PELATIHAN PENGGUNAAN E-BOOK MATEMATIKA BERBASIS TERBIMBING PADA SISWA SMP DAERAH 3T (TERLUAR, TERDALAM, TERDEPAN)

Siti Suprihatiningsih, Nugroho Arif Sudibyo

Abstract


Abstrak: Tujuan dari kegiatan  pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk melatih penggunaan e-book siswa dalam mempelajari matematika dengan pendekatan terbimbing pada materi sistem persamaan linear dua variable (SPLDV). Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode demonstrasi, tanya jawab dan diskusi. Peserta pelatihan adalah 35 siswa-siswi SMP Negeri 5 Ngabang. Analisis data hasil pelatihan ini di analisis menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas selanjutnya uji hipotesis menggunakan t sampel berpasangan. Hasil analisis menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen, hasil pelatihan ini dapat disimpulkan bahwa dengan adanya pelatihan e-book matematika berbasis terbimbing, dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi sistem persamaan linear dua variable (SPLDV).

Abstract: The aim of this community service activity is to train students' use of e-books in learning mathematics with a guided approach to the material system of two-variable linear equations (SPLDV). The method used in this training is the method of demonstration, question and answer and discussion. The training participants were 35 students of SMP Negeri 5 Ngabang. Data analysis of the results of this training was analyzed using prerequisite tests namely normality test and homogeneity test then hypothesis testing using paired t samples. The results of the analysis show that the data are normally distributed and homogeneous, the results of this training can be concluded that with the existence of a guided-based mathematics e-book training, it can improve students' understanding of the material system of two-variable linear equations (SPLDV).


Keywords


Matematika, E-book, SPLDV.

Full Text:

PDF

References


Abdillah, A. (2018). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Aritmatika Bagi Siswa Mts. Nw Tanak Beak. JCES | FKIP UMMat, 1(1), 8. https://doi.org/10.31764/jces.v1i1.68

Al Musthafa, S., & Mandailina, V. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sd Menggunakan Metode Jarimatika. JCES | FKIP UMMat, 1(1), 30. https://doi.org/10.31764/jces.v1i1.71

Bayani, A. (2019). Pengembangan e-Book Matematika Berbasis Masalah Pada Materi Kubus Dan Balok SMP/MTs Kelas VIII. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 7. https://doi.org/10.33474/jpm.v5i1.2625

Isnantyo, F. D., Sumarni, S., & Siswanto, B. (2019). PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MELALUI DIGITAL BOOK PADA GURU-GURU SMK TEKNIK BANGUNAN. SENADIMAS UNISRI, September.

Leo Adhar, E. (2012a). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1–10. http://jurnal.upi.edu/file/Leo_Adhar.pdf

Leo Adhar, E. (2012b). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1–10.

Mukhtar, K., Javed, K., Arooj, M., & Sethi, A. (2020). Advantages , Limitations and Recommendations for online learning during COVID-19 pandemic era. Pakistan Journal of Medical Sciences, 36(COVID-19 Supplement 2020 Special Issue), 27–31.

Prasetya, M. A. (2015). E-Learning Sebagai Sebuah Inovasi Metode Active Learning. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 319–338. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i2.797

Purnomo, Y. W. (2011). KEEFEKTIFAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING DAN COOPERATIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. JURNAL KEPENDIDIKAN, 41(2), 23–33.

Putra, M. T. F., Arianti, & Elbadiansyah. (2019). Analisis Penerapan Model Dan Metode Pembelajaran Tepat. SEBATIK, 23, 317–323.

Rochani, S. (2016). Keefektifan pembelajaran matematika berbasis masalah dan penemuan terbimbing ditinjau dari hasil belajar kognitif kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 273. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.5722

Rohisah, V., Sunardi, & Sugeng, D. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Karakter Pada Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Pokok Bahasanteorema Pythagoras Untuk Smp Kelas Viii. Kadikma, 5(2), 101–110. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=297414&val=5045&title=PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KARAKTER PADA MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) POKOK BAHASANTEOREMA PYTHAGORAS UNTUK SMP KELAS VII

Suprihatiningsih, S., & Sudibyo, N. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Kalkulus Diferensial Berbasis Pendekatan Penemuan Terbimbing di STKIP Pamane Talino. Mercumatika, 4(2), 10–13.

Syafii, A. (2018). Perluasan dan pemerataan akses kependidikan daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal). Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(2), 153–171. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v1i2.4603.154

Teguh, M. (2015). Difusi Inovasi Dalam Program Pembelajaran Jarak Jauh Di Yayasan Trampil Indonesia. Scriptura, 5(2), 71–78. https://doi.org/10.9744/scriptura.5.2.71-78




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v3i2.2354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: