PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SANTRI BERBICARA BAHASA ARAB BERBASIS KOMUNIKATIF INTERAKTIF
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam proses pengumpulan data-data dari lapangan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini ingin diungkap bagaimana proses belajar mengajar berbicara bahasa Arab berbasis komunikatif interaktif dalam bingkai pembelaran kitab kuning dan kendala apa saja yang dihadapi siswa. Dari hasil penelitian yang dilakukakan di pondok pesantren Al-Halimy khusus putra menemukan bentuk kegiatan yang mendukung meningkatnya keterampilan berbicara bahasa Arab santri dengan memberikan materi penguatan bahasa Arab seperti: kosa kata (mufradat), imla’ dan nahu dan shraf, dan menggunakan metode-metode variatif sesuai dengan materi yang diajar. Kitab kuning juga sebagai basis pembelajaran disana sangat mempengaruhi kecakapan berbicara santri, selain itu juga milieu tidak bisa kita napikan yang punya peran penting dalam lingkungan pondok pesantren.
Full Text:
PDFReferences
Abdul Wahab Rosyidi, Media Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN Malang Press, 2009.
Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetya, Stategi belajar mengajar, Bandung: CV Pustaka Setia, 2005
Acep Hermawan, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011
Alex sobur, Psikologi umum, Bandung: pustaka setia, 2003
Azhar Arsyad, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Surabaya: Pustaka Pelajar, 2003
Azhar Arsyad, Media pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008
E.G. Cohen, Designing Groupwork: Strategies For the Heterogeneous Classroom. New York: Teachers Cpllege Press. 1986
Hidayat, Musyikilat Taris Ta’lim Al-Arabiyah Fi Indonesia Wa Ilagiha, AlMuwajah Fi Ta’lim Al-Lughoh Al-Arabiyah, Jakarta:1998.
Lazuardi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Matthew B. Milles dan A. Micheal Haberman, Analisis Data Kualitatif terj. Tjeptjep Rohendi Rohidi, Jakarta: Universitas Indonesia, 2014.
M. Ainin dkk, Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: Myskat, 2006.
M. Farid dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Keterampilan Berbahasa. Jakarta: 2017
Slameto, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2015
Sri Wahyuni, dkk, Bahasa Indonesia 1, Surabaya : Lapis – PGMI , 2008
Taufik Hidayat dkk. Rancangan Strategi Pendidikan Berbahasa Santun dalam Pembelajaran Berbicara. Jakarta: 2019
Teti Nulyati, dkk, Bahasa Indonesia, Jakarta : Universitas Terbuka, 2011
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
W.M. Rivers, Interaktive Language Teaching. Cambridge, England: Cambridge University Press. 1987
Wina sanjaya, Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan, Jakarta: kencana
Yudhi Munadhi, Media pembelajaran (sebuah pendekatan baru), Jakarta: Gaung Persada, 2012.
Zulela, Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.31764/ljpb.v1i1.8126
Refbacks
- There are currently no refbacks.