PERAN POS KAMLING SEBAGAI PUSAT POJOK BACA DALAM MENINGKATKAN LITERASI MASYARAKAT DESA BAMBAPUANG ENREKANG

Muhammad Abdillah Salman Lubis RM, Muhammad Nasrul, Andi Ahmad Chabir Galib

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis bagaimana pemanfaatan pos keamanan lingkungan (pos kamling) sebagai pusat pojok baca dapat berkontribusi dalam peningkatan literasi masyarakat setempat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan tokoh masyarakat, relawan literasi, dan warga setempat, serta dokumentasi kegiatan pojok baca di pos kamling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif model Miles dan Huberman yang meliputi tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian menunjukkan bahwa inisiatif mengubah fungsi pos kamling menjadi pojok baca memberikan dampak signifikan terhadap minat dan kebiasaan membaca masyarakat, terutama di kalangan anak-anak dan remaja. Pos kamling yang semula hanya berfungsi sebagai pos jaga keamanan lingkungan kini mengalami pergeseran fungsi menjadi ruang publik yang edukatif dan inklusif. Keberadaan buku-buku bacaan yang bervariasi dan mudah diakses membuat masyarakat merasa lebih dekat dengan budaya literasi. Faktor pendukung keberhasilan program ini meliputi partisipasi aktif masyarakat, dukungan pemerintah desa, keterlibatan pemuda sebagai penggerak literasi, serta kemitraan dengan pihak luar seperti komunitas literasi dan donatur buku. Kendati demikian, masih terdapat beberapa tantangan seperti keterbatasan jumlah koleksi bacaan, kurangnya fasilitas yang memadai, dan minimnya pelatihan pengelolaan pojok baca bagi relawan. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa pos kamling memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai pusat literasi berbasis komunitas. Oleh karena itu, strategi serupa dapat direplikasi di desa-desa lain sebagai upaya pemberdayaan literasi secara berkelanjutan. Implikasi praktis dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan pendekatan partisipatif dan pemanfaatan ruang publik yang ada, masyarakat desa dapat menciptakan pusat literasi yang efektif meskipun dengan sumber daya terbatas. Implikasi akademik dari penelitian ini membuka ruang untuk kajian lebih lanjut mengenai transformasi fungsi sosial infrastruktur lokal sebagai media pemberdayaan literasi berbasis komunitas.


Full Text:

PDF (73-83)

References


Draditaswari, S. Y., & Hidayah, H. (2024). Penguatan Literasi Sebagai Bagian Gerakan Literasi Perpustakaan Masjid Pada Masjid Haramain Desa Tratak Lombok Tengah.

Hidayah, H. (2023). Optimalisasi Program Literasi Desa di Jawa Tengah.

Ismaya, I., Busa, Y., Elihami, E., Galib, A. A. C., Dwi, U., Bando, M. A., & Rahmat, R. (2023). Peraturan Daerah Penyelenggaraan Perpustakaan dan Gerakan Literasi Kabupaten Enrekang. Journal Of Progressive Innovation Library Service, 3(1).

Kumalaningrum, A. (2023). Desain dan Pengembangan Pojok Literasi dan Pelatihan Sosial Media pada RT 62 Kelurahan Graha Indah. Jurnal Abdi Insani.

Maulidiyah, R., & Roesminingsih, E. (2023). Evaluating Child-Friendly Services in Public Libraries: A Case Study. Indonesian Journal of Educational Policy, 8(2)

Melfan, S. N. (2022). Efektivitas Program Kegiatan Layanan Anak di Perpustakaan Daerah Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Penelitian Perpustakaan, 12(2)

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2018). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications. ISBN: 978-1506350311

Murniati, S. (2021). Peran Perpustakaan dalam Meningkatkan Literasi Anak di Daerah Semi-Perkotaan. Jurnal Pendidikan Literasi, 14(1)

Nibel, H., et al. (2024). Ransel Buku Community Library di Kalimantan Tengah.

Nibel, H., Pratiwi, E. Y., & Veniaty, S. (2024).Reading Center as Community Activity Hubs: An Analysis of Management Effectiveness and Implications for Community Development. PDF.

Parak, P.D. (2022). Implementasi Kolaborasi Pentahelix untuk Meningkatkan Minat Baca di Koto Parak Kelurahan Pisang. Buletin Ilmiah Nagari Membangun.

Santy, N., & Husna, J. (2019). Peran Taman Bacaan Masyarakat Lentera Hati Sebagai Sarana Pembelajaran Nonformal untuk Anak-Anak Nelayan Desa Karangsong. Jurnal Ilmu Perpustakaan UNDIP.

UNESCO. (2023). Global Literacy Report: Strategies for Child Development. UNESCO Publications.

Virgiana, A. (2021). Analisis Layanan Perpustakaan untuk Anak-anak. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 9(2),

Wahyuni, A.T., Suhertin, T. (2024). Upaya Peningkatan Minat Baca Masyarakat melalui Sudut Literasi dan Literasi Digital di Desa Cintaratu. Society: Community Service Journal.

Wijayanti, R. (2021). Pengembangan Koleksi Buku Anak di Perpustakaan Umum. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 9(1),

Yuliana, R. (2022). Literasi dan Peran Perpustakaan dalam Pengembangan Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education, 20(4)




DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v7i1.30284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Perpustakaan (JIPER)
Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi
Fakulatas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Mataram
Jln. K.H. Ahmad Dahlan No. 1 Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Email: [email protected]; e-ISSN: 2716-0432       

-------------------------------------------------------------------------

Licengcing:

This licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.                                                                                                            

-------------------------------------------------------------------------

Indexing by: