PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SANTRI BERBICARA BAHASA ARAB BERBASIS KOMUNIKATIF INTERAKTIF

Ahmad Helwani Syafi’i

Abstract


Pendidikan merupakan langkah kongkrit pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam menempuh dunia global sekarang ini yang makin menantang, baik dari segi spritual, sosial dan emosional. Dengan demikian pendidikan merupakan salah satu alternatif dalam memecahkan permasalahan bangsa yang saat ini makin merosot terutama pondok peantren sebagai wadah menggali ilmu-ilmu agama melalui kitab-kitab turats (baca: kitab kuning).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam proses pengumpulan data-data dari lapangan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini ingin diungkap bagaimana proses belajar mengajar berbicara bahasa Arab berbasis komunikatif interaktif dalam bingkai pembelaran kitab kuning dan kendala apa saja yang dihadapi siswa. Dari hasil penelitian yang dilakukakan di pondok pesantren Al-Halimy khusus putra menemukan bentuk kegiatan yang mendukung meningkatnya keterampilan berbicara bahasa Arab santri dengan memberikan materi penguatan bahasa Arab seperti: kosa kata (mufradat), imla’ dan nahu dan shraf, dan menggunakan metode-metode variatif sesuai dengan materi yang diajar. Kitab kuning juga sebagai basis pembelajaran disana sangat mempengaruhi kecakapan berbicara santri, selain itu juga milieu tidak bisa kita napikan yang punya peran penting dalam lingkungan pondok pesantren.

Full Text:

PDF

References


Abdul Wahab Rosyidi, Media Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN Malang Press, 2009.

Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetya, Stategi belajar mengajar, Bandung: CV Pustaka Setia, 2005

Acep Hermawan, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011

Alex sobur, Psikologi umum, Bandung: pustaka setia, 2003

Azhar Arsyad, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Surabaya: Pustaka Pelajar, 2003

Azhar Arsyad, Media pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008

E.G. Cohen, Designing Groupwork: Strategies For the Heterogeneous Classroom. New York: Teachers Cpllege Press. 1986

Hidayat, Musyikilat Taris Ta’lim Al-Arabiyah Fi Indonesia Wa Ilagiha, AlMuwajah Fi Ta’lim Al-Lughoh Al-Arabiyah, Jakarta:1998.

Lazuardi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Matthew B. Milles dan A. Micheal Haberman, Analisis Data Kualitatif terj. Tjeptjep Rohendi Rohidi, Jakarta: Universitas Indonesia, 2014.

M. Ainin dkk, Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: Myskat, 2006.

M. Farid dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Keterampilan Berbahasa. Jakarta: 2017

Slameto, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2015

Sri Wahyuni, dkk, Bahasa Indonesia 1, Surabaya : Lapis – PGMI , 2008

Taufik Hidayat dkk. Rancangan Strategi Pendidikan Berbahasa Santun dalam Pembelajaran Berbicara. Jakarta: 2019

Teti Nulyati, dkk, Bahasa Indonesia, Jakarta : Universitas Terbuka, 2011

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

W.M. Rivers, Interaktive Language Teaching. Cambridge, England: Cambridge University Press. 1987

Wina sanjaya, Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan, Jakarta: kencana

Yudhi Munadhi, Media pembelajaran (sebuah pendekatan baru), Jakarta: Gaung Persada, 2012.

Zulela, Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.31764/ljpb.v1i1.8126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.