Sosialisasi dan Motivasi Minat Membaca pada SMAN di Kabupaten Lombok Barat

Rahmat Sulhan Hardi, Roby Mandalika Waluyan

Abstract


ABSTRAK: Tujuan sosialisasi dan motivasi minat baca pada siswa tingkat SMA adalah untuk menginformasikan terkait pentingnya membaca dan menawarkan tips dan trik bagi siswa-siswi SMA untuk mulai menerapkan kebiasaan membaca. Kegiatan sosialisasi dan minat baca ini dilakukan di SMAN 1 Lingsar yang berada di Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Secara umum, waktu kegiatan dilakukan selama satu minggu dihitung sejak persiapan hingga evaluasi kegiatan. Kegiatan Sosialisasi dan Motivasi Minat Baca dihadiri oleh siswa-siswa dari utusan OSIS dan seorang guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. SMAN 1 Lingsar. kegiatan ini didasarkan atas kondisi siswa yang cenderung masih memiliki minat baca yang rendah. Guru-guru mengalami hambatan dalam menggerakkan siswa-siswi untuk kegiatan literasi. Padahal, siswa-siswinya memiliki potensi sangat besar. Kegiatan ini diharapkan dapat mengumpulkan serta mengajak siswa-siswi agar gemar membaca. Permasalahannya, siswa-siswi kurang termotivasi dan kurang familiar dengan kebiasaan membaca buku. Hasil evaluasi dari kegiatan ini berupa sekolah akan membentuk komunitas literasi yang dengannya diharapkan dapat meningkatkan kebermanfaatan buku-buku yang ada di perpustakaan sekolah dan menghidupkan atmosfer diskusi buku yang minimal akan dilaksanakan sebulan sekali.).


Keywords


sosialisasi, motivasi, minat baca, siswa

Full Text:

PDF

References


Anshori, Dadang S. & Damaianti, Vismaia Sabariah. (2021). Literasi dan Pendidikan Literasi.Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Asiafoundation.org. (2017). Let’s Read—The Asia Foundation. Retrieved March 10, 2019, from https://asiafoundation.org/what-we-do/books-for-asia/lets-read/

BPS. (2017). Potret Pendidikan Indonesia Statistik Pendidikan 2017. Jakarta: Badan Pusat Statistik

Harras, K. A. (2014). Hakikat dan Proses Membaca. In PBIN4108/MODUL 1 (p. 56). Jakarta: Universitas Terbuka.

OECD. (2018). Indonesia-Country Note – Results from PISA 2015 (p. 8). Retrieved from OECD website: www.oecd.org/pisa

Tahmidaten, Lilik & Krismanto, Waswan. (2020). “Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka tentang Problematika & solusinya)” dalam Scholaria; Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 10 No. 1 2020. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (ABDIBASINDO)