan Filosofi Pendidikan Karakter Kurikulum 2013. Biormatika :Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 10–19. http://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/678/574
Wirayuda, R. P., Hadinata, A., Misrowati, M., Afdian, R., & Wijayanti, T. M. (2024). Pancasila as an identity that forms national character: analysis of the philosophy of indonesian education. Journal of Basic Education Research, 5(2), 54–60. https://doi.org/https://doi.org/10.37251/jber.v5i2.973
Yurika, R. E., & Nugroho, A. R. B. P. (2022). Implementasi Nilai-Nilai kebudayaan Dalam Praktik bimbingan Dan Konseling di Indonesia [implementation of cultural values in guidance and counseling practices in Indonesia]. Journal of Contemporary Islamic Counselling, 2(1), 23–40.
Zuhdi, M. H. (2018a). Kearifan lokal Suku Sasak sebagai model pengelolaan konflik di masyarakat Lombok. Mabasan, 12(1), 64–85.
Zuhdi, M. H. (2018b). Kearifan Lokal Suku Sasak Sebagai Model Pengelolaan Konflik Di Masyarakat Lombok. Mabasan, 12(1), 64–85. https://doi.org/10.26499/mab.v12i1.34
DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v13i2.31556
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_________________________________________________________
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906
_______________________________________________
![]() | CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
______________________________________________
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:
CIVICUS Editorial Office: