Strategi Guru Penggerak Dalam Mengembangkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SMPN 2 Kota Bima
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi guru penggerak, implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila serta faktor pendukung dan penghambat guru penggerak dalam mengembangkan proyek penguatan profil pelajar pancasila di SMPN 2 Kota Bima. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu dengan teknik analisis data Model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru penggerak dalam mengembangkan projek penguatan profil pelajar pancasila di SMPN 2 Kota Bima dilakukan melalui beberapa perencanaan yaitu; 1) perencanaan projek, 2) fasilitator, 3) pembimbing, dengan menggunakan metode kolaboratif dan partisipasif. Hal ini mampu meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dalam setiap tahapan projek, memperkuat karakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, serta mendorong terciptanya budaya belajar yang reflektif, inklusif, dan kontekstual di lingkungan sekolah. Kemudian faktor pendukung guru penggerak dalam mengembangkan P5 di SMPN 2 Kota Bima adalah dukungan teman sejawat, adanya buku panduan P5, dukungan dari sarana dan prasarana sekolah. Sedangkan faktor penghambat guru peggerak dalam mengambangkan P5 di SMPN 2 Kota Bima adalah karakter siswa yang berbed-beda dan kurangnya dukungan orang tua.
The aim of this research is to find out the strategies of driving teachers, the implementation of the Project for Strengthening the Profile of Pancasila Students as well as the supporting and inhibiting factors for teachers in developing the project for strengthening the profile of Pancasila students at SMPN 2 Kota Bima. This research uses a qualitative approach with a case study type of research. The data collection techniques used were observation, interviews and documentation techniques. The data analysis technique used is the Miles and Huberman Model data analysis technique, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this research show that the driving teacher strategy in developing a project to strengthen the profile of Pancasila students at SMPN 2 Kota Bima was carried out through several plans, namely; 1) project planning, 2) facilitator, 3) supervisor, using collaborative and participatory methods. This is able to increase active student involvement in every stage of the project, strengthen character in accordance with Pancasila values, and encourage the creation of a reflective, inclusive and contextual learning culture in the school environment. Then the supporting factors for driving teachers in developing P5 at SMPN 2 Bima City are the support of colleagues, the existence of a P5 guidebook, support from school facilities and infrastructure. Meanwhile, the inhibiting factors for driving teachers in developing P5 at SMPN 2 Kota Bima are the different characters of students and the lack of parental support.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Banks, J. A. (2015). Cultural diversity and education: Foundations, curriculum, and teaching. Routledge.
Basariah, B., & Sulaimi, M. (2021). Peningkatan Karakter Bertanggung Jawab Siswa Melalui Model discovery Learning. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(4), 598–607.
Chacko, T. V. (2018). Emerging pedagogies for effective adult learning: From andragogy to heutagogy. Archives of Medicine and Health Sciences, 6(2), 278–283.
Emmer, E. T., & Evertson, C. M. (2016). Classroom management for middle and high school teachers. Pearson.
Fauzan, A., & Rahmah, N. (2022). Pembentukan Karakter Demokratis Melalui Pelaksanaan Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Number Head Together pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kota Bima. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 107–112.
Ferreira, D., & MacLean, G. (2018). Andragogy in the 21st century: Applying the assumptions of adult learning online. 語学研究, 32, 10–19.
Fullan, M., Hopkins, D., & Spillane, J. P. (2008). Curriculum implementation and sustainability. The Sage Handbook of Curriculum and Instruction, 113–122.
Guy-Evans, O. (2020). Bronfenbrenner’s ecological systems theory. Simply Psychology, 10046–10518.
Hakim, L. R., Zakiyah, M., & Isnawati, R. (2024). Manajemen Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar (Studi Multisitus Di Sdn Bau-Jeng Ii Dan Sdn Beji II Pasuruan). Journal Educatione, 1(2). https://journal.univgresik.ac.id/index.php/je/article/view/224
Harris, A. (2009). Distributed Leadership: What We Know BT - Distributed Leadership: Different Perspectives (A. Harris (ed.); pp. 11–21). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/978-1-4020-9737-9_2
Johnson, E. B. (2002). Contextual teaching and learning: What it is and why it’s here to stay. Corwin Press.
Kolb, D. A., Boyatzis, R. E., & Mainemelis, C. (2014). Experiential learning theory: Previous research and new directions. In Perspectives on thinking, learning, and cognitive styles (pp. 227–247). Routledge.
Lestari, E. S., Haryati, T., & Wuryandini, E. (2025). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Rembang. Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 445–450.
Lestari, T. D., Saylendra, N. P., & Nugraha, Y. (2023). Strategi Meningkatkan Kesadaran Moral Peserta Didik Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(8), 265–271.
Maudyna, I. E., & Roesminingsih, E. (2023). Evaluasi kesiapan pendidik dalam implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). EDUKASIA Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 637–648.
Misnawati, M., Herianto, E., Kurniawansyah, E., & Alqadri, B. (2024). Peran guru penggerak dalam mengembangkan proyek penguatan profil pelajar Pancasila di SMPN 7 Mataram. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4347–4361.
Mustari, M., & Rahman, M. T. (2012). Pengantar metode penelitian. Laksbang Pressindo. https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15940
Niksadat, N., Rakhshanderou, S., Negarandeh, R., Ramezankhani, A., Farahani, A. V., & Ghaffari, M. (2022). Concordance of the cardiovascular patient education with the principles of Andragogy model. Archives of Public Health, 80(1), 4. https://doi.org/10.1186/s13690-021-00763-5
Rowland, G. (1993). Designing and instructional design. Educational Technology Research and Development, 41(1), 79–91. https://doi.org/10.1007/BF02297094
Sari, M. Y., & Mustari, M. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Mendukung Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Di Era Globalisasi. Academia.Edu. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/angka-konsumsi-ikan-ri-naik-jadi-5648-kgkapita-pada-2022
Silvia, D. (2018). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Pemahaman Konsep Diri Siswa Di Sman 1 Peukan Bada Aceh Besar. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Tyaputri, V. C., & Utami, R. D. (2024). Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar melalui Gelar Karya: Gaya Hidup Berkelanjutan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2283–2296. https://doi.org/10.58230/27454312.601
Vygotsky, L. S. (2012). Thought and language (Vol. 29). MIT press. https://doi.org/10.1037/11193-000
Yokoyama, Y., Nadeak, B., & Sihotang, H. (2023). Implementasi kompetensi guru penggerak dalam menerapkan merdeka belajar SMK di Tana Toraja. Jurnal Dinamika Pendidikan, 16(2), 187–200. http://ejournal.fkipuki.org/index.php/jdp/
DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v13i2.31623
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_________________________________________________________
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906
_______________________________________________
![]() | CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
______________________________________________
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:
CIVICUS Editorial Office: