BAHASA DAN LATAR TEMPAT SEBAGAI PENDEKATAN DALAM VIDEO PENYULUHAN TENTANG VIRUS COVID-19

Dinda Rizki Tiara

Abstract


Abstrak: Pandemi Covid-19 merupakan wabah besar yang sedang terjadi di seluruh belahan dunia, termasuk di Indonesia. Penularan virus Covid-19 di Indonesia yang massive  menuntut adanya informasi yang tepat dan disebarkan secara terus menerus agar masyarakat dapat meningkatkan kesadaran dan mendapatkan edukasi yang tepat mengenai penyebaran dan pencegahan Covid-19. Pada beberapa masyarakat yang kental dengan budaya, seperti masyarakat Madura, diperlukan pendekatan kontekstual dalam melakukan penyuluhan agar informasi tersebut bisa sampai dengan tepat pada masyarakat. Latar belakang budaya dan latar wilayah daerah menjadi pertimbangan penting dalam kegiatan penyuluhan Covid-19. Penyuluhan dilakukan melalui video yang telah dibuat dengan menggunakan bahasa Madura dengan tujuan informasi dan himbauan tersebut terasa dekat dengan masyarakat, sehingga perhatian pada informasi dan pelaksanaan himbauan lebih banyak dilakukan. Penyuluhan ini dilakukan pada salah satu daerah di Kabupaten Pamekasan, Madura yang kental akan budayanya. Hasilnya masyarakat lebih memahami cara menghindar dari virus Covid-19 dan dapat mengurangi penyebaran virus tersebut.

Abstract: The Covid-19 pandemic is a major epidemic that currently occurring in all parts of the world, including in Indonesia. The massive transmission of the Covid-19 virus in Indonesia requires proper and continuous information to be disseminated so that the public could raise the awareness and receive the right information about the spread and prevention of Covid-19. In some societies that are salient with culture values, such as the Madurese community, a contextual approach is needed in conducting prevention program so that the information could reach the community accurately. Cultural values and regional background are essential points for conducting Covid-19 counseling program. Therefore, the prevention and mitigation of Covid-19 program in Madura should be conducted in a contextual manner so it more appealing and close the heart of public. The counseling was conducted through videos using the Madurese language with the cultural approach so many people could raise their awareness about the importance of Covid-19 prevention program. This counseling was carried out in one of the areas in Pamekasan Regency, Madura which salient with its cultural value.


Keywords


Covid-19, Penyuluhan, Budaya.

Full Text:

PDF

References


Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3), 217–226.

Fajar, A., & Restivia, D. Y. (2011). Pengaruh Pemberitaan Surat Kabar Kompas, Seputar Indonesia dan Media Indonesia Terhadap Persepsi Masyarakat Pengguna Tabung Gas. Jurnal ASPIKOM, 1(2), 171. https://doi.org/10.24329/aspikom.v1i2.16

Fatmawati, F. (2020). Edukasi Penggunaan Hand Sanitizer Dan Pembagian Hand Sanitizer Disaat Pandemi Covid-19. 3(2), 432–438.

Hasrul, M. (2020). ASPEK HUKUM PEMBERLAKUAN PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR (PSBB) DALAM RANGKA PENANGANAN CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19). LEGISTATIF, 3, 385–398.

Herlan, H., Efriani, E., Sikwan, A., Hasanah, H., Bayuardi, G., Listiani, E. I., & Yulianti, Y. (2020). KETERLIBATAN AKADEMISI DALAM MENANGGULANGI DAMPAK COVID-19 TERHADAP MASYARAKAT MELALUI AKSI BERBAGI SEMBAKO. JCES (Journal of Character Education Society), 3(2), 266–276.

Hidayat, A. (2012). Karakter Orang Madura Dan Falsafah Politik Lokal. KARSA: Journal of Social and Islamic Culture, 15(1), 1–14. https://doi.org/10.19105/karsa.v15i1.109

Khatimah, H. (2018). Posisi Dan Peran Media Dalam Kehidupan Masyarakat. Tasamuh, 16(1), 119–138. https://doi.org/10.20414/tasamuh.v16i1.548

Limilia, P., & Pratamawaty, B. B. (2020). Google Trends and Information Seeking Trend of COVID-19 in Indonesia. Jurnal ASPIKOM, 5(2), 188. https://doi.org/10.24329/aspikom.v5i2.741

Mawan, A. R., Indriwati, S. E., & Suhadi. (2017). Pengembangan Video Penyuluhan Perilaku. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 883–888.

Sobarudin, K. (2019). Konsep Dan Dinamika Komunikasi Antarbudaya di Indonesia. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 4(1), 41. https://doi.org/10.29240/jdk.v4i1.886

Wibhisono, I. G. L. A. K. (2020). Framing Analysis of the Kompas’ COVID-19 Coverage: January 2020 Edition. Jurnal ASPIKOM, 5(2), 219. https://doi.org/10.24329/aspikom.v5i2.717

Widiastuti, T. (2012). Sebuah Konflik Antarbudaya di Media. Journal Communication Spectrum, Vol. 1 No., 147–170.

Wirawan, S. L. K. A. N. K. S. S. (2014). Penyuluhan Dengan Media Audio Visual Dan Konvensional Terhadap Pengetahuan Ibu Anak Balita. KESMAS - Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(1), 80–87. https://doi.org/10.15294/kemas.v10i1.3073

Yuliana. (2020). Corona virus diseases (Covid-19); Sebuah tinjauan literatur. WELLENSS AND HEALTHY MAGAZINE, 2(February), 187–192. https://doi.org/10.2307/j.ctvzxxb18.12

Yulida, R., Sayamar, E., Andriani, Y., & Sari, R. Y. (2017). Efektivitas Media Visual Dan Media Audio- Visual Dalam Penyuluhan Di Kelurahan Kabupaten Siak. Celscitech-UMRI, 2, 19–22.




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v3i3.2897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: