KLINIK PENULISAN KARYA ILMIAH BIDANG PENDIDIKAN FISIKA UNTUK GURU-GURU SMA

Endang Purwaningsih, Bakhrul Rizky Kurniawan, Parno Parno, Sulur Sulur

Abstract


Abstrak: Klinik penulisan karya ilmiah ini bertujuan membantu guru dalam mengatasi kesulitan dalam penulisan dan publikasi karya ilmiah. Hasil survey dan diskusi bersama ketua MGMP Fisika SMA Kabupaten Lumajang menunjukkan bahwa masih banyak guru yang mengalami kesulitan dalam melakukan publikasi ilmiah. Adapun faktor penghambat dalam publikasi ilmiah yang dialami guru antara lain kurangnya penguasaan TIK, kemauan dan kemampuan menulis, dan kesibukan tugas yang harus dikerjakan. Klinik penulisan karya ilmiah diadakan dengan dua kali kegiatan tatap muka dan empat kali kegiatan mandiri. Klinik penulisan karya ilmiah terdiri dari kegiatan mandiri selama 16 jam dan kegiatan tatap muka selama 16 jam. Klinik penulisan karya ilmiah yang telah diadakan menghasilkan satu artikel yang siap publikasi melalui jurnal dan tiga artikel yang masih dalam tahap penyelesaian. Hasil ini diharapkan mampu memicu semangat para guru untuk menghasilkan karya ilmiah. Pada dasarnya guru sangat antusias selama mengikuti kegiatan klinik penulisan karya ilmiah, namun kesibukan tugas di sekolah masih menjadi kendala utama dalam menyelesaikan penulisan karya ilmiah.

Abstract: This scientific writing clinic aims to assist teachers in overcoming difficulties in writing and publishing scientific papers. The results of the survey and discussion with the Head of MGMP Physics at Lumajang Regency High School showed that there were still many teachers who had difficulties in conducting scientific publications. The inhibiting factors in scientific publications experienced by teachers include the lack of mastery of ICT, the willingness and ability to write, and the rush of work to be done. Scientific writing clinics are held with two face-to-face activities and four independent activities. The scientific writing clinic consists of 16 hours of independent activities and 16 hours of face-to-face activities. Writing scientific clinics that have been held produce one article that is ready for publication through journals and three articles that are still in the stage of completion. This result is expected to trigger the enthusiasm of the teachers to produce scientific work. Basically the teacher was very enthusiastic during participating in clinical writing activities, but the busy work in school was still a major obstacle in completing writing scientific papers.


Keywords


Penulisan Karya Ilmiah, Guru, Fisika.

Full Text:

PDF

References


Aina, M., Bambang, H., Retni, S. B., Afreni, H., & Sadikin, A. (2015). Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru guru SMA 8 Kota Jambi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 30(3).

Aisyah, E. N., & Mahanani, P. (2017). Pelatihan Menulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Annisa, M., & Hamid, H. (2017). Pengembangan profesionalisme guru melalui pelatihan penyusunan karya tulis ilmiah di wilayah pedalaman. Widya Laksana, 5(2), 81–84.

Diputra, K. S., Tristiantari, N. K. D., & Jayanta, I. N. L. (2020). Gerakan Literasi Digital Bagi Guru-guru Sekolah Dasar. Journal of Character Education Society, 3(1), 118–128.

Hadiyati, H., Fatkhurahman, F., & Suroto, B. (2017). Pelatihan Manajemen Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Tenaga Pendidik Di SMP N 3 Kampar Kiri Tengah. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 122–128.

Hendriana, H., Afrilianto, M., & Sumayyah, D. (2014). Panduan bagi Guru Penelitian Tindakan Kelas: Suatu karya tulis ilmiah.

Ilfiandra, I., Suherman, U., Akhmad, S. N., Budiamin, A., & Setiawati, S. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 70–81.

Indonesia, L. I. P. (2012). Pedoman Karya Tulis Ilmiah. Peraturan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Nomor, 4.

Kurniawan, B. D. (2011). Implementasi kebijakan sertifikasi guru dalam rangka meningkatkan profesionalitas guru di Kota Yogyakarta. Jurnal Studi Pemerintahan, 2(2).

Mashud, S., & Nasuka, M. (2019). Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Para Guru Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 112–118.

Narti, S. (2017). Pemanfaatan “Whatsapp” Sebagai Media Komunikasi Dosen Dengan Mahasiswa Bimbingan Skripsi (Studi Analisis Deskriptif Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Bimbingan Skripsi Universitas Dehasen Bengkulu Tahun 2016). JURNAL PROFESSIONAL, 4(1).

Noorjannah, L. (2015). Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1).

Nuraini, M. W. (2020). Analisis Perbandingan Aplikasi Manajemen Referensi Zotero 5.0. 66. Dan Endnote X9. Publication Library and Information Science, 3(2), 80–86.

Rafika, A. S., Putri, H. Y., & Widiarti, F. D. (2017). Analisis Mesin Pencarian Google Scholar sebagai Sumber Baru untuk Kutipan. Journal Cerita, 3(2), 193–205.

Susilo, A. (2014). Using Facebook and WhatsApp to leverage learner participation and transform pedagogy at the Open University of Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 15(2), 63–80.

Zulkifli, M., Darmawan, A., & Sutrisno, E. (2014). Motivasi Kerja, Sertifikasi, Kesejahteraan dan Kinerja Guru. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02).




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v3i2.2349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: