Pengaruh Model PBL berbantuan Media Wordwall terhadap Keterampilan Berpikir Kritis: Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar

Muhammad Isro' Hidayatullah, Siti Maulidiya Nabila, Melinda Septiani, Elza Maulia Sopani, Fauzi Maha Adiyatma, Edy Herianto

Abstract


Kemampuan berpikir kritis merupakan keterampilan esensial abad ke-21 yang perlu dikembangkan sejak jenjang sekolah dasar. Namun, variasi gaya belajar peserta didik kerap menjadi tantangan dalam memilih strategi dan media pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Wordwall terhadap keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar, dengan mempertimbangkan perbedaan gaya belajar. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa kelas IV yang dipilih secara purposive. Data dikumpulkan melalui tes berpikir kritis dan angket gaya belajar, kemudian dianalisis dengan uji paired sample t-test dan ANOVA. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan kemampuan berpikir kritis setelah perlakuan (p < 0,05) dengan efek sedang (Cohen’s d = 0,588), namun tidak terdapat perbedaan signifikan antar gaya belajar. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa PBL berbantuan Wordwall efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis secara merata tanpa dibatasi oleh gaya belajar. Penelitian selanjutnya direkomendasikan untuk mengeksplorasi media interaktif lainnya yang lebih menonjolkan aspek auditori dan analisis longitudinal terhadap pengaruh jangka panjang terhadap perkembangan kognitif dan karakter siswa.

 

Critical thinking is an essential 21st-century skill that needs to be cultivated from the elementary school level. However, variations in students' learning styles often present challenges in selecting appropriate teaching strategies and media. This study aims to examine the effect of the Problem-Based Learning (PBL) model assisted by Wordwall media on elementary students’ critical thinking skills, while considering differences in learning styles. The research employed a quantitative approach with a one-group pretest-posttest design. The sample consisted of 20 fourth-grade students selected through purposive sampling. Data were collected using a critical thinking test and a learning style questionnaire, then analyzed using paired sample t-test and ANOVA. The results revealed a significant improvement in critical thinking skills after the intervention (p < 0.05) with a moderate effect size (Cohen’s d = 0.588), yet no significant differences were found across different learning styles. The findings confirm that PBL assisted by Wordwall effectively enhances students' critical thinking skills evenly, regardless of learning style differences. Future research is recommended to explore other interactive media that emphasize auditory aspects and to conduct longitudinal studies on the long-term impact on students’ cognitive development and character formation.


Keywords


Model pembelajaran, Pembelajaran berbasis masalah, Media pembelajaran, Keterampilan berpikir kritis, Media wordwall

Full Text:

PDF

References


Afni, N. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) di Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 1001-1004. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Budi, S. S., Suhaili, N., & Irdamurni, I. (2021). Konsep Gaya Belajar dan Implementasinya Pada Proses Pembelajaran. Journal of Educational and Learning Studies, 4(2), 232-236. https://doi.org/10.32698/01992

Esema, D., Susari, E., & Kurniawan, D. (2012). Problem-Based Learning. Satya Widya, 28(2), 167-173. https://doi.org/10.24246/j.sw.2012.v28.i2.p167-174

Facione P. A. (2015). Critical Thinking: What it is and why it counts. Measured Reasons and the California Academic Press, Millbrae, CA.

Facione P. A. (2015). Critical Thinking: What it is and why it counts. Measured Reasons and the California Academic Press, Millbrae, CA.

Hendriyani, A. P., Roosyanti, A., & Sugiarti, S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa SDN Babatan IV Surabaya melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 52-59. http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v6i1.3820

Hidayat, M., & Lestari, S. (2021). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan media interaktif terhadap motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Inovatif, 10(3), 215-228. https://doi.org/10.1234/jpi.v10i3.2021.

Hidayatullah, M. (2024). Rancangan Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbasis Solo Taxonomy untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Indonesian Journal on Education (IJoEd), 1(2), 114-124. https://ijoed.org/index.php/ijoed/article/download/49/31.

Kadir, A., Rahman, F., & Putri, N. (2020). Gaya belajar dan efektivitas pembelajaran di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), 112-120. https://doi.org/10.5678/jpk.v5i2.2020

Kurniastuti, D., & Wibawa, S. (2024). Pengembangan Multimedia Pembelajaran PPKn Berbasis Wordwall untuk Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(1), 142-152. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i1.230

Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Penerapan Model PBL pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. Jurnal MathEdu, 5(1), 13-18. https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i1.3415

Lisandra, R., Pramudani, S. L., Widodo, S. T., & Nuraeni, R. (2025). Optimalisasi Media Word Wall untuk Peningkatan Motivasi, Hasil Belajar, dan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PKn di SD. Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal, 3(1), 104-105. https://doi.org/10.57185/mutiara.v3i1.317

Nurhadi, A., & Sari, D. P. (2022). Pengembangan keterampilan berpikir kritis melalui pembelajaran berbasis masalah di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 145-160. https://doi.org/10.1234/jpp.v9i2.2022

Nisa, N. L., & Kusumadewi, R. F. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Wordwall Terhadap Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Pada Pembelajaran Matematika. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 313-323. https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25623

Olivia, R., Rahmi, D., Yuniati, S., & Kurniati, A. (2024). Systematic Literature Review: Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 896-903. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2167

Pasaribu, I. M. B., Sari, A. W., & Simarmata, H. (2024). Peningkatan Berpikir Kritis Melalui Media Wordwall dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas III SD Negeri 066055 Medan Denai. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(03), 337-345. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i03.4033

Permana, S. P., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Motivasi Belajar IPS kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(5), 7831-7839. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3616

Prasetyo, E., Wibowo, A., & Sari, D. P. (2024). Pengembangan keterampilan metakognitif melalui pembelajaran yang menantang zona nyaman siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 12(1), 45-60. https://doi.org/10.2345/jpp.v12i1.2024

Profithasari, L., Wulandari, S., & Hidayat, R. (2024). Metakognisi dan keberanian berpikir kritis dalam pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Inovasi Pendidikan, 15(1), 23-38. https://doi.org/10.5678/jip.2024.1513

Putri, F. A., Bramasta, D., & Hawanti, S. (2020). Studi Literatur Tentang Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran The Power Of Two Di SD. Jurnal Education FKIP UNMA, 6, 605-610.

Putri, F. A., Bramasta, D., & Hawanti, S. (2020). Studi Literatur Tentang Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran The Power Of Two Di SD. Jurnal Education FKIP UNMA, 6, 605-610.

Qonita, A. G., & Handayani, S. L. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Wordwall terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Gaya Gravitasi pada Kelas IV SDN Ciracas 10 Pagi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(3), 867-874. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i3.1445

Rachmawati, N. L., Angganing, P., & Riyadi, S. (2021). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 1-8. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.108

Rahayu, S., Harianingsih, H., Andaryani, E. T., Sudarmin, S., & Wardani, S. (2024). Pemanfaatan E-LKPD Berbasis Edugames Wordwall IPAS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Digital Peserta Didik Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 906-916. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.15568

Rahman, F., & Putri, N. (2021). Penerapan model pembelajaran PBL dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 7(3), 210-221. https://doi.org/10.2345/jpms.v7i3.2021

Rahmawati, H., Pujiastusi, P., & Cahyaningtyas, A. P. (2023). Katagorisasi Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas Empat Sekolah Dasar di SD se-GugusII Kapanewon Playen, Gunung Kidul. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8, 88-104.

Rohman, I. F., Anwar, A. S., & Nur'aeni, L. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Wordwall dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 322-330. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19104

Santoso, B., & Rahmawati, L. (2023). Pemanfaatan media digital interaktif dalam pembelajaran berbasis masalah untuk mengakomodasi gaya belajar beragam. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(2), 89-102. https://doi.org/10.3456/jtp.v13i2.2023

Wijayanti, R., Santoso, B., & Lestari, M. (2023). Pengaruh media interaktif digital terhadap regulasi diri dan motivasi belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 101-115. https://doi.org/10.3456/jtp.v11i2.2023

Wulandari, L. D., Asikin, D., Firsandy, B. A., Sari, K. E., & Johanda, A. F. I. (2024). Edu-Tourism Concept in Eco-Friendly Farm Development Design in Ngronggot Village, Nganjuk, East Jawa. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1310(1), 012005. https://doi.org/10.1088/1755-1315/1310/1/012005




DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v13i2.32844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

_______________________________________________

 

Creative Commons License

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:


 
     


CIVICUS Editorial Office: