KREATIFITAS GURU BAHASA ARAB PADA PEMBELAJARAN MAHARATUL KALAM DI PONDOK PESANTREN HAROMAIN NARMADA LOMBOK BARAT NUSA TENGGARA BARAT

M.Syahrul Izomi

Abstract


Kegiatan belajar dan mengajar tidak pernah lepas dari peran guru dalam memberikan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan peserta didik. Oleh sebab itu dalam kegiatan belajar mengajar guru selalu dituntut memiliki ide-ide kreatif yang mampu memberikan support terhadap peserta didiknya. guru seyogyanya memberikan motivasi kepada guru yang lain untuk memberikan ide kreatif sehingga peserta didik lebih mudah dan terbantu dalam memahami ilmu yang dipelajari. Dengan adanya Kreatifitas guru dalam pembelajaran, tehnik mengajar, strategi, metode dalam memberikan pengetahuan dalam kegiatan belajar mengajar supaya peserta didik lebih mudah memahami pembelajaran yang di berikan oleh guru. Kreativitas guru sangat diperlukan sebagai upaya menghasilkan kualitas pembelajaran dan pendidikan yang baik. Guru dituntut tidak hanya mampu menguasai materi pengajaran dan pembelajaran, tetapi juga harus memahami sejumlah model dan desain pembelajaran untuk menumbuhkan motivasi pembelajaran
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: 1. kreatifitas guru bahasa Arab dari segi profesionalnya, kompetensi bahasa Arab, motivasi terhadap peserta didik dalam memahami pelajaran yang diberikan guru baik dari strategi pembelajaran, media, tehnik dan kreatif pembelajaran. 2. Pengembngan hasil kreatifitas guru, prodak pembelajaran dalam kegiatan mengajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilakukan terhadap guru- guru bahasa Arab, pengasuh ma’had dan santri ma’had Nurul Haromain Narmada Lombok Barat. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dokumentasi, tehnik analisis data.

Full Text:

PDF

References


Asep Saepul Hamdani, Pengembangan Kreativitas Siswa Melalui Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka ( Open Ended)

Anik Pamilu, Mengembangkan Kreativitas dan Kecerdasan Anak, (Jakarta: Buku Kita, 2007)

Martini Jamaris, Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Grasindo, (2006 )

Mulyasa, Menjadi Guru Profesional.( Bandung: Remaja Rosdakarya,2005)

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)

Sofan Amri,Implementasi Pembelajaran Aktifdalam Kurikulum 2013, Jakarta:2015,

Trisno Yuwono, kamus lengkap Bahasa Indonesia, (Surabaya: Arkola

Uyoh Sadullah dkk, Pedagogik( Ilmu Mendidik), Bandung : Alfabeta, 2014)

Utami Mundandar. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. (Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2012)

Utami Munandar, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, (Jakarta : Rineka Cipta,1999)

Yeni Rachmawati dan Euis Kurniati, Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak (Jakarta: Depdikbud, 2005)




DOI: https://doi.org/10.31764/ljpb.v1i1.8127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.