OPTIMALISASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL: PELATIHAN TEKNOLOGI INFORMASI GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN LOMBOK BARAT
Abstract
Abstrak: Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan praktis kepada guru pendidikan ilmu pengetahuan sosial dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran. Metode yang digunakan mencakup sesi teori dan praktik yang melibatkan penggunaan berbagai perangkat lunak serta platform pembelajaran digital, seperti Google Classroom, Kahoot, dan Canva. Guru pendidikan ilmu pengetahuan sosial diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi fitur-fitur teknologi yang mendukung pembuatan materi ajar, evaluasi pembelajaran, serta komunikasi dengan siswa secara lebih efektif. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan guru pendidikan ilmu pengetahuan sosial dalam mengaplikasikan teknologi dalam proses pembelajaran. Guru pendidikan ilmu pengetahuan sosial menjadi lebih percaya diri dalam menggunakan alat digital untuk menyusun materi, mengelola kelas secara daring, serta meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian, pelatihan ini diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran ilmu sosial di SMP Swasta di Kabupaten Lombok Barat serta mendorong inovasi dalam dunia pendidikan berbasis teknologi.
Abstract: This training aims to provide understanding and practical skills to social studies education teachers in integrating technology into learning. The methods include theory and practice sessions involving various software and digital learning platforms, such as Google Classroom, Kahoot, and Canva. Social studies education teachers can explore technology features that support the creation of teaching materials, learning evaluation, and communication with students more effectively. The results of this training show an increase in the understanding and skills of social studies education teachers in implementing technology in the learning process. Social studies education teachers become more confident in using digital devices to compile materials, manage classes online, and increase student interaction and involvement in learning. Thus, this training is expected to improve social studies learning quality in private junior high schools in West Lombok Regency and encourage innovation in the world of technology-based education.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aifalesasunanda, R., Citriadin, Y., & Maujud, F. (2024). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Literasi Digital Di MTS Nurul Yasin Buer Sumbawa. ASCENT: Al-Bahjah Journal of Islamic Education Management, 2(1), 42-58. https://doi.org/10.61553/ascent.v2i1.153
Arisanti, I., Rasmita, R., Kasim, M., Mardikawati, B., & Murthada, M. (2024). Peran Aplikasi Artificial Intelligences Ai Dalam Mengembangkan Dan Meningkatkan Kompetensi Profesional Dan Kreatifitas Pendidik Di Era Cybernetics 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5195-5205. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8455
Aulia, R. ., & Wandini, R. R. . (2023). Karakteristik Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4034–4040. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13889
Caswanda, C., Sutisna, E., & Saputra, K. E. A. (2024). Peran Manajemen Pendidikan Pada Implementasi Teknologi Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 2(1), 57-67. https://journal.pipuswina.com/index.php/jippsi/article/view/118
Hasna, M. (2024). Digitalisasi Pengelolaan Sekolah Dasar Negeri Kota Banjarmasin: Tinjauan Analisis SWOT Dalam Strategi Pengembangan Sekolah Digital. Jurnal Pendidikan Modern, 10(1), 32-42. https://doi.org/10.37471/jpm.v10i1.1053
Ilmi, A. R. M. ., Junaidi, A. ., Yusnanto, T. ., Kase, E. B. ., Safar, M. ., & Sari, M. N. . (2024). Belajar Di Era Digital: Memahami Teknologi Pendidikan Dan Sumber Belajar Online. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 782–789. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24799
Jansen, C., & van der Merwe, P. (2015). Teaching Practice in the 21st Century: Emerging Trends, Challenges and Opportunities. Universal Journal of Educational Research, 3(3), 190-199. https://doi.org/10.13189/ujer.2015.030304
Milidar, K. (2024). Inovasi Pembelajaran Pai Dengan Pendekatan Interaktif Untuk Generasi Milenial. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 6275-6284. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.36365
Qondias, D., & Irmawati, Y. (2024). Studi Analisis Permasalahan Pembelajaran Kelas 4 Pada Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar Katolik Waerana II. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 2(2), 133-143. https://doi.org/10.38048/jpicb.v2i2.4640
Said, S. (2023). Peran teknologi digital sebagai media pembelajaran di era abad 21. Jurnal PenKoMi: Kajian Pendidikan Dan Ekonomi, 6(2), 194-202. https://doi.org/10.33627/pk.62.1300
Sajdah, S. P., Juwita, P., Arkananta, A. M., & Kusumaningrum, H. (2025). Manajemen Sarana Prasarana Berbasis Teknologi untuk Pembelajaran Abad 21. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 3(1), 77-94. https://doi.org/10.61132/jmpai.v3i1.827
Siregar, S. (2024). Strategi Penggunaan Tik (Teknologi Informasi Komunikasi) Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa Di Smk Negeri 1 Tanjung Pura Langkat. Fala Jurnal Ilmiah Multidisipliner, 2(1). 1-8.
Voogt, J., Erstad, O., Dede, C., & Mishra, P. (2013). Challenges to learning and schooling in the digital networked world of the 21st century. Journal of computer assisted learning, 29(5), 403-413. https://doi.org/10.1111/jcal.12029
Wahyudi, N. G., & Jatun, J. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pendidikan: Tantangan dan Peluang Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 444-451. https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1138
Yorman, Y. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournaments Berbasis Direct Instruction Bermuatan Budaya Lokal Maja Labo Dahu Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Sikap Sosial Dalam Mata Pelajaran IPS (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha). https://repo.undiksha.ac.id/17814/
Йорман, Й., Ласмаван, I. В., & Кенжебаева, А. Т. (2022). Влияние Академических Достижений По Социологии На Поведение, Основанное На Местной Культуре. Статистика, учет и аудит, 85(2), 122-132. https://doi.org/10.51579/1563-2415.2022-2.14
DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v8i3.30028
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=======================
JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341
=======================
=======================
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:
EDITORIAL OFFICE: