Mengoptimalkan Minat Belajar Siswa Melalui Model SOLE Berbasis Google Site Pada Pembelajaran PPKn

Haerani Haerani, Edy Herianto, Edy Kurniawansyah, M. Zubair

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) berbasis Google Site dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Model ini mendorong pembelajaran mandiri dengan memanfaatkan Google Site sebagai sumber belajar digital yang mudah diakses. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experiment tipe two group pretest-posttest. Sampel terdiri atas dua kelas VIII di SMPN 15 Mataram yang dipilih secara purposive, yakni kelas eksperimen yang mendapat perlakuan model SOLE berbasis Google Site, dan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Instrumen yang digunakan berupa angket minat belajar siswa yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji-t independent sample. Hasil menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,004 (<0,05), dengan selisih skor rata-rata yang lebih tinggi pada kelas eksperimen. Temuan ini mengindikasikan bahwa model SOLE berbasis Google Site efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa secara signifikan pada mata pelajaran PPKn.

This study is intended to examine the efficacy of the Self Organized Learning Environment (SOLE) model, based on Google Site, in articulating the enhancement of students’ learning enthusiasm in the subject of Civic Education (PPKn). The model is oriented toward stimulating learner autonomy through the utilization of Google Site as an accessible digital learning medium. This research employs a quantitative approach with a quasi-experimental design of the two group pretest–posttest type. The research subjects comprise two eighth-grade classes at SMPN 15 Mataram, selected through purposive sampling, consisting of an experimental class receiving the SOLE-based Google Site intervention and a control class engaging in conventional learning methods. The measurement instrument utilized was a student learning enthusiasm questionnaire that had undergone validity and reliability testing. Data processing involved normality testing, homogeneity testing, and an independent-sample t-test. The analysis results revealed a significance value (2-tailed) of 0.004 (<0.05) with a higher mean score disparity in the experimental class. The findings substantiate that the implementation of the SOLE model based on Google Site is significantly effective in accelerating students’ learning enthusiasm in Civic Education.


Keywords


Google Site; Minat Belajar; Self-Organized Learning Environment

Full Text:

PDF

References


Anggi Maulidia1 , Yuni Arfiani2, B. W. (2020). Penggunaan Game Edukasi Wordwall dengan Model SOLE (Self Organised Learning Environment) dalam Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Siswa SMP. E-Journal Ups, 4(januari 2020), 1–11.

Asmawati, L., Hidayat, S., & Atikah, C. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Self Organizing Learning Environment (Sole) Terhadap Kemampuan Literasi Guru Paud. Kwangsan: Jurnal Teknologi Guruan, 9(1), 90. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n1.p90--106

Herianto, E., Witono, A. H., Mustari, M., & Sumardi, L. (2023). Exploring the Experiences in Developing Character Education through E-Learning During the COVID-19 Pandemic. Randwick International of Education and Linguistics Science Journal, 4(2), 233–244. https://doi.org/10.47175/rielsj.v4i2.694

Ina Marthiani. (2014). Uji Validitas dan Reliabilitas atau ketelitian Instrumen Kajian Kuantitatif. Jurnal Ilmiah Keguruan, 2(2), 17–23.

Islamiah, I. N. (2021). Skripsi: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 4 Jombang. Universitas Sunan Ampel Surabaya, 1–129. http://digilib.uinsby.ac.id/46854/

Ismiati, Y. H., Herianto, E., Alqadri, B., & Zubair, M. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran E-Learning Berbasis Web pada Mata Pelajaran PPKn di SMK Negeri 3 Mataram. Palapa, 10(2), 292–303. https://doi.org/10.36088/palapa.v10i2.2157

Kurniawansyah, E., Fauzan, A., & Mustari, M. (2023). Peran Guru PPKn dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah Sumbawa. Jurnal Ilmiah Profesi Guruan, 8(2), 1175–1179. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i2.1454

Muhid, A. (2019). Analisis Statistik SPSS. In M. P. Dona Nur Hidayat, S.Psi. (Ed.), Zifatama Jawara. Zifatama Jawara.

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Kajian. In Sibuku Media.

Pratama, R., Alamsyah, M., Ferry, M. S., & Marhento, G. (2023). Pemanfaatan Google Site Sebagai Media Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Sains, 4(1), 12–15. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/7094

Qolbiyyah, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) Berbantuan Padlet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Gerak Lurus. Skrips, 8.

Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji Validitas Dan Reliabilitas atau ketelitian Kuesioner Perilaku Prososial. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Guruan), 4(4), 279. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7413

Septiana, E., Herianto, E., Sawaludin, S., & Ismail, M. (2024). Implementasi Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas dan Pengaruhnya Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Ilmiah Profesi Guruan, 9(1), 61–68. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1988

Setyawan, D. A. (2021). Petunjuk Praktikum Uji Normalitas & Uji Homogenitas Data dengan SPSS. In CV Tahta Media Group. ISBN : 978-623-96623-9-4 Cetakan. https://poltekkes-solo.ac.id/cni-content/uploads/modules/attachments/20210902152251-2-Buku Petunjuk Praktikum Uji Normalitas dan Homogenitas Data.pdf

Sugiyono. (2020). Metodologi Kajian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v13i2.32529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

_______________________________________________

 

Creative Commons License

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:


 
     


CIVICUS Editorial Office: