UPAYA PENINGKATAN TATA KELOLA PERPUSTAKAN MELALUI PENDAMPINGAN OLEH MAHASISWA PKL DI SMA NEGERI 7 MAKASSAR
Abstract
Sebagai sentra pendukung terhadap proses pembelajaran siswa, perpustakan tentu memiliki peran penting dalam proses maksimalisasi aktifitas belajar siswa. Oleh karena itu untuk mencapai tujuan tersebut perpustakaan SMA Negeri 7 Makassar memerlukan langkah-langkah konkrit untuk peningkatan tatakelola perpustakaan. Pengabdian ini diharapkan memberikan dampak yang lebih maksimal terhadap peningkatan tatakelola perpustakaan di SMA Negeri 7 Makassar. Pengabdian ini menggunakan metode pendampingan langsung untuk memaksimalkan peningkatan tatakelola perpustakaan di SMA Negeri 7 Makassar dari seluruh aspek, mulai dari fasilitias maupun tata Kelola koleksi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan dampak positif yang signifikan dalam meningkatkan tata kelola perpustakaan. Pengelola perpustakaan berhasil menyusun sistem administrasi yang lebih terstruktur, dengan pembuatan buku induk, katalog koleksi menggunakan sistem Dewey Decimal Classification (DDC), serta penerapan sistem sirkulasi peminjaman yang lebih tertib. Selain itu, dari pendampingan yang diberikan kepada pustakawan meningkatkan kapasitas mereka dalam mengelola koleksi, memberikan layanan yang lebih baik kepada pemustaka, serta memahami prinsip-prinsip preservasi bahan Pustaka. Ke depan, diperlukan keberlanjutan program, khususnya dalam aspek penguatan infrastruktur teknologi dan promosi literasi digital untuk mendukung modernisasi perpustakaan.
Full Text:
PDF (17-25)References
Niswaty, R., Darwis, M., Andriani M, D., Nasrullah, M., & Salam, R. (2020). Fasilitas Perpustakaan Sebagai Media dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 8(1), 71-78.
Teguh Yudi, C. (2007). Peran Perpustakaan Sekolah dalam Mencetak Siswa Berprestasi. Jurnal Perpustakaan Sekolah.
Afian, T., & Saputra, R. D. A. (2021). Inovasi fasilitas perpustakaan sekolah dasar dalam meningkatkan minat baca. Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 9(1), 6-12.
International Federation of Library Association. 2006. “Pedoman Perpustakaan Sekolah IFLA/UNESCO.” Official Website IFLA/UNESCO. http://www.ifla.org/VII/s11/pubs/school-guidelines.html. (23 September2017).
Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta:Andi
Putriaurina, A. D., Syam, R. Z. A., & Ruqayah, F. (2021) Layanan Perpustakaan Sekolah Berdasarkan Standar Nasional Indonesia. Tibanndaru: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 5(2). https://doi.org/10.30742/tb.v5i2.1653
Lawe, L. dkk. (2016). Peran Fasilitas Perpustakaan Terhadap Kinerja Pustakawan Di Badan Perpustakaan Arsip Dan Dokumentasi Provinsi Sulawesi Utara. Acta Diurna, vol. 5, no. 3.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Masruri, A., Kuntoro, S. A., & Arikunto, S. (2016). Pengembangan Kompetensi dan Pendidikan Berkelanjutan Pustakawan PTAIN: Studi Kasus di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 4(1), 1–14.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpils.v5i1.29622
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal of Progressive Innovation Library Service (JPILS)
Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi
Fakulatas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Mataram
Jln. K.H. Ahmad Dahlan No. 1 Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Email: [email protected]; e-ISSN: 2809-042X
-------------------------------------------------------------------------
Licengcing:
This licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
-------------------------------------------------------------------------
Indexing: