Implementasi Model Pembelajaran Value Clarification Technique untuk Menanamkan Nilai-Nilai Kemanusiaan di SMP Gunungjati 1 Purwokerto

Heni Fungkiana, Wildan Nurul Fajar, Eko Priyanto, Ratna Kartika Wati, Elly Hasan Sadeli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model Value Clarification Technique (VCT) dalam menanamkan nilai kemanusiaan pada siswa SMP Gunungjati 1 Purwokerto. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model VCT diterapkan melalui perencanaan modul ajar berbasis studi kasus dan refleksi nilai, pelaksanaan diskusi klarifikasi, serta evaluasi sikap siswa. Model VCT efektif meningkatkan pemahaman dan pengamalan siswa tentang nilai sila kemanusiaan yang adil dan beradab dan membentuk sikap empati. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu dan adaptasi siswa terhadap pembelajaran reflektif. Model VCT direkomendasikan sebagai strategi alternatif dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk menanamkan nilai secara kontekstual dan bermakna.

This study aims to describe the implementation of the Value Clarification Technique (VCT) model in instilling humanistic values among students at SMP Gunungjati 1 Purwokerto. The research employed a descriptive qualitative approach, with data collected through interviews, observations, and documentation. The findings indicate that the VCT model was implemented through three key stages development of case study-based teaching modules with value reflection, implementation of clarification discussions, and evaluation of students' attitudinal changes. The VCT model effectively enhanced students' understanding and practice of the principle of "A Just and Civilized Humanity" while fostering empathetic attitudes. Implementation challenges included time constraints and students' adaptation to reflective learning. The study recommends VCT as an alternative strategy for contextual and meaningful value internalization in Pancasila Education.


Keywords


Value Clarification Technique, Pendidikan Pancasila, Kemanusiaan, Nilai-Nilai Sila Kedua

Full Text:

PDF

References


Agus, S. (2009). Cooperative learning teori dan aplikasi paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 46.

Anwar, C., Saregar, A., Fitri, M. R., Anugrah, A., & Yama, A. (2023). Folklore with value clarification technique: its impact on character education of 8-9-year-old students. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 4(1), 44–55. https://doi.org/10.46843/jiecr.v4i1.414

Djahiri, A. K. (1985). Strategi Pengajaran Afektif-Nilai-Moral VCT dan Games dalam VCT.

Harahap, A., Manik, A., Siregar, D. M. S., & ... (2024). Analisis Tentang Penerapan Pancasila Sila Kedua Membangun Pembentukan Karakter Kemanusiaan yang Adil dan Beradab Pada Siswa/I di SMP Negeri 27 Medan. 4, 14272–14285.

Hidayati, B. N. (2023). The Value Clarification Technique Learning Model Improves the Character of Elementary School Students. International Journal of Elementary Education, 7(2), 319–327. https://doi.org/10.23887/ijee.v7i2.58502

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan konstektual dalam pembelajaran abad 21 kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia, 242.

Hurrahmi, M., & Munjiatun. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (Vct) Terhadap Pengetahuan Nilai-Nilai Sila Kedua Pancasila Di Kelas V Sd Negeri 164 Pekanbaru. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 131–140. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.40

Ratna Kartika Wati, Fitriani, & Eko Priyanto. (2025). Peran Guru Pendidikan Pancasila melalui Keteladanan dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Peserta Didik Kelas 9 SMP Negeri 2 Purbalingga. PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.36456/p.v5i1.10146

Rianto, H. (2016). Implementasi nilai kemanusiaan yang adil dan beradab di lingkungan sekolah. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(1), 80–91. https://doi.org/10.31571/sosial.v3i1.268

Rohani, R., & Novianty, F. (2020). Penanaman Sila Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab Pada Mahasiswa Program Studi PPKn IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2), 149. https://doi.org/10.31571/pkn.v4i2.2124

Safitri, D. D. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Value Clarification Technique (Vct) Pada Pembelajaran Pai Di Kelas Ix Smp N 3 Jeruklegi Cilacap.

Samosir, H. A., Malau, R. D., Sihite, A. N. A., Abduh, M., Tambunan, K., & Agiska, T. (2024). Kedudukan Pancasila Dalam Konteks Globalisasi; Tantangan Dan Peluang Di Era Digital Masa Depan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 13828–13834. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.14706

Sasti, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Peserta Didik SMP Muhammadiyah 02 Karang Tengah.

Susilawati, E. (2024). Meningkatkan Civic Engagement Mahasiswa Melalui Literasi Digital. Kearifan Lokal Pancasila, Sejarah, Dan Budaya Bangsa, 19(1).

Suttrisno, S., Riyanto, Y., & Subroto, W. T. (2020). Pengaruh Model Value Clarification Technique (Vct) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 718–729. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.836

Tryphon, A., & Vonèche, J. (1996). Piaget Vygotsky. In The Social Genesis Of Thought (1st ed.). Psychology Press. https://doi.org/10.4324/9781315804644

Wajdi, F., & Putra, Z. (2021). The Implementation of Elementary Student Character Values Among the Bajo Tribe through Pancasila Values as Character Building. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 4(4), 95–104. https://doi.org/10.20961/shes.v4i4.50591




DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v13i2.33809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

_______________________________________________

 

Creative Commons License

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:


 
     


CIVICUS Editorial Office: