PERANAN MENTOR DALAM MENUMBUHKAN LITERASI SANTRI DI YAYASAN MUJAHIDIL FALAH

Habiburrahman Habiburrahman, Iskandar Iskandar, Supratman Supratman

Abstract


ABSTRAK: Pengabdian ini bertujuan untuk mengefektifkan peranan mentor untuk menumbuhkan literasi santri di Yayasan Mujahidil Falah. Mitra dalam program pembinaan ini adalah pengurus Yayasan Mujahidil Falah yang terdiri dari para ustadz. Tim pengabdian terdiri dari dosen dan mahasiswa binaan dari mahasiswa Beasiswa Cendekia Baznas Universitas Muhammadiyah Mataram. Hasil dari program pembinaan ini menujukkan bahwa peran mentor dalam menumbuhkan literasi santri di Yayasan Mujahidil Falah dapat dilakukan melalui 4 tahapan. Pertama, tahap penyamaan konsep bersama mentor. Kedua, pembagian kelompok. Ketiga, tahap pendampingan oleh mentor. Keempat, tahap refleksi untuk memastikan semua tahapan berjalan dengan baik. Diakhir kegiatan ini kemudian dilakukan evaluasi berkala atas capaian keseluruhan atas pendampingan yang dilakukan secara berkala.

Abstract: This service aims to enhance the role of mentors in fostering literacy among students at the Mujahidil Falah Foundation. The partners in this training program are the administrators of the Mujahidil Falah Foundation, consisting of several teachers. The service team consists of lecturers and students supervised by Cendekia Baznas Scholarship students from Muhammadiyah University of Mataram. The results of this training program indicate that the role of mentors in fostering literacy among students at the Mujahidil Falah Foundation can be carried out through four stages. First, the stage of aligning concepts with mentors. Second, the grouping stage. Third, the mentoring stage by the mentors. Fourth, the reflection stage to ensure that all stages are running smoothly. At the end of this activity, a periodic evaluation of the overall achievements of the mentoring conducted regularly is carried out.


Keywords


The role of a mentor, literacy of students

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. (2018). PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN YANG MENGAKTIFKAN SISWA. EDURELIGIA; JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.45

B, M. R. (2020). Korelasi Antara Pola Pembinaan Akhlak Dengan Perilaku Peserta Didik Kelas Xi Pondok Pesantren Darul Aman Gombara Makassar. Inspiratif Pendidikan, 9(1), 46. https://doi.org/10.24252/ip.v9i1.13753

Botma, A., & Abdullah, A. W. (2022). Penguatan Literasi sebagai upaya preventif terhadap Radikalisme-Ekstremisme Beragama di Pondok Pesantren Assalaam Manado. Jurnal Ilmiah Iqra’, 16(1), 39. https://doi.org/10.30984/jii.v16i1.1887

Bustomi, A. A. (2024). Penerapan Model Komunikasi Partisipatif dalam Pengembangan Program Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Pesantren. 2(July), 121–138.

Faiz, A., Hakam, K. A., Sauri, S., & Ruyadi, Y. (2020). Internalisasi Nilai Kesantunan Berbahasa Melalui Pembelajaran Pai Dan Budi Pekerti. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 13–28. https://doi.org/10.17509/jpis.v29i1.24382

Furqan, M., Kustati, M., & Amelia, R. (2024). Pendampingan Metode Talaqqi : Kunci Sukses Membentuk Hafiz Qur ’ an yang Berkualitas di Rumah Tahfiz Nur Jannah. 66–75.

Mohammad Fauziddin, M. Bambang Edi Siswanto, Arya Nugraha, I. M. (2023). Glokalisasi: Praktik Pendidikan Dasar. PT. Pena Persada Kerta Utama.

Nay, F., Andiwatir, A., & Talan, R. (2023). Pendampingan Penyusunan Rencana Strategis di Sekolah Luar Biasa Bakti Luhur Baumata. Journal of Education Sciences: Fondation & Application, 2(2), 109–125.

Ningrum, V. Z., & Rochana, T. (2019). Perilaku Sosial Santri di Pondok Pesantren Tarbiyatul Muballighin Desa Reksosari. Solidarity, 8(2), 749–761.

Nurlaela, E. (2017). POLA PENDIDIKAN AKHLAK DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (ABDIBASINDO)