MANAGEMENT OF ANXIETY DURING DISTANCE LEARNING THROUGHOUT COVID-19 PANDEMIC IN SENIOR HIGH SCHOOL
Abstract
Abstrak: WHO telah menetapkan Covid-19 sebagai sebagai pandemi global karena persebarannya sangat cepat ke seluruh penjuru dunia. Oleh karena itu, Kemendikbud menerbitkan surat edaran tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari rumah, sehingga proses pembelajaran dilakukan dengan metode pembelajaran jarak jauh. Namun, banyak rintangan yang harus dihadapi oleh pendidik maupun peserta didik. Salah satunya adalah jaringan internet yang tidak stabil, lingkungan tempat belajar yang tidak kondusif, serta beban tugas bertambah dibandingkan pada saat pembelajaran dengan tatap muka. Hal tersebut menimbulkan kecemasan dan dapat berdampak pada menurunnya prestasi belajar peserta didik. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan informasi dalam mengelola kecemasan selama Pembelajaran Jarak Jauh pada masa pandemi Covid-19 pada remaja SMA. Metode yang digunakan adalah metode ceramah secara virtual kepada remaja SMA. Hasil pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa penyebab kecemasan selama pembelajaran jarak jauh yang dialami oleh peserta didik yang paling banyak adalah tidak siap menghadapi jenjang selanjutnya, yaitu sebanyak 40 peserta didik (74%), terlambat mengikuti kelas sebanyak 31 peserta didik (57%), dan deadline tugas, yaitu sebanyak 29 peserta didik (54%). Hal tersebut menunjukkan bahwa penyuluhan kesehatan mengenai pengelolaan kecemasan selama pembelajaran jarak jauh pada remaja SMA perlu untuk dilakukan.
Abstract: WHO has establised Covid-19 as a global pandemic because it spreads very quickly to all corners of the world. Therefore, the Ministry of Education and Culture issued a circular regarding the Guidelines for the Implementation of Learning from Home, so that the learning process is carried out using the distance learning method. However, there are many obstacles that must be passed by teachers and students. One of them is an unstable internet network, a learning environment that is not conducive, and an increased task load compared to face-to-face learning. This causes anxiety and can have an impact on decreasing student achievement. This community service aims to provide information on managing anxiety during Distance Learning during the Covid-19 pandemic for high school youth. The method used is a virtual lecture method to adolescents on senior high school. The most common causes of anxiety during distance learning experienced by students are not ready to face the next levels as many as 40 students (74%), being late for class as many as 31 students (57%), and task deadlines as many as 29 students (54%). This shows that health education is needed regarding the management of anxiety during distance learning in adolescent on senior high school.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spiritual Dan Persekitaran Keluarga Terhadap Stres Akademik Murid Sekolah Menengah.” Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH) 5(5):12–23. doi: 10.47405/mjssh.v5i5.407.
Fauziyyah, Rifa, and Rinka Citra Awinda. 2021. “Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Tingkat Stres Dan Kecemasan Mahasiswa Selama Pandemi COVID-19 Impact of Distance Learning on Student Stress and Anxiety Levels during The COVID-19 Pandemic Mengeluarkan Surat Edaran Mendikbud.” Bikfokes 1:113–23.
Hasanah, Uswatun, Ludiana, Immawati, and Livana PH. 2020a. “Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19.” 8(3):299–306.
Hasanah, Uswatun, Ludiana, Immawati, and Livana PH. 2020b. “Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19.” Jurnal Keperawatan Jiwa 8(3):299–306.
Hastini, Lasti Yossi, Rahmi Fahmi, and Hendra Lukito. 2020. “Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi Dapat Meningkatkan Literasi Manusia Pada Generasi Z Di Indonesia?” Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA) 10(1):12–28. doi: 10.34010/jamika.v10i1.2678.
HIMPSI. 2020. “Mengatasi Kecemasan Pembelajaran Jarak Jauh | HIMPSI.” Retrieved August 8, 2021 (https://himpsi.or.id/blog/materi-edukasi-covid-19-5/post/mengatasi-kecemasan-pembelajaran-jarak-jauh-120).
Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan, Direktorat. 2020. “PANDUAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH Bagi GURU Selama Sekolah Tutup Dan Pandemi Covid-19 Dengan Semangat Merdeka Belajar.”
Kartika, Difa. 2020. “Faktor – Faktor Kecemasan Akademik Selama Pembelajaran Daring Pada Siswa SMA Di Kabupaten Sarolangun.” 4:3544–49.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. “Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan » Republik Indonesia.”
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi. 2020. “Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Bisa Jadi Model Pendidikan Masa Depan - Direktorat Sekolah Dasar.” Retrieved August 8, 2021 (http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/pembelajaran-jarak-jauh-pjj-bisa-jadi-model-pendidikan-masa-depan).
Morgan, Hani. 2020. “Best Practices for Implementing Remote Learning during a Pandemic.” Https://Doi.Org/10.1080/00098655.2020.1751480 93(3):135–41. doi: 10.1080/00098655.2020.1751480.
National Institute of Mental Health. 2018. “NIMH » Anxiety Disorders.”
Oktawirawan, Dwi Hardani. 2020a. “Faktor Pemicu Kecemasan Siswa Dalam Melakukan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.” 20(2):541–44. doi: 10.33087/jiubj.v20i2.932.
Oktawirawan, Dwi Hardani. 2020b. “Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Batanghari Jambi ISSN.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 20(2):2549–4236. doi: 10.33087/jiubj.v20i2.932.
Rudiansyah, Amirullah, and Muhammad Yunus. 2016. “Purposive Sampling.” 1:96–109.
Rusdiana, Emmilia, Emmilia Rusdiana, and Arianto Nugroho. 2020. “Respon Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia UNESA.” Integralistik 31(1):1–12. doi: 10.15294/integralistik.v31i1.21834.
Sevima. 2020. “6 Metode Pembelajaran Paling Efektif Di Masa Pandemi Menurut Para Pakar.” Retrieved July 6, 2021 (https://sevima.com/6-metode-pembelajaran-paling-efektif-di-masa-pandemi-menurut-para-pakar/).
Sohrabi, Catrin, Zaid Alsafi, Niamh O’Neill, Mehdi Khan, Ahmed Kerwan, Ahmed Al-Jabir, Christos Iosifidis, and Riaz Agha. 2020. “World Health Organization Declares Global Emergency: A Review of the 2019 Novel Coronavirus (COVID-19).” International Journal of Surgery (London, England) 76:71. doi: 10.1016/J.IJSU.2020.02.034.
WHO. 2020. “WHO Expert Mission to Belarus Recommends Physical Distancing Measures as COVID-19 Virus Transmits in the Community.” Retrieved August 8, 2021 (https://www.who.int/news-room/feature-stories/detail/who-expert-mission-to-belarus-recommends-physical-distancing-measures-as-covid-19-virus-transmits-in-the-community).
DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v5i1.5804
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=======================
JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341
=======================
=======================
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:
EDITORIAL OFFICE: