PELATIHAN IMPLEMENTASI METODE CARD SORT PADA PROSES PEMBELAJARAN GURU DAN SISWA
Abstract
Abstrak: Guru lebih sering menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran. Hal ini menyebabkan minimnya pengetahuan guru terhadap metode pembelajaran lain, termasuk metode card sort. Hal ini menyebabkan siswa merasa bosan dan kurang serius menerima pelajaran dengan metode pembelajaran yang monoton hingga berakibat pada menurunya presetasi belajar. Melalui kegiatan pelatihan implementasi metode card sort pada proses pembelajaran guru dan siswa ini harapkan memberikan solusi atas masalah yang di hadapi di Boarding School Mu’allimin Muhammadiyah Lombok Barat. Kegiatan dilaksanakan melalui 3 tahapan kegiatan yaitu: tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahapan pelaksanaan kegiatan dilakukan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan simulasi. Tim dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini merupakan dosen dan mahasiswa Prodi PPKn UMMAT. Tim telah memiliki pengalaman dalam pelaksanaan metode Card Sort, serta tim juga memiliki pengalaman dalam kegiatan-kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Kegiatan terlaksana dengan lancar dan sukses, mitra terlibat maksimal bahkan mitra menginginkan kegiatan PkM terus dilakukan setiap tahun terutama pembahasan tentang metode card sort pada proses pembelajaran guru dan siswa. Pelatihan metode card sort pada proses pembelajaran guru dan siswa mendukung tugas guru di era industry 4.0.
Abstract: Teachers often use the lecture method in learning. This causes a lack of teachers' knowledge of other learning methods, including the card sort method. This causes students to feel bored and less serious about receiving lessons with monotonous learning methods, resulting in a decrease in learning performance. Through the implementation of the Card sort method in the learning process of teachers and students, it is hoped that it will provide solutions to the problems faced at the Boarding School Mu'allimin Muhammadiyah West Lombok. The activity is carried out through 3 stages of activities, namely: preparation, implementation, and evaluation stages. The stages of the implementation of the activity were carried out using the method of lectures, questions and answers, and simulations. The team in the implementation of this service activity is lecturers and students of the UMMAT PPKn Study Program. The team has experience in implementing the Card Sort method, and the team also has experience in Community Service activities. The activity was carried out smoothly and successfully, partners were involved to the maximum, and even partners wanted PkM activities to continue to be carried out every year, especially the discussion of the card sort method in the learning process of teachers and students. Training on the card sort method in the learning process of teachers and students supports teachers' duties in the industry 4.0 era.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrizal. (2014). Metode penelitian kualitatif: Sebuah upaya mendukung penggunaan penelitian kualitatif dalam berbagai disiplin ilmu. PT RajaGrafindo Persada.
Angraini, R. (2017). Karakteristik media yang tepat dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan nilai. Journal of Moral and Civic Education, 1(1), 14–24.
Apriliani, N., Ardilansari, A., Saddam, S., Maemunah, M., Mayasari, D., & Rejeki, S. (2023). Metode Pembelajaran Quantum Learning Berbasis Strategi Inkuiri pada Pembelajaran PPKn. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 27–34.
Aprionika, D., Rejeki, S., Hafsah, H., Sakban, A., & Saddam, S. (2022). The Behavior of Mataram City Residents in Facing Covid-19. Seminar Nasional Paedagoria, 2, 24–29.
Asril, A., Jaenam, J., Syahrizal, S., Armalena, A., & Yuherman, Y. (2023). Peningkatan Nilai-Nilai Demokrasi dan Nasionalisme Pada Mahasiswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1300–1309.
Astuti, W., & Syafril, E. P. E. (2022). Penggunaan Metode Card Sort pada Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 604–609. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.412
Deliyati, A., Gustina, R., Winata, A., Rejeki, S., Saddam, S., & Bidaya, Z. (2023). Pentingnya Peranan Pendidikan Karakter dalam Menghadapi Tatangan di Era Digitalisasi. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 478–486.
Fitriani Dwi. (2022). Implementasi Active Learning Metode Card Sort Pada Pembelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kelas XI Madrasah Aliyah Al Haq Benculuk Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022. In Digital Library.
Fraydika, O. (2021). Implementasi Metode Card Sort Pada Pembelajaran Fiqih Di Man 3 Pasaman Barat. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 1–9.
Gani, A. A., & Saddam, S. (2020). Pembelajaran Interaktif Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Mobile Learning di Era Industri 4.0. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 36–42.
Hafsah, H., Bidaya, Z., & Kadafi, M. (2021). Dampak Pembelajaran Dalam Jaring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran PKn. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(2), 72–78.
Hafsah, H., & Sumiati, S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Sekolah Dasar Melalui Model Learning Community Berbasis Audio Visual. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 12(1), 39–45.
Humaeroh, S., & Dewi, D. A. (2021). Peran pendidikan kewarganegaraan di era globalisasi dalam pembentukan karakter siswa. Journal on Education, 3(3), 216–222.
Indonesia, U.-U. R. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Isnaini, I., Humaira, H., Saddam, S., Nurlailah, N., & Kamaludin, K. (2022). Internalisasi Nilai Nasionalisme Mahasiswa Melalui Pilot Project Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(1), 7–12.
Maemunah, M., Hafsah, H., Sakban, A., Resmini, W., Pani, Z., Sulistia, Z., Fitrianingsih, F., & Melani, A. T. (2023). Diseminasi Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Tugas Guru Dalam Mendidik dan Membimbing Anak Berdasarkan Profil Pancasila DI SMP. JCES (Journal of Character Education Society), 6(3), 597–605.
Mandailina, V., Pramita, D., Syaharuddin, S., Saddam, S., Mahsup, M., & Abdillah, A. (2021). Rumah Belajar: Sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Android Bagi Siswa di Lombok Barat. Journal Of Human And Education (JAHE), 1(1), 9–12.
Muliyani, M. (2022). Penerapan Metode Card Sort Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Kelas V Di Sdn 1 Selat Barat. Prosiding Pendidikan Profesi Guru …, 2(2), 770–780.
Nasution, A. J., Septya, J. D., Uswah, F., Widyaningsih, A., & Gusnirwan, H. (2023). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran PPKn di Prestige Bilingual School Kota Medan . EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 3(1), 118–126. https://doi.org/10.47467/edui.v3i1.3153
Nursyatin, N., Gustina, R., Saddam, S., Rejeki, S., Mayasari, D., & Isnaini, I. (2023). Pentingnya Teknologi dalam Dunia Pendidikan untuk Bersaing di Era 4.0 serta Pengaruhnya. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 333–341.
Oktaviani, E., Feri, J., & Susmini, S. (2020). Pelatihan pertolongan pertama kasus kegawatdaruratan di Sekolah dengan Metode Simulasi. JCES (Journal of Character Education Society), 3(2), 403–413.
Prijanto, J. H., & De Kock, F. (2021). Peran guru dalam upaya meningkatkan keaktifan siswa dengan menerapkan metode tanya jawab pada pembelajaran online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238–251.
Putri, I. N., & Syuraini, S. (2021). Hubungan Antara Penggunaan Metode Tanya Jawab dengan Partisipasi Peserta Pelatihan Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 320–326.
Rejeki, S., Saddam, S., & Muttaqin, Z. (2022). Evaluasi Implementasi Pemanfaatan Bahan Ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Pembelajaran Daring. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(4), 18–22.
Saddam, Saddam. Syudirman, S. (2024). Konsep Pendidikan Kewarganegaraan di SD/MI (Tim Einstein College (ed.); 1st ed.). Penerbit Einstein College. https://lembagaeinsteincollege.com/konsep-pendidikan-kewarganegaraan/
Saddam, S. (2019a). Integrasi Nilai-Nilai Konservasi Habituasi Kampus Melalui Kegiatan Nonakademik. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(2), 20–28.
Saddam, S. (2019b). Integrasi Nilai-Nilai Konservasi Habituasi Kampus Universitas Negeri Semarang Melalui Kegiatan Akademik. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(1), 27–34.
Saddam, S. (2023). Pelatihan Pengembangan Instrumen Afektif Dengan Software Lisrel 8.5 Untuk Guru Sma Muhammadiyah Mataram. Abdi Masyarakat, 5(1), 2107–2112.
Saddam, S., Iskandar, I., Lestanata, Y., Sudarta, S., Hidayat, R., Rachman, M. T., Zitri, I., Ardyawin, I., Rifaid, R., & Jafar, M. U. A. (2022). Penguatan Nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Melalui Penerapan Baitul Arqam Bagi Pemuda Muhammadiyah. Abdimas Mandalika, 1(1), 22–30.
Saddam, S., Lestanata, Y., Isnaini, I., Ihsan, I., Saoki, M., & Jafar, M. U. A. (2018). Pelatihan Pertolongan Pertama Search And Rescue (PP-SAR) Air Nasional Korps Sukarela Palang Merah Indonesia dan Relawan Perguruan Tinggi Se-Indonesia. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 2(1), 43–58.
Saddam, S. N. D. S. (2023). Kepribadian Konservasi Berbasis Habituasi (S. Syaharuddin, M (ed.); 1st ed.). CV. Penerbit Qiara Media. https://amazinglifepublikasi.com/product/kepribadian-konservasi-berbasis-habituasi/
Saddam, S., Setyowati, D. L., & Juhadi, J. (2016). Integrasi Nilai-nilai Konservasi dalam Habituasi Kampus untuk Pembentukan Kepribadian Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Journal of Educational Social Studies, 5(2), 128–135.
Saddam, S., Zurohman, A., & Bahrudin, B. (2018). The Integration Strategy of Conservation Values in Habituation of Semarang State University Campus. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 1(2), 1–13.
Sakban, A., Maemunah, M., & Hafsah, H. (2021). Pelatihan Pencegahan Bullying Bagi Organisasi Kemahasiswaan di Universitas Muhammadiyah Mataram. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 2(2), 211–221.
Saleh, F., Gustina, R., Muttaqien, Z., Mayasari, D., Rezeki, S., & Saddam, S. (2023). Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi dalam Menumbuhkan Semangat Belajar Peserta Didik. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 244–253.
Sari, N. (2018). Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Metode Card Sort pada Siswa SD Negeri 050748 Pangkalan Berandan Tahun Ajaran 2016-2017. Tabularasa, 15(1), 83. https://doi.org/10.24114/jt.v15i1.10408
Setyowati, D., Saddam, S., & Handoyo, E. (2020). Application of Conservation Value for Character Developing of Universitas Negeri Semarang Students. https://doi.org/10.4108/eai.29-6-2019.2290416
Virgiani, B. N., Aeni, W. N., & Safitri, S. (2022). Pengaruh Pelatihan Siaga Bencana dengan Metode Simulasi terhadap Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana: Literature Review. Bima Nursing Journal, 3(2), 156–163.
Yusuf, F., Anitra, R., & Setyowati, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Card Sort Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 1–12.
DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v7i3.25291
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=======================
JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341
=======================
=======================
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:
EDITORIAL OFFICE: