PENERAPAN METODE “ AT-TA’LIQ” BAGI MAHASISWA BERKESULITAN BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA ARAB FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM TA. 2015/2016

nurjanah nurjanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram, kesulitan pembelajaran yang dimaksud adalah dari segi kemampuan berbahasa Arab mahasiswa baik itu dari segi istima’, kalam, qiro’ah dan kitabah, dan juga kesulitan internal yang ada pada diri mahasiswa yaitu, minat, rasa malu yang tinggi dalam proses pembelajaran, rasa tidak percaya diri dan seringkali tidak fokus karna beberapa permasalahan eksternal mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas empat siklus dan 12 kali pertemuan. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab FAI UMM yang berjumlah enam orang mahasiswa. Tekhnik pengumpulan data yng digunakan adalah : observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode At-ta’liq dapat mengatasi kesulitan belajar mahasiswa, yang ditunjukkan dengan adanya perubahan hasil dari siklus pertama hingga siklus keempat. Pada siklus pertama tingkat kemampuan mahasiswa hanya mencapai 50%, dari enam orang mahasiswa hanya tiga orang memiliki kemampuan dalam pembelajaran Bahasa Arab dan aktif dalam proses pembelajaran serta mampu mengatasi kesulitan belajar mereka. Pada siklus kedua perubahan tidak tampak begitu besar hanya mencapai 53% dari 50%. Pada siklus ketiga perubahan tampak lebih menonjol karna mahasiswa diberikan banyak latihan dan motivasi dan diwajibkan untuk aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran, pada siklus ketiga ini mencapai 75% keberhasilan dalam pembelajaran. Dan pada siklus keempat dinyatakan sempurna karna ke enam mahasiswa mendapatkan nilai ketuntasan 65-95 dan dinyatakan lulus dalam pembelajaran Bahasa Arab.

References


Nurhidayati, “Metode Pembelajaran Interaktif” (Makalah disampaikan pada seminar metode pembelajaran bekerjasama dengan mahasiswa KKN-PPL UNY tahun 2011 di SMPN 2 Depok ).

HamzahUno. 2008. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ummi Machmudah, MA dan Abdul Wahab Rosyidi, M.Pd, Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: UIN Malang Press).

Zainal Alimin, Kesulitan belajar dalam perspektif pendidikan, Pusat pengembangan Anak Jurusan Pendidikan Luar biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 2006




DOI: https://doi.org/10.31764/ljpb.v1i2.11046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.