Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Disiplin Siswa

Annisa Nur Hikmah, Ratna Kartika Wati, Efi Miftah Faridli, Elly Hasan Sadeli

Abstract


Perubahan paradigma pendidikan di Indonesia melalui Kurikulum Merdeka menekankan fleksibilitas pembelajaran yang berorientasi pada penguatan karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi fleksibilitas Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila serta dampaknya terhadap penumbuhan karakter disiplin siswa di MTs Negeri 3 Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian meliputi guru Pendidikan Pancasila, guru Bimbingan Konseling, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan empat orang siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memanfaatkan fleksibilitas kurikulum melalui strategi literasi pagi, kontrak belajar, pembiasaan religius, serta kolaborasi dengan guru BK. Namun, ditemukan kendala berupa kurangnya pemahaman teknologi oleh guru, lemahnya pengawasan penggunaan gawai, serta belum konsistennya perilaku disiplin siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa fleksibilitas Kurikulum Merdeka mampu mendukung pembentukan karakter disiplin apabila didukung kesiapan guru, lingkungan sekolah, dan partisipasi aktif siswa.

The paradigm shift in education in Indonesia through the Independent Curriculum emphasizes flexible learning oriented towards strengthening student character. This study aims to describe the implementation of the flexibility of the Independent Curriculum in Pancasila Education learning and its impact on the development of students' disciplined character at MTs Negeri 3 Banyumas. This study used a qualitative approach with a case study method. The research subjects included the Pancasila Education teacher, the Guidance and Counseling teacher, the vice principal for curriculum, and four students. Data were collected through in-depth interviews, observation, and documentation, then analyzed using the Miles and Huberman interactive analysis model through the stages of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results showed that teachers utilized curriculum flexibility through morning literacy strategies, learning contracts, religious habits, and collaboration with guidance and counseling teachers. However, obstacles were found in the form of a lack of technological understanding by teachers, weak supervision of device use, and inconsistent student disciplinary behavior. This study concluded that the flexibility of the Independent Curriculum can support the formation of disciplined character if supported by teacher readiness, the school environment, and active student participation. Curriculum is considered capable of supporting the development of disciplined character if supported by teacher readiness, the school environment, and active student participation.


Keywords


Kurikulum Merdeka; Pendidikan Pancasila; Karakter Disiplin; Fleksibilitas Kurikulum

Full Text:

PDF

References


Ahsan, M., Ilham, N., Arya, M., Gustiana, A., Abdurahman, I., Amrillah, B., Waskito, S., Abdan, T., Furnamasari, Y. F., Kunci, K., & Pendidikan, : (2024). Menyokong Karakter Dan Prestasi Bangsa: Peran Vital Pendidikan Pancasila Di Indonesia. Jurnal Hukum Dan Kewarganegaraan, 3(11).

Ajif, P. (2013). Pola Jaringan Sosial pada Industri Kecil Rambut Palsu di Desa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga. Jurnal Penelitian, 31–40. https://eprints.uny.ac.id/18100/5/BAB III 09.10.033 Aji p.pdf

Alfaeni, S. I., & Asbari, M. (2023). Kurikulum Merdeka: Fleksibilitas Kurikulum bagi Guru dan Siswa. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 86–92.

Asiva Noor Rachmayani. (2020). Buku Metodologi Kualitatif Nursapia Harahab. 6.

Badarudin, B., Muslim, A., Sadeli, E. H., & Nugroho, A. D. (2022). Model Problem Based Learning Berbasis Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas Iv Mi Muhammadiyah Kramat Kembaran. Khazanah Pendidikan, 16(1), 154. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i1.13359

Badawi. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Akhlak Mulia Di Sekolah. Seminar Nasional Pendidikan, 207–218.

Badawi. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Di Sekolah. 8 Januari, 2(4), 1. https://www.smpn1tomoni.sch.id/pentingnya-pendidikan-karakter-di-sekolah/#:~:text=Pendidikan karakter tidak hanya bertujuan,yang efektif di masa depan.

Budi Raharjo, S. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16, 229–238. https://media.neliti.com/media/publications/123218-ID-pendidikan-karakter-sebagai-upaya-mencip.pdf

Dalmeri, D. (2020). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter. Journal of Chemical Information and Modeling, 14(1), 269–288.

Darmayani, E., & Amelia, M. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Pola Belajar Di Tk Ceria Demangan. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 146. https://doi.org/10.24853/yby.7.2.146-156

Ii, B. A. B. (2024). Upaya Guru Sebagai Pembina Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membangun Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Peserta Didik, Isnaeni Hadiastuti, Program Pascasarjana UMP, 2024. 1, 11–43.

Iswahyudi, D., Romadhon, & Jamba, E. R. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran PPKN Untuk Mengembangkan Nalar Kritis Pada Siswa Kelas VIII-E Di SMPN 17 Malang. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 1(4), 189–197.

Jauhari, M. K. H., Mustari, M., Kurniawansyah, E., & Sawaludin, S. (2024). Upaya Sekolah dalam Menumbuhkembangkan Karakter Disiplin Siswa di SMP Negeri 24 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 756–762. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2147

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3), 418–430. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Megawangi, R. (2019). Pengembangan Program Pendidikan Karakter Di Sekolah : Pengalaman Sekolah Karakter. Jurnal Pendidikan Vokasional, 1, 1–8. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/780

Melati, R. S., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2021). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3062–3071. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1229

Mubarok, Z. (2020). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Pengingkatan Mutu Pendidikan Dalam Rangka Menanggulangi Kenakalan Remaja. Tabayyun. http://ejournal-stidkibogor.ac.id/index.php/tabayyun/article/view/9

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4331–4340. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1565

Priyanto, E. (2022). Perkembangan Nilai, Karakter Dan Amalan Kepedulian Melalui Model Project Citizen. The Science Teacher, 79(9), 58–63. https://www.jstor.org/stable/43557609%0A

Putri, S. N., Setiani, E., Sandy, F., & Fath, D. M. Al. (2023). Building Character Education Based On The Merdeka Curriculum Towards Society Era 5.0. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(2), 194–201. https://app.dimensions.ai/details/publication/pub.1166945052%0Ahttps://journal.umpr.ac.id/index.php/pedagogik/article/download/5557/3493

Putri, Z. S., Nisa, S., & Suriani, A. (2024). Implementasi Nilai Karakter Pancasila Terhadap Kurikulum Merdeka Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Media Ilmu, 3(1), 17–32.

Sadeli, E. H. (2024). Aktualisasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Membangun Wawasan Kebhinekaan Global. Khazanah Pendidikan:Jurnal Ilmiah Kependidikan, 18(1), 208–213. https://doi.org/10.30595/jkp.v18i1.21707

Septiowati, A. (2022). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa di MI Darwata Glempang Maos Cilacap.

Siafu, R. R., Romadhon, & Iswahyudi, D. (2023). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Di SMP Kertanegara Malang. GARUDA: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 1(4), 88–94.

Siskawati, O. F., Fikria, H., & Fadriati. (2024). Standar Proses dan Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 07(01), 1923–1930.

Thohri, M. (2022). Pengembangan Kurikulum. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari

Tuerah, M. S. R., & Tuerah, J. M. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, 9(19), 982. https://doi.org/10.5281/zenodo.10047903

Tunas, K. O., & Pangkey, R. D. H. (2024). Kurikulum Merdeka: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Kebebasan dan Fleksibilitas. Journal on Education, 6(4), 22031–22040. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6324

Tutik, O. M. A. L. (2017). Implementasi Karakter Disiplin Pada Siswa Di Smp Muhammadiyah I Gresik. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Keagamaan, 18(2), 1–21. http://eprints.umg.ac.id/2747/%0Ahttps://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/95

Utami, E. N. (2020). Teori Belajar Humanistik Dan Implementasinya Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mudarrisuna, 10(4), 571–584. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i4.6978

Wahyuni, S., Sumarno, S., & Dwijayanti, I. (2024). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 35–47. https://doi.org/10.57251/tem.v3i1.1400

Wisnu M, Yuliatin, Bagdawansah A, M. Z. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran PPKN di SMA Negeri 1 Pringgabaya. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan PKn, 8(1), 11–20. https://doi.org/10.29408/geodika.v8i1.21325

Wongkar, N. V., & Herdi Pangkey, R. D. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dan Pendidikan Karakter: Strategi Meningkatkan Kualitas Siswa di Era Modern. Journal on Education, 6(4), 22008–22017. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6322

Yeyeng, A. T. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran PPKn Pada Peserta Didik SMP Negeri 13 Makassar. Inspiratif Pendidikan, XII(58), 285–294. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/39180

Zakso, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 916. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.65142

Zumrotun, E., Widyastuti, E., Sutama, S., Sutopo, A., & Murtiyasa, B. (2024). Peran Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1003–1009. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.907




DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v13i2.33818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

_______________________________________________

 

Creative Commons License

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:


 
     


CIVICUS Editorial Office: