PENERAPAN ANDRAGOGI PADA LEMBAGA KURSUS BAHASA INGGRIS

Sahri Suwandi

Abstract


Penelitian ini di latarbelakangi oleh sebuah fenomena yang menggambarkan bertahan dan betahnya warga belajar mengekuti peraturan dan belajar di Basic English Course (BEC) Pare Kediri, padahal tidak banyak menerapkan prinsip-prinsip andragogi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengapa warga belajar bertahan belajar di dalamnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dengan disain fenomenologi. Pengumpulan data dengan wawancara mendalam,  obserfasi, dan  study dokumentasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa memilih dan betahnya warga belajar kursus bahasa Inggris di BEC karena  lingkungannya menarik dan menguntungkan karena perkampungan bahasa Inggris yang mana jarang dijumpai di Indonesia. Terkenal banyak alumni sukses dan menjujung tinggi nilai keagamaan. Peraturannya menarik mewajibkan warga belajar berbahasa Inggris di area BEC. Program-program ekstra yang lebih menarik dan fleksibel ada   kebebasan, kenyamanan, metodenya tidak monoton ada diskusi, permainan, dan debat dibandingkan program inti. Biaya hidup dan biaya kursus murah, waktunya  cukup ideal  tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lama 6 bulan. Warga belajar mengikuti aturan yang ketat bukan karena suka, tetapi keterpaksaan atas besarnya motivasi untuk dapat berbahasa Inggris. Mencari pengalaman baru seperti mencari banyak teman dan pasangan hidup.

Keywords


Kursus, Pendidikan Nonformal, bertahan

Full Text:

PDF

References


Apps, W. Jerol. 1979. Problem in Continuing Education. California: Mc Graw-Hill Book Company

Cranton, P. 1989. Planning Instruction for Adult Learners. Toronto: California Wall & Emerson, Inc

Cross, K. Patricia. 1983. Adult As Learners Increasing Participation and Fasilitating Learning. San Francisco: Jossey-Bass Publisher.

Kartono, Kartini, 1992. Pengantar Ilmu Mendidik Teoritis : Apakah Pendidikan Masih Diperlukan ? Bandung : Mandar Maju.

Knowles Malcolm, 1984. The Adult Learner A Neglected Species. Houston: Guff Publishing Company.

Knowles, Malcolm S 1970 “The Modern Practice of Adult Education, Andragogy versus Pedagogy” New York: Association Press.

Knowles, Malcom S. 1980. The Modern Practice of Adult Education: From Pedagogy to Andragogy. New York: Combridge.

Rohmad, Zaini, 1997. Eksistensi PLS. Makalah Seminar dan Konferensi /SPPS/. IKIP Surabaya.

Romizowski. A.J. 1986. Developing Auto Instructional Materials. New York: Kagan Page. London/ Nicholas Publishing.

Sudjana. 1996. Pendidikan Luar Sekolah: Wawasan, Sejarah, Perkembangan, Falsafah dan Teori Pendukung. Nusantara Press Bandung

Suprijanto. 2007. Pendidikan Orang Dewasa: Dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara

Uno, H.B 2007. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.31764/leltj.v3i2.390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Linguistics and English Language Teaching Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_____________________________________________________

Linguistics and ELT Journal

p-ISSN 2339-2940 | e-ISSN 2614-8633

Creative Commons License
LELTJ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_____________________________________________________

LELTJ is abstracting & indexing in the following databases:

             

_____________________________________________________

LELTJ Editorial Office: