COMMUNITY SERVICE IN THE FORM OF ACADEMIC WRITING TRAINING

Rusi Rusmiati Aliyyah, Dina Intan Sukmayanti, Gita Rahayu, Siti Habibah, Endah Faridah, Venny Oktaviany

Abstract


Abstrak: Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang harus dilakukan oleh mahasiswa dan dosen dalam rangka mencapai tri dharma perguruan tinggi. COVID-19 memaksa civitas akademika untuk melaksanakan KKN secara bauran antara daring dengan luring dalam Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). KKN dilakukan melalui kegiatan pelatihan penulisan artikel ilmiah nasional dengan tujuan untuk memberikan pemahaman ilmu menulis artikel pada jurnal nasional terindeks SINTA (Science and Technology Index). Metode pelatihan dilakukan melalui kegiatan webinar nasional dengan melibatkan perserta terdiri dari dosen, mahasiswa, guru, pengawas, penilik dan kepala sekolah dari 15 provinsi di Indonesia. Hasil pelatihan menyatakan bahwa kegiatan webinar memberikan pengetahuan kepada peserta untuk memahami dan mampu menulis artikel ilmiah pada jurnal nasional terindeks SINTA. Hal tersebut terlihat dari data yang diberikan peserta pelatihan kepada panitia sebanyak 60% setelah mengikuti kegiatan pelatihan dapat mensubmit artikel pada jurnal pengabdian kepada masyarakat.

Abstract: Actual Work Lecture (KKN) is a community service activity that students and lecturers must carry out to achieve the tri-dharma of higher education. COVID-19 has forced the academic community to carry out KKN in a mixed manner between online and offline in the Adaptation of New Habits (AKB). KKN is carried out through national scientific article writing training activities to provide an understanding of the science of writing articles in national journals indexed by SINTA (Science and Technology Index). The training method is carried out through national webinar activities involving lecturers, students, teachers, supervisors, supervisors, and school principals from 15 provinces in Indonesia. The training results stated that the webinar activity gave participants the knowledge to understand and write scientific articles in the SINTA-indexed national journal. This can be seen from the data provided by the training participants to the committee; as much as 60%, after participating in the training activities, can submit articles to community service journals.


Keywords


Community service; training; scientific writing.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, E. N., & Mahanani, P. (2017). Pelatihan Menulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Abdimas Pedagogi, 1(1), 22–26.

Aliyyah. (2021). Training on Writing Scientific Articels Based on Community Service. JCES (Journal of Character Education Society), 4(2), 285–297.

Aliyyah, R. R. (2017). Peningkatan Cinta Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan Melalui Program Pengabdian Masyarakat. 46–60.

Aliyyah, R. R. (2018). Developing Entrepreneurship Characters through Community Service Program. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 2(2), 265–287.

Aliyyah, R. R., Fauziah, R., & Asiyah, N. (2017). Peningkatan Cinta Lingkungan Dan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan Melalui Program Pengabdian Masyarakat Increased Love for the Environment and Empowerment of Rural Communities Through Community Service Programs. 46–60.

Bagus Setya. (2021). Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata (KKN Tematik Covid-19). Universitas Muhammadiyah Jember Press.

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional. (2022). Kamus besar Bahasa Indonesia.

Gunawan. (2018). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–135. www.sciencedirect.com;

Gunawan. (2020). Webinar Sebagai Sumber Belajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Agama Dan Budaya, 4(2), 127–132.

Hubner, I. B. (2021). Cara Mudah Menyelenggarakan Webinar Yang Sukses. (NEM (ed.)).

Kholik. (2021). Panduan Kuliah Kerja Nyata Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. UNIDA Press.

Satriadi. (2020). Buku Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. ICM.

Setya, B. (2002). Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata (KKN Tematik Covid-19). UM Jember Press.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1–6.

Syardiansah, S. (2019). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), 57–68. https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1.915

Undang-Undang RI No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. (2005). Undang-Undang RI No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v6i2.9865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: