PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Karakteristik usia siswa sekolah dasar adalah anak sudah mampu berpikir logis, dengan berbantuan benda-benda konkret. Dengan demikian, guru yang merupakan komponen penting dalam proses kegiatan belajar mengajar harus mampu mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan professional untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satunya melalui penerapan penggunaan media pada proses pembelajaran yang akan dilaksanakan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan agar guru mampu merancang, mendesain, dan mengembangkan media pembelajaran, khususnya media pembelajaran diorama. Media diorama tingkat konkretisitasnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan media visual karena diorama merupakan media tiga dimensi yang dapat menggambarkan keadaan sebenarnya, sehingga dapat membantu siswa belajar memahami materi pelajaran dan hal ini sesuai dengan karakteristik usia siswa sekolah dasar.
Abstract: The age characteristic of elementary school students is that the child can think logically, with the assisted concrete objects. Thus, teachers who are important components in the process of learning to teach must be able to develop pedagogic competence, personality, social and professional to improve the quality of learning. One of them through the application of media use in the learning process will be implemented. This dedication activity aims to help teachers to design, design and develop learning media, especially diorama learning media. Diorama media is higher in its concreticient compared to visual media because dioramas are three-dimensional media that can depict the real state, so it can help students learn to understand the subject matter and this is under the age characteristics of the elementary school students.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, P. (2015). Penalaran Aljabar dalam Pembelajaran Matematika. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 8(1), 1–13.
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Desiningrum, D. R. (2017). Buku Ajar Psikologi Perkembangan Anak I. Fakultas Psikologi Undip.
Estini, D. G. W. (2015). Aktualisasi Pemikiran Jean Piaget dalam Implementasi Kurikulum 2013 (Suatu Kajian Teoritis). Prosiding Seminar Nasional MIPA.
Haifaturrahmah, H., & Nizaar, M. (2017). Pemanfataan Botol Plastik Bekas sebagai Media Tanam Hidroponik dalam Meningkatkan Kesadaran Siswa Sekolah Dasar terhadap Lingkungan Sekitar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1(1), 10–16.
Hartono, R. (2013). Ragam model mengajar yang mudah diterima murid. Diva Press.
Ismilasari, Y. (2013). Penggunaan media diorama untuk peningkatan keterampilan menulis Karangan narasi pada siswa sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–10.
Jarvis, M. (2011). Teori-teori psikologi. Bandung: Nusa Media.
Juniasih, N. W., Jampel, I. N., & Setuti, N. M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1).
Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373–390.
Lestari, T. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Tema Ekosistem di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2).
Nadhliroh, I. (2018). Pengembangan Media Diorama Berbasis Audiovisual pada Muatan IPS Kelas V. Joyful Learning Journal, 7(4), 25–33.
Olson, M. H. (2015). Introduction to theories of learning. Psychology Press.
Rohani, R. (2019). Media pembelajaran.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran, Sinar Baru Algensindo: Bandung, cet. X.
Sumantri, M. (2014). Perkembangan peserta didik.
Sumiarsi, N. (2015). Analisis kompetensi pedagogik dan pengembangan pembelajaran guru SD negeri 041 Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1).
Weranti, S. E. (2017). Pengaruh Media Diorama Tiga Dimensi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Materi Mengenal Penggunaan Uang Pada Mapel IPS Kelas III SDN Balong Bowo. JICTE (Journal of Information and Computer Technology Education), 1(1), 32–42.
Winataputra, U. S., Delfi, R., Pannen, P., & Mustafa, D. (2014). Teori belajar dan pembelajaran.
DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v3i2.2215
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=======================
JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341
=======================
=======================
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:
EDITORIAL OFFICE: