Pengaruh Model PBL berbantuan Media Wordwall terhadap Keterampilan Berpikir Kritis: Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan keterampilan esensial abad ke-21 yang perlu dikembangkan sejak jenjang sekolah dasar. Namun, variasi gaya belajar peserta didik kerap menjadi tantangan dalam memilih strategi dan media pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Wordwall terhadap keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar, dengan mempertimbangkan perbedaan gaya belajar. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa kelas IV yang dipilih secara purposive. Data dikumpulkan melalui tes berpikir kritis dan angket gaya belajar, kemudian dianalisis dengan uji paired sample t-test dan ANOVA. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan kemampuan berpikir kritis setelah perlakuan (p < 0,05) dengan efek sedang (Cohen’s d = 0,588), namun tidak terdapat perbedaan signifikan antar gaya belajar. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa PBL berbantuan Wordwall efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis secara merata tanpa dibatasi oleh gaya belajar. Penelitian selanjutnya direkomendasikan untuk mengeksplorasi media interaktif lainnya yang lebih menonjolkan aspek auditori dan analisis longitudinal terhadap pengaruh jangka panjang terhadap perkembangan kognitif dan karakter siswa.
Critical thinking is an essential 21st-century skill that needs to be cultivated from the elementary school level. However, variations in students' learning styles often present challenges in selecting appropriate teaching strategies and media. This study aims to examine the effect of the Problem-Based Learning (PBL) model assisted by Wordwall media on elementary students’ critical thinking skills, while considering differences in learning styles. The research employed a quantitative approach with a one-group pretest-posttest design. The sample consisted of 20 fourth-grade students selected through purposive sampling. Data were collected using a critical thinking test and a learning style questionnaire, then analyzed using paired sample t-test and ANOVA. The results revealed a significant improvement in critical thinking skills after the intervention (p < 0.05) with a moderate effect size (Cohen’s d = 0.588), yet no significant differences were found across different learning styles. The findings confirm that PBL assisted by Wordwall effectively enhances students' critical thinking skills evenly, regardless of learning style differences. Future research is recommended to explore other interactive media that emphasize auditory aspects and to conduct longitudinal studies on the long-term impact on students’ cognitive development and character formation.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afni, N. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) di Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 1001-1004. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Budi, S. S., Suhaili, N., & Irdamurni, I. (2021). Konsep Gaya Belajar dan Implementasinya Pada Proses Pembelajaran. Journal of Educational and Learning Studies, 4(2), 232-236. https://doi.org/10.32698/01992
Esema, D., Susari, E., & Kurniawan, D. (2012). Problem-Based Learning. Satya Widya, 28(2), 167-173. https://doi.org/10.24246/j.sw.2012.v28.i2.p167-174
Facione P. A. (2015). Critical Thinking: What it is and why it counts. Measured Reasons and the California Academic Press, Millbrae, CA.
Facione P. A. (2015). Critical Thinking: What it is and why it counts. Measured Reasons and the California Academic Press, Millbrae, CA.
Hendriyani, A. P., Roosyanti, A., & Sugiarti, S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa SDN Babatan IV Surabaya melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 52-59. http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v6i1.3820
Hidayat, M., & Lestari, S. (2021). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan media interaktif terhadap motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Inovatif, 10(3), 215-228. https://doi.org/10.1234/jpi.v10i3.2021.
Hidayatullah, M. (2024). Rancangan Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbasis Solo Taxonomy untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Indonesian Journal on Education (IJoEd), 1(2), 114-124. https://ijoed.org/index.php/ijoed/article/download/49/31.
Kadir, A., Rahman, F., & Putri, N. (2020). Gaya belajar dan efektivitas pembelajaran di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), 112-120. https://doi.org/10.5678/jpk.v5i2.2020
Kurniastuti, D., & Wibawa, S. (2024). Pengembangan Multimedia Pembelajaran PPKn Berbasis Wordwall untuk Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(1), 142-152. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i1.230
Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Penerapan Model PBL pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. Jurnal MathEdu, 5(1), 13-18. https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i1.3415
Lisandra, R., Pramudani, S. L., Widodo, S. T., & Nuraeni, R. (2025). Optimalisasi Media Word Wall untuk Peningkatan Motivasi, Hasil Belajar, dan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PKn di SD. Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal, 3(1), 104-105. https://doi.org/10.57185/mutiara.v3i1.317
Nurhadi, A., & Sari, D. P. (2022). Pengembangan keterampilan berpikir kritis melalui pembelajaran berbasis masalah di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 145-160. https://doi.org/10.1234/jpp.v9i2.2022
Nisa, N. L., & Kusumadewi, R. F. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Wordwall Terhadap Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Pada Pembelajaran Matematika. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 313-323. https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25623
Olivia, R., Rahmi, D., Yuniati, S., & Kurniati, A. (2024). Systematic Literature Review: Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 896-903. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2167
Pasaribu, I. M. B., Sari, A. W., & Simarmata, H. (2024). Peningkatan Berpikir Kritis Melalui Media Wordwall dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas III SD Negeri 066055 Medan Denai. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(03), 337-345. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i03.4033
Permana, S. P., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Motivasi Belajar IPS kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(5), 7831-7839. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3616
Prasetyo, E., Wibowo, A., & Sari, D. P. (2024). Pengembangan keterampilan metakognitif melalui pembelajaran yang menantang zona nyaman siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 12(1), 45-60. https://doi.org/10.2345/jpp.v12i1.2024
Profithasari, L., Wulandari, S., & Hidayat, R. (2024). Metakognisi dan keberanian berpikir kritis dalam pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Inovasi Pendidikan, 15(1), 23-38. https://doi.org/10.5678/jip.2024.1513
Putri, F. A., Bramasta, D., & Hawanti, S. (2020). Studi Literatur Tentang Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran The Power Of Two Di SD. Jurnal Education FKIP UNMA, 6, 605-610.
Putri, F. A., Bramasta, D., & Hawanti, S. (2020). Studi Literatur Tentang Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran The Power Of Two Di SD. Jurnal Education FKIP UNMA, 6, 605-610.
Qonita, A. G., & Handayani, S. L. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Wordwall terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Gaya Gravitasi pada Kelas IV SDN Ciracas 10 Pagi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(3), 867-874. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i3.1445
Rachmawati, N. L., Angganing, P., & Riyadi, S. (2021). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 1-8. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.108
Rahayu, S., Harianingsih, H., Andaryani, E. T., Sudarmin, S., & Wardani, S. (2024). Pemanfaatan E-LKPD Berbasis Edugames Wordwall IPAS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Digital Peserta Didik Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 906-916. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.15568
Rahman, F., & Putri, N. (2021). Penerapan model pembelajaran PBL dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 7(3), 210-221. https://doi.org/10.2345/jpms.v7i3.2021
Rahmawati, H., Pujiastusi, P., & Cahyaningtyas, A. P. (2023). Katagorisasi Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas Empat Sekolah Dasar di SD se-GugusII Kapanewon Playen, Gunung Kidul. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8, 88-104.
Rohman, I. F., Anwar, A. S., & Nur'aeni, L. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Wordwall dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 322-330. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19104
Santoso, B., & Rahmawati, L. (2023). Pemanfaatan media digital interaktif dalam pembelajaran berbasis masalah untuk mengakomodasi gaya belajar beragam. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(2), 89-102. https://doi.org/10.3456/jtp.v13i2.2023
Wijayanti, R., Santoso, B., & Lestari, M. (2023). Pengaruh media interaktif digital terhadap regulasi diri dan motivasi belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 101-115. https://doi.org/10.3456/jtp.v11i2.2023
Wulandari, L. D., Asikin, D., Firsandy, B. A., Sari, K. E., & Johanda, A. F. I. (2024). Edu-Tourism Concept in Eco-Friendly Farm Development Design in Ngronggot Village, Nganjuk, East Jawa. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1310(1), 012005. https://doi.org/10.1088/1755-1315/1310/1/012005
DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v13i2.32844
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_________________________________________________________
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906
_______________________________________________
![]() | CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
______________________________________________
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:
CIVICUS Editorial Office: