PELATIHAN PEMBUATAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP BAGI GURU SMP, MTs dan SMA DI KABUPATEN BARITO KUALA

Rabiatul Adawiah, Heru Puji Winarso

Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk  meningkatkan pengetahuan guru PPKn  dalam membuat instrument penilaian sikap siswa. Peserta kegiatan adalah guru PPKn SMP, MTs dan SMA di Kabupaten Barito Kuala. Metode pelaksanaan kegiatan adalah ceramah, diskusi, pelatihan dan tanya jawab. Dari pelaksanaan kegiatan pelatihan pembuatan instrument penilaian sikap siswa bagi guru PPKn SMP, MTs dan SMA  di Kabupaten Barito Kuala dapat disimpulkan adanya peningkatan pengetahuan peserta tentang penilaian sikap siswa dan pembuatan instrument penilaian sikap. Hal ini diketahui dari perbandingan hasil pre test dan post test. Pada hasil pre test  hanya 23%  peserta yang memiliki kriteria baik, 54% cukup dan 23% kurang. Namun pada hasil post test, 90% peserta memperoleh nilai dengan kriteria baik, 10% memiliki nilai kriteria cukup dan tidak ada lagi  peserta yang memperoleh nilai dengan kriteria kurang.

Keywords


pelatihan; instrumen; penilaian; sikap

Full Text:

PDF

References


Imtihan, Nurul ; Darmiyati Zuchdi, ; Istiyono Edi. (2017). Analisis problematika penilaian afektif peserta didik madrasah aliyah. Schemata: Jurnal Pasca Sarjana, 6, 63–80.

Kurniawati, D., & Mawardi, M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Gotong Royong dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 640–648. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/387

Lubis, L. H., Febriani, B., Yani, Y., Rambe, E., Tinggi, S., & Tarbiyah, I. (2022). Analysis of Improving the Quality of Teacher ’ s Work with Good Communication Pattern from the Madrasah Principle at MIN Padang Bulan Rantauprapat. 6(2), 2326–2331.

Malone, D. (2015). The Delta Kappa Gamma Bulletin. International Journal for Professional Education, 82(1), 51–58. https://www.dkg.org/DKGDocs/2017_Jour_83-3_Systems-to-Address-Quality-Teaching.pdf

Muslich, M. (2014). Pengembangan Model Assessment Afektif Berbasis Self Assessment dan Peer Assessment di SMA Negeri 1 Kebomas. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 143–148.

Nurlailah, S., & Hamdu, G. (2021). Implementasi Assessment Sikap Berpikir Kritis Berbasis Education for Sustainable Development (ESD) di Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 309. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.390

Poerwanti, J. I. S., & Winarni, R. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Merancang Instrumen Assessment for Learning Berbasis Portofolio Pada Guru-Guru Sekolah. Jurnal Widya Laksana, 10(1), 44. https://doi.org/10.23887/jwl.v10i1.28423

Rukiyati, R. (2019). Pendidikan Moral Di Sekolah. Humanika, 17(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/hum.v17i1.23119

Safitri, K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Aspek Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 111. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33352

Saparudin, Y. (2021). Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Membuat Penilaian. Jurnal Ilmiah Edukasia (JIE), 1(1).

Widhaningsih, L., & Mawardi, M. (2021). Instrumen Penilaian untuk Mengukur Sikap Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 467–474. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.34931

Zuhera, Y., Habibah, S., & Mislinawati. (2017). KENDALA GURU DALAM MEMBERIKAN PENILAIAN TERHADAP SIKAP SISWA DALAM PROSESPEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 14 BANDA ACEH | Zuhera | Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 73–87. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/2534




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v6i1.13233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: