KREATIFITAS GURU BAHASA ARAB PADA PEMBELAJARAN MAHARATUL KALAM DI PONDOK PESANTREN HAROMAIN NARMADA LOMBOK BARAT NUSA TENGGARA BARAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: 1. kreatifitas guru bahasa Arab dari segi profesionalnya, kompetensi bahasa Arab, motivasi terhadap peserta didik dalam memahami pelajaran yang diberikan guru baik dari strategi pembelajaran, media, tehnik dan kreatif pembelajaran. 2. Pengembngan hasil kreatifitas guru, prodak pembelajaran dalam kegiatan mengajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilakukan terhadap guru- guru bahasa Arab, pengasuh ma’had dan santri ma’had Nurul Haromain Narmada Lombok Barat. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dokumentasi, tehnik analisis data.
Full Text:
PDFReferences
Asep Saepul Hamdani, Pengembangan Kreativitas Siswa Melalui Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka ( Open Ended)
Anik Pamilu, Mengembangkan Kreativitas dan Kecerdasan Anak, (Jakarta: Buku Kita, 2007)
Martini Jamaris, Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Grasindo, (2006 )
Mulyasa, Menjadi Guru Profesional.( Bandung: Remaja Rosdakarya,2005)
Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)
Sofan Amri,Implementasi Pembelajaran Aktifdalam Kurikulum 2013, Jakarta:2015,
Trisno Yuwono, kamus lengkap Bahasa Indonesia, (Surabaya: Arkola
Uyoh Sadullah dkk, Pedagogik( Ilmu Mendidik), Bandung : Alfabeta, 2014)
Utami Mundandar. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. (Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2012)
Utami Munandar, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, (Jakarta : Rineka Cipta,1999)
Yeni Rachmawati dan Euis Kurniati, Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak (Jakarta: Depdikbud, 2005)
DOI: https://doi.org/10.31764/ljpb.v1i1.8127
Refbacks
- There are currently no refbacks.