PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA BERBASIS GEOGEBRA UNTUK MENINGKAKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMAHAMKAN KONSEP MATEMATIS SISWA SDN 2 TAMANSARI

Yuni Mariyati, Intan Dwi Hastuti, Nursina Sari, Haifaturrahmah Haifaturrahmah, Khosiah Khosiah, Sukron Fujiaturrahman, Supriadin Supriadin, Syafruddin Muhdar, Rahmat Hidayat

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat bertujuan untuk meningkakan kemampuan guru dalam memahamkan  konsep matematis siswa SDN 2 Tamansari melalui pelatihan pembuatan media berbasis Geogebra. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode pendekatan secara langsung, ceramah, diskusi dan praktik. Metode pendekatan dilakukan dengan mengkaji permasalahan atau kendala yang dialami guru-guru dalam memahamkan konsep matematis siswa SDN 2 Tamansari, selanjutnya memberikan pelatihan terkait pembuatan media berbasis Geogebra sehingga mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam memahamkan kosep matematis. Diakhir kegiatan dilaksanakan evaluasi terhadap media-media yang telah dibuat oleh peserta. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam membuat media berbasis Geogebra untuk memahamkan konsep matematis siswa.

 


Keywords


Aplikasi Geogebra, Konsep Matematis

Full Text:

PDF

References


Asngari, D. R. (2015). Penggunaan Geogebra dalam Pembelajaran Geometri. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 299–302.

Erlinawati. (2018). Penggunaan Aplikasi Geogebra Untuk Meningkatkan Motivasi Pelajaran Matematika. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 1(1), 47–52. https://doi.org/10.33578/prinsip.v1i1.21

Mariyati, Y., Muhardini, S., Haifaturrahmah, H., Fujiaturrahman, S., Sari, N., Hastuti, I. D., & Darmayanti, N. W. S. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Audiovisual Untuk Peningkatan Kompetensi Guru Sdn 1 Dopang Dalam Mengoptimalkan Kegiatan Belajar Dari Rumah (Bdr). Jurnal Warta Desa (JWD), 3(3), 142–147. https://doi.org/10.29303/jwd.v3i3.131

Nasution, S. H. (2018). Pentingnya literasi teknologi bagi mahasiswa calon guru matematika. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(April), 14–18.

Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika, 16(2), 1–6. https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.3900

Rusmana, I., & Isna, I. (2012). Efektivitas Penggunaan Media ICT dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Formatif, 2(3), 3.

Tamam, B., & Dasari, D. (2021). The use of Geogebra software in teaching mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1882(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1882/1/012042


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pengabdian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (ABDIBASINDO)