PELATIHAN PENYUSUNAN LESSON DESIGN BERBASIS LESSON STUDY
Abstract
Abstrak: Pembelajaran abad 21 diharapkan dapat membekali peserta didik dengan kemampuan 4Cs, yakni kemampuan: 1) berkomunikasi (communication), 2) berkolaborasi (collaboration), 3) berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving), dan 4) kreativitas dan inovasi (creativity and innovation). Metode pelatihan melalui 3 tahapan. 1 Tahap perencanaan, 2. Tahap Pelaksanaan dan 3. Tahap Evaluasi. Pelatihan penyusunan Lesson Desain dilaksanakan melalui 3 tahapan. Tahap pertama perencanaan dilalui dengan koordinasi dengan observasi. Tahap kedua dilakukan dengan pemberian materi dan penyususnan lesson desain secara berkelompok. Tahap ketiga evaluasi dengan melakukan penilaian terhadap lesson desain yang dibuat. Jumlah peserta yang terlibat dalam pelatihan ini yaitu 5 orang. Hasil dari pelatihan menunjukkan peserta terlihat antusias dan tertarik membuat lesson desain. Ini terlihat dari hasil yang dibuat peserta sudah sesuai dengan format yang ditentukan.
Abstract: 21st century learning is expected to equip students with 4Cs abilities, namely the ability to: 1) communicate, 2) collaborate (collaboration), 3) critical thinking and problem solving (critical thinking and problem solving), and 4) creativity and innovation (creativity and innovation). The training method goes through 3 stages. 1 Planning stage, 2. Implementation Phase and 3. Evaluation Stage. Training on the preparation of Design Lessons is carried out through 3 stages. The first stage of planning is passed in coordination with observation. The second stage is carried out by providing material and compiling design lessons in groups. The third stage of evaluation is by assessing the design lessons made. The number of participants involved in this training is 5 people. The results of the training showed that participants looked enthusiastic and interested in making design lessons. This can be seen from the results made by participants in accordance with the specified format.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alawiyah, F. (2018). Problematika tata kelola guru dalam implementasi undang-undang guru dan dosen. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 9(1), 121–143.
Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi 4c (communication, collaboration, critical thinking dancreative thinking) untukmenyongsong era abad 21. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), i–xiii.
Arsanti, M., Zulaeha, I., & Subiyantoro, S. (2021). Tuntutan Kompetensi 4C Abad 21 dalam Pendidikan di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 4(1), 319–324.
Danumiharja, M. (2014). Profesi Tenaga Kependidikan. Deepublish.
Dardiri, A., Mujiyono, M., & Ichwanto, M. A. (2017). Analisis Hasil Uji Kompetensi Guru Sekolah Menengah Kejuran Bidang Keahlian Teknik Bangunan. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 40(2), 193–203.
di Tanah Air, A. P. P. (n.d.). Pendidikan, Pembinaan Profesi Dan Tatakelola Guru.
Dudley, P. (2014). Lesson study: A handbook.
Dudley, P. (2015). Lesson study. Professional Learning for Our Time.
Hermanto, R., & Santika, S. (2016). Analisis hasil uji kompetensi guru matematika sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Tasikmalaya. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 2(2), 135–142.
Huriyah, L., Fahmi, M., Baru, R., & Ilaihi, W. (2020). Quo Vadis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Soal UM-PTKIN Materi Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 8(2), 133–152.
Iksan, M., Irwan, I., Samritin, S., Alzarliani, W. O., & Lawelai, H. (2022). Pelatihan Sitasi Dan Manajemen Daftar Pustaka Menggunakan Software Mendeley Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Tulis Ilmiah. Journal of Community Empowerment, 1(1), 7–12.
Irawan, E. (2019). Digitalisasi Madrasah di Era Revolusi Industri 4.0: Refleksi Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Kabupaten Ponorogo. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 160–168.
Irawan, E. (2020). Model pengabdian berbasis kompetisi. Zahir Publishing.
Isnaini, I., Humaira, H., Saddam, S., Nurlailah, N., & Kamaludin, K. (2022). Internalisasi Nilai Nasionalisme Mahasiswa Melalui Pilot Project Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(1), 7–12.
Mandailina, V., Pramita, D., Syaharuddin, S., Saddam, S., Mahsup, M., & Abdillah, A. (2021). Rumah Belajar: Sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Android Bagi Siswa di Lombok Barat. Journal Of Human And Education (JAHE), 1(1), 9–12.
Mardapi, D. (2011). Penilaian pendidikan karakter. Bahan Tulisan Penilaian Pendidikan Karakter UNY.
Miarso, Y. (2004). Menyemai benih teknologi pendidikan. Kencana.
Mu’minah, I. H. (2021). Studi Literatur: Pembelajaran Abad-21 Melalui Pendekatan Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 584–594.
Muslimin, M. (2020). Program Penilaian Kinerja Guru dan Uji Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 193–200.
Nata, A. (2021). Kemampuan global dan tradisi berpikir tingkat tinggi dalam Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 201–226.
Rahman, M., Asmawi, S., Yasmi, Z., Rahman, A., & Herliwati, H. (2021). Rekayasa Kualitas Air Pada Budidaya Ikan Teknologi Bioflok Di Lahan Pekarangan Pondok Pesantren Hidayatullah Kelurahan Guntung Manggis Kec. Landasan Ulin Kota Banjarbaru. Aquana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 113–118.
Rejeki, S., Hasanah, S., Muttaqin, Z., Ibrahim, I., & Saddam, S. (2021). Empowering Women In Child Parenting Patterns Through Paar" Cinta Kasih" Education. JCES (Journal of Character Education Society), 4(3), 833–843.
Saadah, L. Z. K. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Lesson Study For Learning Community (LSLC) Pada Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Meningkatkan Berfikir Kreatif Siswa.
Saddam, S. (2019a). Integrasi Nilai-Nilai Konservasi Habituasi Kampus Melalui Kegiatan Nonakademik. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(2), 20–28.
Saddam, S. (2019b). Integrasi Nilai-Nilai Konservasi Habituasi Kampus Universitas Negeri Semarang Melalui Kegiatan Akademik. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(1), 27–34.
Saddam, S., Iskandar, I., Lestanata, Y., Sudarta, S., Hidayat, R., Rachman, M. T., Zitri, I., Ardyawin, I., Rifaid, R., & Jafar, M. U. A. (2022). Penguatan Nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Melalui Penerapan Baitul Arqam Bagi Pemuda Muhammadiyah. Abdimas Mandalika, 1(1), 22–30.
Saddam, S., Setyowati, D. L., & Juhadi, J. (2016). Integrasi Nilai-nilai Konservasi dalam Habituasi Kampus untuk Pembentukan Kepribadian Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Journal of Educational Social Studies, 5(2), 128–135.
Saddam, S., Zurohman, A., & Bahrudin, B. (2018). The Integration Strategy of Conservation Values in Habituation of Semarang State University Campus. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 1(2), 1–13.
Sawaludin, S., Muttaqin, Z., Sina, S., & Saddam, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kreatif Produktif Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Mahasiswa Melalui Lesson Study Di Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1).
Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish.
Syudirman, S., & Saddam, S. (2021). Pendampingan Belajar Dari Rumah Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19. JCES (Journal of Character Education Society), 4(4), 914–922.
Walid, M. (2011). Model Pendidikan karakter di perguruan tinggi agama Islam (Studi tentang pendidikan karakter berbasis ulul albab di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang). El-Qudwah.
Wijaya, C., Hidayat, R., & Rafida, T. (2019). Manajemen Sumberdaya Pendidik Dan Tenaga Kependidikan. Cv. Pusdikra Mitra Jaya.
DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v6i1.13219
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=======================
JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341
=======================
=======================
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:
EDITORIAL OFFICE: