Pemanfaatan Pembelajaran IT di SDN 1 Montong Belai Desa Montong Belai

Sintayana Muhardini, Muhammad Nizaar, Baiq Desi Milandari, Arpan Islami Bilal

Abstract


ABSTRAK: Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) siswa di SDN 1 Montong Belai, Desa Montong Belai, Kecamatan Keruak, melalui program KKN yang fokus pada pengajaran dan pendampingan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Dalam konteks pendidikan yang semakin berbasis teknologi, siswa di sekolah ini menghadapi tantangan dalam memahami materi pelajaran dan menggunakan perangkat komputer. Melalui pengajaran interaktif dan pendampingan langsung, program ini dirancang untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam menggunakan TIK, serta mempersiapkan mereka menghadapi ujian ANBK. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi sesi pembelajaran di kelas dan latihan menggunakan komputer. Hasil dari program ini diharapkan dapat menunjukkan peningkatan keterampilan siswa dalam penggunaan teknologi, serta prestasi akademik yang lebih baik saat menghadapi ANBK. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi siswa, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di daerah terpencil.

Kata Kunci: Pendampingan, Pembelajaran IT, ANBK, KKN, Pendidikan

 

 

Abstract: This activity aims to enhance the information and communication technology (ICT) skills of students at SDN 1 Montong Belai, located in Montong Belai Village, Keruak District, through a community service program (KKN) focused on teaching and assisting with the Computer-Based National Assessment (ANBK). In the context of increasingly technology-based education, students at this school face challenges in understanding learning materials and using computer devices. Through interactive teaching and direct mentoring, this program is designed to build students' confidence in using ICT and prepare them for the ANBK examination.The methods used in this activity include classroom learning sessions and computer practice exercises. The outcomes of this program are expected to show an improvement in students' technological skills and better academic achievements during the ANBK. Thus, this activity not only benefits the students but also contributes to improving the quality of education in remote areas.

Keywords:Mentoring,ITLearning,Computer-Based National Assessment, Community Service Program


Keywords


Mentoring,ITLearning,Computer-Based National Assessment, Community Service Program

Full Text:

PDF

References


Aisy, R. R., Lailatul, H., & Nazwa, F. N. (2024). Pengaruh penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(1), 46-53.

Aulia, F., Marfuatun, & Musifuddin. (2022). Pendampingan manajemen emosi dalam menghadapi asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) dan layanan pengambilan keputusan karir siswa kelas XII. Abdi Populika, 3(1), 44-51.

Dewi, S. (2022). Penggunaan komputer sebagai media pembelajaran siswa pada pendidikan berbasis lingkungan. EJI: Education Journal of Indonesia, 3(11), 44-48.

Eirlangga, Y. S., Aldo, E. S., Kiki, H. M., Nova, S., Nova, H., & Yomei, H. (2024). Peluang dan tantangan transformasi pendidikan melalui teknologi. Risalah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-8.

Hidayatillah, Y., AR, M. M., Astuti, Y. P., & Kumala, R. S. D. (2023). Pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan stunting desa Aenganyar Kecamatan Giligenting Kabupaten Sumenep. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(05), 1195-1201.

Hidayatillah, Y., Wahdian, A., & Misbahudholam, M. (2022). Peran sekolah melalui kegiatan pembiasaan terintegrasi pembelajaran IPS untuk membangun karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP Unma, 8(4), 1422-1433.

Jamilah, J., Sukitman, T., & Fauzi, M. (2021). Opportunities and challenges of digital learning media during the COVID-19 pandemic in primary school. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 11(2).

Jannah, M., & Maria, U. (2024). Implementasi pengembangan silabus berbasis kompetensi di sekolah dasar negeri 01 Kelapa Gading Timur. Journal Education and Government Wiyata, 2(1), 9-16.

Latukau, M. (2023). Penggunaan alat peraga untuk meningkatkan pemahaman sains siswa kelas V SD Negeri 1 Lolobata Kabupaten Halmahera Timur tahun 2023. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(23), 957-963.

Pulomoduyo, M. F., Sitti, S., Arif, S., & Eka, V. D. (2024). Analisis kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran informatika di SMK Negeri 1 Gorontalo. INVERTED: Journal of Information Technology Education, 4(2), 211-217.

Putra, E., Faiza, R., & Irsyadunas. (2022). Analisis kesulitan siswa dalam belajar mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital. Jurnal Pustaka Data, 2(2), 50-53.

Rahmawati, K., Ana, B. N., Nur, A. S., Yes, M. L., Malaikosa, & Santy, D. P. (2021). Implementasi ANBK terhadap kesiapan mental peserta didik. Education and Learning of Elementary School (ELES), 2(1), 1-8.

Salsabila, U. H., & Niar, A. (2021). Peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran. Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123-133.

Santoso, N., Dadan, R., & Luthpi, S. (2024). Meningkatkan pemahaman siswa pada materi perangkat keras komputer melalui aplikasi game Android di kelas IX SMP Negeri Model. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(4), 1-7.

Zainuddin, Z., Mulyadi, M., & Purwitasari, E. (2024). Optimalisasi pemahaman desain pengelolaan fasilitas kelas melalui kegiatan bedah kelas di tingkat sekolah dasar Kabupaten Sumenep. Edu-Dharma, 2(2), 1-10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (ABDIBASINDO)